Bersama PMI, LG Contohkan Mencuci Pakaian Higienis dan Gaya Hidup Sehat

Merdeka.com – Selain produk dan layanan, inovasi PT LG Electronics Indonesia juga menyasar pada inisiatif sosial.

Melalui kegiatan “Mencuci Sehat Bersama LG”, pabrikan produk elektronik asal Korea ini memberikan layanan cuci pakaian gratis bagi masyarakat, sekaligus memberikan pengetahuan untuk mendorong kebiasaan mencuci dengan higienis dan hidup sehat.

Bersama Palang Merah Indonesia (PMI), kegiatan ini berlangsung selama empat hari sejak 11 Agustus di empat lokasi di seputaran Jakarta,Tangerang, dan Bekasi. Secara berturut-turut kegiatan dimulai dari Lapangan Flamboyan di Lenteng Agung, Lapangan Pos di Jakarta Timur, Lapangan voli Ivogas di Depok, dan Lapangan Warga di Tangerang Selatan.

“Jelang musim hujan, selain kemungkinan bencana, kemungkinan muncul berbagai penyakit akibat perilaku hidup kurang higienis dengan penggunaan air tak layak pun masih menjadi perhatian,” ujar Lee Taejin, President LG Electronics Indonesia, dalam rilisnya, kemarin (11/8).

Taejin mengungkapkan kegiatan Mencuci Sehat Bersama LG diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan untuk menggunakan pakaian yang tercuci bersih untuk mendukung kesehatannya.

Kegiatan Mencuci Bersih Bersama LG ini dihelat sebagai bagian dari pilar aksi corporate social responsibility (CSR) LG di Indonesia, yaitu LG Loves Indonesia. Selain perhatian pada sektor pendidikan berupa peningkatan fasilitas pendidikan, aksi CSR LG Loves Indonesia juga
ditujukan untuk mendorong perubahan perilaku masyarakat untuk kesehatan.

Untuk kegiatan Mencuci Sehat Bersama LG, perusahaan menggunakan beberapa unit perangkat mesin cuci dan pengering pakaian canggihnya.

Mesin cuci front loading LG berkapasitas 20 kg yang mampu membersihkan cucian lebih mendalam dari allergen melalui fitur LG Steam, serta perawatan pakaian lebih baik berkat terapan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Selain itu, mesin cuci LG ini juga dilengkapi dengan teknologi TurboWash membuat mesin cuci baru ini hanya membutuhkan waktu 49 menit untuk menyelesaikan satu siklus pencucian. Tidak hanya memangkas waktu pencucian, teknologi ini juga dapat menekan penggunaan air pada proses mencuci.

Masyarakat yang menjadi peserta juga mendapat sosialisasi pengetahuan mengenai pentingnya penggunaan air bersih dalam berbagai kegiatan untuk mendukung kesehatan. Ini dilakukan sejalan dengan kampanye besar pemerintah: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Rustam Effendi, Ketua PMI DKI Jakarta, mengatakan bersanding dengan pentingnya sinergi antara perusahaan dan lembaga di pemerintah, kolaborasi ini juga dibuat untuk menimbulkan sinergi pesan lebih baik. Selain pentingnya pakaian bersih dan higienis, bijak dalam menggunakan air bersih untuk mencuci menjadi penting. Hal ini karena banyak kegiatan sehari-hari membutuhkan air bersih.

“Dengan sinergi antarinstitusi sekaligus pada pesan yang disampaikan, akan meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam menyerap sekaligus menerapkannya yang akan menciptakan perubahan perilaku lebih baik bagi mendukung kesehatan hidupnya,” katanya.

Abdul Haris, Ketua PMI Jakarta Selatan, menyambut baik pelaksanaan inisiatif sosial LG. Ini merupakan kolaborasi antarinstitusi yang saling memperkuat.

“Ketika LG membantu warga untuk mencuci pakaian saat musibah banjir yang menjadi solusi tepat meringankan beban warga, saat bersamaan PMI hadir memberikan bantuan kemanusiaan lainnya sesuai dengan tugas pokok PMI,” ujar Abdul Haris.

[sya]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *