BRI: UMKM harus dapat banyak kesempatan masuk pasar internasional

BRI: UMKM harus dapat banyak kesempatan masuk pasar internasional

tribunwarta.com – Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia(Persero) Sunarso menilai pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus mendapatkan banyak kesempatan agar dapat melakukan ekspor dan masuk pasar internasional karena UMKM saat ini merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.

Menurut Sunarso, Program UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR menjadi salah satu langkah konkret perseroan untuk mewujudkan hal tersebut sebagai lembaga keuangan yang turut bertanggung jawab memajukan UMKM Indonesia.

“BRI melihat adanya peluang besar bagi produk Indonesia untuk masuk ke pasar global. Hasil karya anak bangsa dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara-negara lain,” ujar Sunarso di Jakarta, Jumat.

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 digelar pada 1-31 Desember 2022. Acara tersebut menjadi bagian dari rangkaian perayaan HUT BRI ke-127 dan puncaknya UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 akan diselenggarakan secara offline pada 14-18 Desember 2022 di Jakarta Convention Center (JCC). Dalam kegiatan tersebut, BRI menghadirkan lebih dari 500 UMKM terpilih.

Dalam pemilihan peserta UMKM tersebut, BRI juga mempertimbangkan aspek-aspek Environmental, Social, Governance (ESG). BRI sebagai role model penerapan prinsip-prinsip ESG juga mendorong pelaku UMKM untuk mampu tumbuh berkelanjutan.

Implementasi prinsip ESG dalam proses produksi yang meliputi kegiatan pemberdayaan perempuan, pengelolaan limbah, dan inklusivitas, menjadi penilaian dalam memilih UMKM terpilih di ajang UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 tahun ini.

Rangkaian pameran UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 yang diselenggarakan secara tahunan ini meliputi Expo dan Virtual Expo, Bazaar Online, Business Matching, Ngobrol Bisnis, Ngobrol Pintar, Ketawa Bareng, Dari Lokal Jadi Kece, Serba Serbu, Yuk Berkreasi, Tiba-Tiba Shopping, Nusantarasa, Cerita Wastra, Music Performance, dan UMKM dan business matching Awards.

Seluruh rangkaian acara tersebut melibatkan UMKM peserta untuk memberikan kesempatan meningkatkan publikasi kepada masyarakat sehingga berdampak pada peningkatan penjualan produk-produk mereka.

Dalam UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 kali ini, BRI kembali menghadirkan business matching antara pelaku UMKM binaan terpilih dengan pembeli atau buyer internasional.

BRI bekerja sama dengan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC), Atase Perdagangan (ATDAG) Kementerian Perdagangan, Kantor Dagangan dan Ekonomi Indonesia (KDEI) serta berkolaborasi dengan Overseas Network BRI dan Bank Representative BRI yang berada di luar negeri.

Ditargetkan sebanyak 40 buyer internasional yang diundang dari 19 negara akan mengikuti rangkaian acara virtual business matching ini mulai dari 6 hingga 8 Desember 2022.

“Dengan adanya kerja sama yang dibentuk oleh BRI tersebut tentunya akan semakin membantu para UMKM yang akan go global untuk semakin mudah menembus pasar internasional,” ujar Sunarso.

Sebelumnya, UMKM binaan BRI juga sempat ‘unjuk gigi’ kepada delegasi KTT G-20 melalui mini showcase UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR pada 15-16 November 2022 di Apurva Kempinski Bali yang berkolaborasi bersama Kementerian Koperasi dan UKM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!