Berkontribusi Besar Pulihkan Ekonomi, Menko Airlangga Raih Penghargaan Internasional

Berkontribusi Besar Pulihkan Ekonomi, Menko Airlangga Raih Penghargaan Internasional

tribunwarta.com – JAKARTA, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meraih penghargaan internasional Priyadarshni Academy Global Award. Dia menjadi salah satu dari lima penerima penghargaan tersebut karena perannya terhadap pemulihan ekonomi.

Airlangga dinilai sebagai tokoh Indonesia yang berkontribusi besar dalam pemulihan ekonomi nasional dan penanganan Covid-19. Tidak hanya bagi Indonesia, tapi juga masyarakat India. Penghargaan tersebut diterima Airlangga secara fisik dari India pada Kamis (20/10/2022).

Airlangga didampingi Konjen RI di Mumbai, India Agus Prihatin Saptono saat menerima penghargaan tersebut. Sementara, penghargaan diserahkan langsung President, Indo-American Chamber of Commerce (Western Region) part of Priyadarshni Academy Saurabh Shah.

Menteri Transportasi dan Jalan Raya India Niti Gadkari menilai Airlangga layak menerima penghargaan Priyadarshni Academy Global Award for Outstanding Contribution to National Economic Recovery tersebut. Niti memberikan pujian atas upaya Airlangga sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) di Indonesia yang berhasil menyeimbangkan penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

Niti menjelaskan, kebijakan yang dijalankan Airlangga selaras dengan filosofi dan Ilmu dari Guruji, penemu metode Yoga Ayurveda India. Yakni, menitikberatkan pada ketepatan dan keselarasan tubuh.

“Komite Priyadarshini menilai reputasi Menteri Airlangga ini karena berhasil menyeimbangkan pemulihan pandemi dan ekonomi secara bersamaan,” kata Niti dalam keterangannya, Kamis (20/10/2022).

Komite juga menilai Airlangga berkontribusi besar dalam memformulasikan langkah-langkah kebijakan yang koordinatif, komprehensif dan inklusif. Termasuk menggagas kebijakan bantuan kepada pemerintah India dalam menanggulangi pandemi Covid-19 berupa bantuan oksigen.

Peneliti senior Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menilai, Airlangga Hartarto layak mendapatkan penghargaan Priyadarshni Academy Global Award dari India. Menurutnya, kinerja KPCPEN di bawah kepemimpinan Airlangga mampu membuat kondisi ekonomi Tanah Air bisa pulih dan terlepas dari ancaman resesi.

Saidiman mengapresiasi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang disebutnya sebagai sebuah prestasi, selain pemulihan dari pandemi Covid-19.

“Awalnya masyarakat khawatir kondisi di Tanah Air akan sama seperti di India. Ternyata tidak, itu berhasil diatasi. Tentu saja tidak sempurna tapi relatif terkendali,” ujar Saidiman.

Airlangga sendiri mengaku kondisi perekonomian Indonesia diproyeksikan sejalan dengan ekspektasi global terhadap pemulihan ekonomi dari dampak pandemi Covid-19. Indonesia mencatatkan pertumbuhan ekonomi tertinggi sejak krisis sub-prime mortgage atau terbaik dalam 16 tahun terakhir. Tren itu diharapkan terus berlanjut pada 2022.

Ketua Umum DPP Partai Golkar ini mengatakan, keberhasilan KPCPEN karena kerja keras bersama banyak pihak.

“Saya sangat tersanjung dan bersyukur menerima penghargaan ini, menjadi salah satu di antara semua penerima penghargaan yang terhormat, dan untuk bergabung dengan para pemenang penghargaan global 2021,” ujar Airlangga.

Sementara itu, selain Airlangga, ada empat tokoh lain yang menerima penghargaan atas kontribusinya di bidang masing-masing. Mereka berasala dari India, Korea Selatan, dan Inggris.

Empat tokoh tersebut, yakni Founder and Chairman Adani Group Gautam Adani, President & CEO The Chosunibo Sang-Hoon Bang, Founder The Art of Living Gurudev Sri Ravi Shankar, Chair Grantha Research Institute on Climate Change and Environment The London School of Economics Lord Nicholas Stren, serta Chair UN Women dan Member of The House of Lords Baroness Sandip Verma.

Editor : Jujuk Ernawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!