Bertemu Sesepuh Sunda di Bandung, Erick Thohir: Saya Pulang Kampung

Bertemu Sesepuh Sunda di Bandung, Erick Thohir: Saya Pulang Kampung

tribunwarta.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berkunjung ke kediaman salah seorang sesepuh Sunda di Bandung, Jawa Barat, Jumat (2/12/2022). Ia mengaku, dirinya merasa seperti pulang kampung mengingat sang ibu berasal dari Kadipaten, Majalengka.

“Setiap saya kembali ke Jawa Barat ini, berarti saya pulang kampung. Karena saya ini orang Majalengka. Ibu saya asli dari Kadipaten, Majalengka,” ujar Erick di kediaman sesepuh Jawa Barat, HD Sutisno, di Bandung, dikutip Sabtu (3/12/2022).

Erick mengatakan, dirinya ingin memastikan kondisi sesepuh dan warga Jawa Barat, apalagi mengingat kondisi ekonomi saat ini sedang kurang baik. Sebagai pemuda Sunda, Erick mengaku tumbuh dengan impian yang besar untuk berkontribusi bagi bangsa.

Meski berasal dari kampung, ia bersyukur bisa sampai sekolah tinggi, mendirikan usaha, dan dipercaya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) jadi Menteri BUMN. Hal ini berkat pengalaman, didikan, dan kasih sayang orang tua.

“Seperti saya rasakan betul di sini, besarnya kanya’ah (kasih sayang) dari Sesepuh Sunda dan Wargi Jabar. Hatur nuhun. Ke depan, Jawa Barat tentu akan terus dalam perhatian saya. Bersama kita atasi berbagai tantangan yang dihadapi rakyat Indonesia, dengan kanya’ah para Sesepuh Sunda,” kata Erick.

Sejak awal, Erick membangun media Muslim dan Kerakyatan, yaitu Republika, koran pertama umat Muslim Indonesia sejak 1993. Kemudian berkembang jadi grup media Mahaka, sampai klub basket dan sepak bola di dalam negeri hingga luar negeri.

“Di antaranya saya memimpin Inter Milan di Italia, dan tentu saya juga membantu Persib di sini. Saya sekarang di BUMN, tetap selalu memperhatikan pembangunan dan pemulihan ekonomi masyarakat di Jawa Barat. Terutama program-program untuk bantu rakyat, untuk UMKM, dan untuk membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya,” katanya.

Kemudian, ia pun menyebutkan sejumlah program BUMN yang tengah dijalankannya di antaranya, Program Pasar Digital (PaDi UMKM), Program MEKAAR untuk membantu ibu-ibu yang punya usaha atau UMKM, Program Petani Makmur,

Tidak hanya itu, ada juga Program Solusi Nelayan, Program Santri dan Pesantren sebagai mercusuar peradaban & ekonomi umat, serta Program Magang Mahasiswa Bersertifikat.

“BUMN juga terus membuka banyak lapangan kerja, seperti sekarang. BUMN membuka kesempatan yang seluasnya untuk pemuda-pemudi Jawa Barat bisa bergabung dan berkontribusi bagi Indonesia dengan BUMN; Program TJSL untuk bidang Pendidikan, Lingkungan Hidup, dan UMKM,” ucap Erick.

Selain itu, ada Program Social Healing. Erick mengatakan, program ini dijalankan sampai masuk ke gang-gang rumah warga, terutama untuk bantu warga bangkit dari pandemi. Ada pula program membangun masjid-masjid di Depok, Jawa Barat serta di Los Angeles, Amerika Serikat.

“Saya kalau lagi nengok Masjid At-Thohir yang di Amerika, ibarat Kabayan lagi nyaba ke Amerika,” sambung Erick.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *