Bima Arya Ingatkan Warga Bantaran Kali Ciliwung Waspada Banjir

Bima Arya Ingatkan Warga Bantaran Kali Ciliwung Waspada Banjir

Bogor: Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto memperingatkan warga di sepanjang Sungai Ciliwung hingga wilayah Jakarta waspada banjir karena siaga 1 berlangsung cukup lama di Bendung Katulampa.
 
Bima Arya yang mengunjungi pos jaga Bendung Katulampa, Minggu malam, 9 Oktober kemarin mengatakan Siaga 1 banjir Jakarta di Bendung Katulampa merupakan peringatan untuk sebagian warga di 12 kelurahan perlintasan Ciliwung menuju Jakarta.
 
“Curah hujan cukup lama dari sore tadi, kita pantau dan tadi magrib saya mendapat laporan sudah siaga 1. Nah kalau sudah siaga 1 sudah serius,” katanya, di Bogor, Minggu malam, 9 Oktober 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bukan hanya wilayah Jakarta, kata Bima, dampak derasnya air Sungai Ciliwung yang diguyur hujan dari sore hingga malam, sejauh ini di Kota Bogor juga dilaporkan ada beberapa lokasi longsor, salah satunya di Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur.
 

Di kelurahan tersebut, ada 33 keluarga yang terdampak dan dua orang di antaranya dievakuasi ke rumah sakit karena luka-luka saat kejadian longsor.
 
Sementara, derasnya aliran Sungai Ciliwung di sekitar Plaza Jambu Dua nampak hanya berjarak 1 meter dari permukaan jalan.
 
Satu bangunan semipermanen di bawah jembatan nampak terendam arus sungai tersebut terpantau sekitar pukul 20.30 WIB hingga silih berganti didatangi warga untuk melihat kondisinya.
 
Menurut laporan Kepala petugas jaga Bendung Katulampa yang dialiri Sungai Ciliwung, tinggi muka air (TMA) sempat siaga 1 banjir Jakarta dengan ketinggian mencapai 220 sentimeter pada Minggu malam pukul 19.16 WIB.
 
Hujan deras di kawasan Puncak Bogor, berdampak menaikkan TMA di Bendung Cibalok, Desa Gadog, Kecamatan Megamendung Kabupaten mencapai 150 sentimeter pada pukul 19.00 WIB. Sehingga membuat TMA Bendung Katulampa mencapai puncaknya siaga 1 banjir Jakarta.
 
TMA berangsur turun ke Siaga 2 kembali dengan ketinggian 170 sentimeter pada pukul 20.15 WIB. Kini tinggi muka air di Bendung Katulampa sudah berada di posisi siaga 3 banjir Jakarta dengan ketinggian 120 sentimeter pada pukul 21.00 WIB.
 
“Jadi ini untuk warning di semua wilayah sekitar Ciliwung dan saudara-saudara kita di Jakarta, dan Kota Bogor kita siap siagakan untuk mengantisipasi banjir ini,” kata Bima.
 

(WHS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *