Berkah Digitalisasi bagi UMKM

Berkah Digitalisasi bagi UMKM

tribunwarta.com – Berkah digitalisasi bagi UMKM

Pandemi Covid 19 telah membawa banyak perubahan dalam berbagai macam aspek. Krisis ekonomi akibat pandemi juga berdampak terhadap kelangsungan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Adanya aturan PSBB dan physical distancing saat pandemi menjadikan UMKM kesulitan melunasi pinjaman serta membayar tagihan. Beberapa diantaranya sampai harus melakukan PHK.

Saat kondisi perekonomian terganggu pelaku UMKM kesulitan dalam mencapai target pendapatan. Hampir semua pelaku UMKM juga mengalami kendala dalam melaksanakan kewajibannya terhadap perbankan.

Saat pandemi perubahan pola konsumsi barang dan jasa masyarakat dari offline ke online pun semakin meningkat. Perubahan pola hidup tersebut mau tidak mau harus diikuti pelaku UMKM agar dapat bertahan, berkembang sehingga mampu menghadapi kondisi new normal.

Padahal kita tahu, UMKM ini ibarat urat nadi perekonomian daerah dan nasional. Secara umum UMKM memiliki peran sebagai pemeran utama dalam kegiatan ekonomi, penyedia lapangan kerja, pemain penting dalam pengembangan perekonomian lokal dan pemberdayaan masyarakat, pencipta pasar baru dan sumber inovasi, serta kontribusinya terhadap neraca pembayaran.

UMKM memiliki peran penting dalam distribusi pendapatan dan pengurangan kemiskinan. UMKM juga berperan dalam pembangunan ekonomi pedesaan.

Pasca Pandemi UMKM mulai bangkit. Para pelaku UMKM mulai beradaptasi dengan perkembangan pasar. Terlihat kemampuan bertahan UMKM yang melakukan penjualan secara online lebih kuat dibandingkan UMKM yang hanya melakukan penjualan secara offline.

Pemerintah memberikan banyak dukungan untuk membantu UMKM pada masa pandemi seperti dikeluarkannya insentif pajak penghasilan UMKM ditanggung pemerintah serta bantuan produktif usaha mikro.

Tidak terkecuali badan usaha milik negara Indonesia yang menyediakan berbagai macam jasa keuangan, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau biasa disingkat BRI pun memberikan sederet program untuk UMKM yang terdampak corona.

Bank Rakyat Indonesia mengeluarkan beberapa program untuk pelaku Usaha UMKM yang terdampak pandemi mulai dari pendampingan, konsultasi bisnis hingga program CSR yang melibatkan agen BRILink.

Di samping mengimplementasikan relaksasi kredit UMKM, BRI juga memiliki berbagai program untuk mendorong keberlanjutan UMKM di Indonesia salah satunya membantu penjualan produk UMKM secara online, salah satunya melalui Indonesia Mall.

Indonesia Mall merupakan platform digital yang bertujuan untuk memfasilitasi UMKM binaan BRI dalam memperluas jangkauan penjualan produk mereka.

Produk-produk unggulan dari UMKM mitra binaan BRI pun dapat langsung dibeli di e-commerce rekanan seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blanja.com dan Blibli.com.

Para pelaku UMKM saat ini sudah beradaptasi dengan eksositem digital, yang membawa pengaruh signifikan dalam income mereka. Pelaku UMKM mulai concern pada digital marketing melalui media sosial, seperti facebook, Instagram, marketplace, dan sejenisnya.

Peningkatan jumlah UMKM bertransformasi dari manual ke digital merupakan fondasi bagi Indonesia untuk mengoptimalkan potensi ekonomi. Namun demikian, upaya ini perlu disertai perluasan akses pasar, peningkatan kualitas SDM baik dalam manajemen, hingga kualitas serta kuantitas produksi.

BRI terus mendorong para pelaku UMKM untuk meningkatkan kapasitas diri dan usahanya. Melalui program CSR, BRI juga melibatkan pelaku UMKM sehingga roda perputaran usaha mereka tetap berjalan.

Bertepatan dengan hari ulang tahun ke 127 Bank BRI mengeluarkan program Muda(H).

Kata “Muda(H)” ini merupakan akronim dari masing-masing kata dengan makna berbeda.

MUDAH

M untuk: Melayani dengan sinergi BRI Group

U untuk: Unggul dengan kinerja dan SDM-nya

D untuk: Dekat dengan digitalisasinya

A untuk: Adapatif dengan perubahan dan

(H) untuk: (H)ijau dengan penerapan Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam seluruh operasional bisnisnya.

Ulasan video bisa dilihat juga di feed Instagram ini ya…

Selalu ada hikmah dari setiap kejadian. Termasuk pandemi yang membawa perubahan baik bagi UMKM melalui pemasaran usaha secara digital.

Melalui sistem digitalisasi, kini pelaku UMKM bisa memasarkan produknya dengan jangkauan lebih luas dan lebih banyak. Pendapatan pun dipastikan terus meningkat

HUT127BRI, BRILianpreneur, BRIPahlawanFinansial, VideoBRI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!