Bingung Ban Bocor Terus? Cek 5+ Tips Memilih Ban Motor Terbaik!

Bingung Ban Bocor Terus? Cek 5+ Tips Memilih Ban Motor Terbaik!

tribunwarta.com – Sudah tau apa saja tips memilih ban motor? Mari simak artikel Finansialku berikut ini, agar kamu bisa mendapat ban motor dengan kualitas terbaik.

Rubrik Finansialku

Tips Memilih Ban Motor dengan Kualitas Terbaik

Meskipun kerap dianggap sepele, namun ternyata pemilihan ban motor dengan tepat adalah hal yang cukup penting untuk dilakukan.

Sebab apabila pemilihan ban motor dilakukan dengan sembarangan, maka kenyamanan berkendara akan terpengaruh.

Untuk itu, sebagai pengguna kendaraan beroda dua, kamu perlu teliti saat memilih ban motor yang ingin kamu gunakan. Berikut tips memilih ban motor yang bisa kamu lakukan.

#1 Ketahui Terlebih dahulu Ukuran Ban

Ukuran ban untuk motor jenis yang satu tentu saja akan memiliki perbedaan dengan motor yang lainnya.

Ambil saja contohnya seperti antara motor matic dan motor sport. Motor matic memiliki ukuran ban yang relatif lebih pendek dan lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran ban motor sport.

Maka dari itu, mengetahui ukuran ban motor merupakan hal pertama yang perlu kamu lakukan.

[Baca Juga: FAQ Asuransi Kendaraan]

Selain itu, jenis pemakaian juga akan memberi pengaruh dalam memilih ukuran ban motor.

Apabila motor tersebut kamu gunakan hanya sekedar bepergian dari rumah ke kantor atau ke kampus dan penggunaan harian lainnya, maka kamu bisa memilih ban dengan ukuran yang standar.

Tetapi jika kamu menggunakan motor tersebut untuk mengangkut beban yang cukup berat, maka sebaiknya pilihlah ban dengan ukuran yang sedikit lebih besar.

Hal ini bertujuan agar lebih hemat pemakaiannya, serta agar ban tidak mudah bocor dan tahan lama.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

#2 Jenis Ban Motor

Ban motor biasanya dibedakan kedalam tiga jenis berdasarkan medan yang akan dilalui oleh ban tersebut, yakni ban motor untuk daerah basah, ban motor untuk daerah kering, serta ban motor yang cocok digunakan pada medan yang kering maupun basah.

Ban motor untuk medan yang basah ditandai dengan adanya banyak alur yang menjangkau hingga tepian ban, yang bertujuan untuk membuang air yang dilewati. Dan bila ban ini digunakan pada medan yang kering, maka ban akan menjadi lebih cepat gundul, karena tidak sesuai dengan medan tersebut.

[Baca Juga: FAQ Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)]

Sebaliknya, ban kering merupakan ban dengan jumlah alur yang lebih sedikit atau bahkan tanpa alur sama sekali, sehingga nyaman digunakan untuk jalanan yang kering. Namun apabila medan menjadi basah, maka pengguna motor sebaiknya harus lebih berhati-hati, sebab akan menjadi licin.

Sedangkan ban basah kering merupakan gabungan dari kedua jenis sebelumnya, dengan jumlah alur yang tidak sedikit namun juga tidak terlalu banyak, sehingga cocok digunakan pada medan yang basah maupun yang kering.

Berhubung kita tinggal di negara tropis, maka sebaiknya kamu memilih jenis yang ini.

#3 Coba Lirik Ban Motor dengan Brand yang Berkualitas

Meskipun bukan hal yang wajib, namun memilih ban motor dengan melihat brand-nya bisa menjadi alternatif buat kamu yang masih bingung dalam memilih ban yang tepat.

Biasanya ban motor dengan brand yang terkenal dan memiliki banyak pengguna, cukup bisa diandalkan untuk kualitasnya.

Namun sekali lagi, ini hanya salah satu cara untuk memudahkan, sebab ada juga ban motor dengan brand yang kurang terkenal namun sebenarnya memiliki kualitas yang layak untuk dipertimbangkan.

#4 Sesuaikan Jenis Ban dengan Jenis Velg Motor

Umumnya kita mengetahui dua jenis ban motor yang digunakan, yaitu ban motor yang tidak menggunakan ban dalam atau biasa dinamai dengan ban tubeless serta ban yang menggunakan ban dalam atau ban Tube type.

Nah… untuk memilih jenis ban yang mana yang akan digunakan, maka silahkan cek jenis velg yang kamu gunakan.

[Baca Juga: Kredit Kendaraan Motor Terbaik di Indonesia tahun 2020]

Apabila kamu menggunakan velg dengan pinggiran yang cenderung tajam atau casting wheel, maka kamu bisa menggunakan jenis tubeless, demikian juga untuk jenis velg yang sebaliknya.

Jika salah dalam memilih jenis ban, maka dapat dipastikan kamu akan menjadi pelanggan tukang tambal ban.

#5 Tahun Pembuatan

Salah satu tips agar kamu mendapat ban motor yang awet, maka sebaiknya cek tahun pembuatan ban motor tersebut.

Sebaiknya kamu menghindari ban motor yang tahun pembuatannya sudah terlalu lama, sebab kualitasnya akan menjadi berkurang.

Untuk melihat tahun pembuatan dari sebuah ban motor, maka kamu bisa melihat kode yang tertera pada ban tersebut. Sebagai contoh, apabila pada ban terdapat kode 1117, maka 11 merupakan minggu pembuatan dan 17 merupakan tahun pembuatan.

#6 Sesuaikan dengan Budget

Nah… selain dari tips yang sebelumnya, hal penting yang juga perlu kamu pertimbangkan ialah budget yang kamu miliki.

Apabila budget yang kamu miliki pas-pasan, maka carilah ban motor dengan harga yang rendah namun juga dengan kualitas yang sebaik mungkin. Kamu bisa mengatur rencana modifikasi kendaraan kamu dengan aplikasi Finansialku.

Segera download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store.

Apakah Cara yang Kamu Lakukan Selama Ini Sudah Tepat?

Ban motor kamu sering bocor? Sekarang kamu bisa cek apakah sebelumnya kamu sudah melakukan langkah yang tepat dalam memilih ban motor. Jangan malu untuk berkonsultasi dengan montir yang ada di bengkel saat kamu disana.

Setelah membaca artikel ini, tentunya kamu sudah bisa menentukan ban mana yang bagus untuk motormu.

Jangan lupa bagikan pengalaman kamu dalam memilih ban motor pada kolom komentar dibawah ini ya…

Sumber Referensi:

    Admin. 22 Agustus 2017. 10 Tips Memilih Ban Motor untuk Harian. motorplus-online.com – https://bit.ly/396PMW9

    Ika Umi Hayati. 11 Desember 2019. Tips Memilih Ban Motor Terbaik dan Tahan Lama. modifikasimotorz.com – https://bit.ly/2QvGdcV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *