Blusukan di Pasar Sukorejo, Zulhas Cek Stok dan Harga Kebutuhan Pokok

Blusukan di Pasar Sukorejo, Zulhas Cek Stok dan Harga Kebutuhan Pokok

tribunwarta.com – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan kembali blusukan ke pasar rakyat untuk mengecek secara langsung ketersediaan dan kestabilan harga barang kebutuhan pokok (bapok) menjelang perayaan tahun baru 2023 di Pasar Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah hari ini. Dari hasil kunjungan, terpantau stok bapok cukup dan harga secara umum masih murah dan terjangkau masyarakat menjelang tahun baru 2023. Sebelumnya, pada Rabu (28/12), ia juga memantau bapok secara langsung di Pasar Natar di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

“Secara umum, harga bapok di Pasar Sukorejo masih murah, bahkan terlalu murah. Harga cabai Rp 16.000/kg, bawang Rp 22.000/kg, telur Rp 26.000/kg, serta minyak goreng curah Rp 14.500/kg atau Rp 13.500/liter. Jadi, di pasar ini harganya lebih di bawah dari yang ditentukan oleh pemerintah. Sementara untuk stok beras aman dengan harga beras medium Bulog Rp 9.450/kg,” jelas Zulkifli Hasan dalam keterangan tertulis, Kamis (29/12/2022).

Pada pemantauan tersebut, turut hadir Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur. Sementara Zulkifli Hasan didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Suhanto dan Plt. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Kasan.

Zulkifli Hasan juga menyampaikan stok bapok secara umum menjelang tahun baru 2023 terpantau cukup dan harganya relatif stabil. “Pemerintah berkomitmen untuk terus mengecek secara langsung ketersediaan stok dan keterjangkauan harga bapok sehingga sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dan tidak terbebani oleh harga bapok,” tegasnya.

Dari hasil pemantauan di Pasar Sukorejo, tercatat harga mayoritas komoditas bapok stabil dibandingkan minggu lalu (22/12) yaitu beras premium Rp 12.500/kg, gula pasir Rp 13.500/kg, MINYAKITA Rp 14.000/liter, minyak goreng kemasan Rp 20.000/liter, tepung terigu Rp 13.000/kg, serta daging ayam ras Rp 36.000/kg.

Zulkifli Hasan akan kembali blusukan mengecek ketersediaan stok dan harga bapok di wilayah Jawa Barat, besok, Jumat (30/12). Pantauan langsung tersebut dilakukan sebagai bentuk komitmennya untuk terus memastikan agar stok bapok cukup dan harga terjangkau bagi masyarakat menjelang tahun baru 2023 di daerah-daerah di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!