Bisnis di Era Digital Punya Peluang Menjanjikan

Bisnis di Era Digital Punya Peluang Menjanjikan

tribunwarta.com – Perkembangan bisnis digital di indonesia

Besarnya potensi bisnis digital di indeonesia yang sangat menjanjikan, menjadi bukti perkembangan bisnis digital di Indonesia berkembang sangat pesat.

Indonesia menjadi Negara dengan banyak individu kreatif yang berlomba membuat inovasi kreatif berbasis digital, ini dibuktikan dengan munculnya berbagai macam startup.

Jika kita melihat kembali perkembangan startup yang ada di Indonesia, terkhusus marketplace yang sudah berhasil membuat antara penjual dan pembeli dalam satu lapak.

Semakin membuktikan bahwa perkembangan bisnis digital di Indonesia sangat pesat!hal ini menjadi angin segar bagi UKM di Indonesia.

Tercatat pengguna internet di Indonesia sudah mencapai angka 132,7 juta orang. Sebagian besar pengguna internet berasal dari pengguna smartphone. Angka yang sangat menggiurkan untuk para pelaku UMKM.

Peluang usaha yang menjanjikan dan bisnis yang sangat menguntungkan bahkan berpeluang akan menjadi trending tampaknya tidak akan bisa jauh dari jenis bisnis yang berbasiskan teknologi internet dan hal ini digadang akan terus mengalami kemajuan dari tahun ke tahunnya.

Seperti yang kita ketahui sekarang ini bahwa perkembangan teknologi internet telah menjadi media penyebaran informasi yang lebih cepat bahkan cenderung mendominasi diantara media lainnya baik elektronik maupun cetak.

Peluang bisnis Online yang paling menjanjikan dan menguntungkan sebagai lahan usaha di era internet. Kembali pada cara kita memahami apa yang saat ini tengah menjadi trending dan telah banyak di konsumsi oleh lapisan masyarakat luas. Teknologi internet sudah menjadi kebutuhan penting yang kemungkinan besar akan sangat sulit untuk ditinggalkan lagi.

Beragam aktifitas sudah menggunakan internet dan ketergantungan ini menjadikannya sebagai kebutuhan pokok yang mau tidak mau setiap orang harus pelan pelan memasuki era internet yang tiada batas.

Bisnis digital memang bukan hal baru untuk kita, bahkan banyak yang sudah mulai berbisnis pada bisnis ini. Dikarenakan banyak sekali kelebihan dari bisnis digital sehingga banyak orang yang penasaran dengan bisnis ini, berikut beberapa kelebihan dari bisnis digital.

1. Jangkauan pasar sangat luas

Pangsa pasar bisnis digital teramat sangat luas dan menjalar ke berbagai kalangan masyarakat. Ini dikarenakan bisnis ini sangat fleksibel untuk dijalankan dimana saja dan dengan waktu yang tidak terbatas. Selain itu, bisnis digital juga bisa digunakan untuk jangka panjang. Apalagi dengan meningkatnya penggunaan internet di Indonesia membuat bisnis ini ayal untuk meredup.

2. Lebih mudah dan efektif untuk semua pelanggan

Kesibukan seseorang kadang membuat ia merasa kesulitan untuk pergi ke suatu tempat atau sekedar membeli sesuatu. Namun dengan adanya konsep bisnis digital semua ini menjadi jauh lebih mudah dan praktis. Metode transaksinya pun juga terbilang sangat mudah dan bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Sehingga bisa dikatakan bisnis ini bisa membawa untung baik untuk pengguna atau pelaku usaha tersebut.

3. Dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja

Bayangkan jika Anda bisa tetap produktif menjalankan bisnis Anda bahkan saat Anda hanya dirumah saja. Bila Anda pebisnis sekaligus seorang Ibu rumah tangga yang tetap memiliki tanggungjawab untuk mengurus rumah. Atau mungkin pebisnis yang ingin menjalankan bisnis sekaligus bekerja bersama keluarga. Dengan mendigitalisasi bisnis, Anda bisa tetap produktif menjalankan bisnis Anda darimanapun dan kapanpun. Anda tetap bisa menjalankan bisnis ketika Anda sedang santai dirumah, atau bahkan waktu saat istirahat dari pekerjaan selainnya. Sifat kemudahan yang ditawarkan oleh akses media digital ini sangat membantu. Anda tetap diberi ruang untuk produktif disaat Anda memiliki segudang aktifitas lainnya yang juga dalam waktu bersamaan sedang menjalankan bisnis.

Menjangkau pasar di tingkat internasional pun menjadi salah satu manfaat yang akan Anda dapatkan. Karena dengan teknologi internet, Anda bisa membuka bisnis untuk menjangkau pasar luar negeri, tanpa harus kesana.

Bisnis digital juga memiliki beberap kekurangan di antaranya :

1. Sangat mengandalkan koneksi internet

Ini jelas, karena semua media sosial yang Anda jadikan promosi itu akan aktif saat ada koneksi internet. Di saat mati lampu, koneksi internet akan lemot. Padahal saat itu sedang banyak orderan dari pelanggan, maka sudah pasti semua pekerjaan terbengkalai. Berbeda kalau bekerja offline, menjual apa saja sudah ada stok di toko. Kalau Tidak bisa dihubungi, maka bisa langsung ke toko.

2. Persaingan pasar yang ketat

Sudah banyak toko online yang berdiri di Indonesia sehingga persaingan makin bertambah ketat. Setiap penjual online akan saling berperang dalam memperebutkan pelanggannya. Namun, kekurangan tersebut dapat diatasi dengan cara membangun ciri khas dalam bisnis Anda.

3. Sulit nya membangun kepercayaan konsumen

Tantangan terbesar dalam memulai bisnis online adalah membangun kepercayaan pelanggan. Mereka cenderung tidak percaya pada toko online yang masih sepi atau belum memiliki banyak transaksi penjualan. Solusinya, Anda bisa mulai dengan mengajak keluarga atau teman terdekat untuk membeli produk, kemudian meminta testimoni untuk ditampilkan di toko online agar calon pelanggan makin percaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!