BREAKING NEWS Liga Spanyol, Neymar Selamat dari Penjara 2 Tahun, Presiden Real Madrid Jadi Kunci

BREAKING NEWS Liga Spanyol, Neymar Selamat dari Penjara 2 Tahun, Presiden Real Madrid Jadi Kunci

SURYA.co.id I Supersatr Brazil Neymar Jr kini bisa tersenyum lebar atas tuduhan dugaan skandal korupsi dan penipuan dalam kepindahan yang melibatkan Barcelona.

Dikutip SURYA dari laporan Livescore.com, bintang Paris Saint-Germain itu menjadi salah satu dari beberapa orang diadili pada perkara dugaan skandal korupsi dan penipuan dalam proses kepindahannya dari Santos ke Barcelona pada 2013.

Terdakwa lain dalam kasus ini termasuk orang tua Neymar, dua klub yang terlibat dalam kesepakatan itu, mantan presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu dan Sandro Rosell, bersama dengan mantan presiden Santos Odilio Rodrigues.

Perkara itu telah dua tahun berjalan dalam tuntutan di pengadilan dan Jaksa penuntut di Pengadilan Spanyol, Jumat (28/10/2022) memutuskan membatalkan segala tuntutan terhadap Neymar.

Dalam perkara itu, Neymar dituntut penjara dua tahun dan denda € 10 juta.

Baca juga: LINK Madrid vs Girona, 5 Kecerdasan Ancelotti, Rela Kalah demi Aman Liga Spanyol – Liga Champions

Pelapor atau penuntut dalam perkara ini adalah perusahaan investasi DIS, yang memiliki 40 persen hak pemain Brasil itu ketika masih di Santos.

DIS mengaku telah ditipu hingga kehilangan hak uangnya atas  kesepakatan pembelian Neymar oleh Barcelona.

DIS dalam laporannya menyebut ada pengecilan nilai kontrak  Neymar, dari nilai yang sebenarnya, sehingga ada prosentase uang yang mestinya diterima DIS hilang.

Baca juga: Jadwal Liga Inggris, Liga Spanyol dan Liga Italia, Top Skor – Klasemen, Siaran SCTV

Barcelona menyetujui kesepakatan dengan Neymar pada tahun 2011 untuk mengontraknya dua tahun kemudian dengan biaya keseluruhan sebesar € 57,1 juta, dengan € 40 juta dari itu diberikan kepada pemain dan keluarganya. DIS hanya menerima persentase dari sisa € 17,1 juta yang masuk. ke Santos sebagai klub penjual.

DIS meuduh nilai kontrak dimanipulasi. Nilai sebenarnya lebih besar dari itu.

Presiden Real Madrid Florentino Perez dihadirkan sebagai saksi di pengadilan melalui video confence.
Perez mengungkapkan saat itu pihaknya Madrid memang juga mengajukan penawaran untiuk Neymar. 

Nilai yang ditawarkan Real Madrid ternyata malah lebih rendah dari Barcelona, yaitu € 45 juta pada 2011 dan € 36 juta pada 2013, tetapi Neymar memilih untuk bergabung dengan Barca, yang nilai kontraknya lebih mahal.

Rupanya kesaksikan Presiden Real Madrid itu menjadi kunci. Jaksa kemudian menggugurkan tuduhan karena tidak terbukti melakukan pelanggaran. Kasus yang melilit  Neymar dan keluarganya sebelumnya juga diajukan di pengadilan Brazil tetapi  bisa proses dalam hukum di Brasil.

Neymar selalu membantah tuduhan itu, dengan menyatakan pekan lalu, bahwa dia tidak menjadi bagian dari negosiasi mengenai transfernya ke raksasa LaLiga.


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *