Berani Tantang Fortuner dan Pajero Sport, Begini Sensasi Mengendarai Tiggo 8 Pro

Berani Tantang Fortuner dan Pajero Sport, Begini Sensasi Mengendarai Tiggo 8 Pro

Jakarta: Menandai comeback Chery ke Indonesia, pabrikan asal Tiongkok tersebut langsung memilih langkah besar dengan menghadirkan Chery Tiggo Series yang menyasar segmen SUV premium. 
 
SUV Tiggo 8 Pro menjadi lini model teratas yang akan dipasarkan Chery di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, model ini bakal diplot sebagai penantang Toyota Fortuner serta Mitsubishi Pajero Sport. Lalu apa yang membuat Chery percaya diri dengan Tiggo 8 Pro? 
 
Bagi sebagian orang, mungkin SUV lansiran Chery ini langsung dicap layaknya ‘underdog’ dalam sebuah kompetisi. Tapi tunggu dulu, jika kalian sudah melihat langsung dan merasakan sensasi berkendara serta fitur-fitur yang ada, maka anggapan tersebut kemungkinan bakal terkikis. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara kasat mata, mobil dengan konfigurasi 7-seater ini hadir dengan desain yang gagah, sporty, dan dinamis. Dari sisi depan, nuansa elegan terlihat pada grill lebar serta desain lampu utama futuristis. Desain bumper dan foglamp juga membuat mobil ini enak dilihat. Garis-garis tegas serta lekuk bodi hingga ke belakang juga menegaskan Tiggo 8 Pro sebagai SUV kokoh dan tangguh. 
 

 
Beralih ke interior, tagline ‘first class’ juga tidak terlalu berlebihan. Kemewahan yang dipadu dengan segambreng teknologi modern siap memanjakan siapapun yang masuk ke dalam kabin. 
 
Jok dibungkus dengan material premium, begitupun dengan setir kemudi, dashboard mewah. Terdapat pula fitur pengaturan jok secara elektrik. Untuk Tiggo 8 Pro, pengaturan jok sudah didukung dengan Electric Memory Seats sebanyak dua opsi pengaturan.
 
Tata suara di kabin didukung oleh perangkat berlabel Sony, dan dipadukan head unit LCD berukuran 10,25 inci yang sudah didukung Apple Carplay dan Android Mirroring. Head unit yang ditawarkan juga sudah didukung kamera 360 derajat untuk membantu pengendara melihat kondisi sekitar mobil. Tak kalah penting ada wireless charging di konsol tengah serta ruang penyimpanan luas. 
 
Berani Tantang Fortuner dan Pajero Sport, Begini Sensasi Mengendarai Tiggo 8 Pro
 
Tiggo 8 Pro juga mencakup kekedapan kabin yang memberikan kesan privasi serta kenyamanan. Lebih dari itu, ketenangan kabin juga didukung oleh AC Dual Zone yang mampu menjangkau baris kedua dan ketiga yang membuat aliran oksigen dan kesejukan udara kabin dan lebih sehat. Tak ketinggalan terdapat panoramic sunroof berukuran besar yang menambah kemewahan. 
 
“Tiggo 8 Pro ingin memberikan pilihan kepada pecinta SUV premium yang sangat mempertimbangkan kemewahan interior, yang tidak hanya terlihat dari fiturnya yang berteknologi tinggi, tetapi juga dari pemilihan materialnya. Interior Tiggo 8 Pro dirancang secara detail dan mampu memberikan pengalaman first class saat berada di dalam kabin, termasuk dengan dukungan fitur hiburan dan keselamatan,” ujar President Director Chery Sales Indonesia, Tao Yong.
 
Berani Tantang Fortuner dan Pajero Sport, Begini Sensasi Mengendarai Tiggo 8 Pro

Sensasi berkendara Tiggo 8 Pro

Perjalanan Jakarta-Bandung terasa begitu menyenangkan dengan Tiggo 8 Pro. Mobil SUV ini menawarkan pengalaman tersendiri. 
 
Mobil ini mengusung mesin buas yakni mesin 2.0 TGDI (Turbo Gasoline Direct Injection). Mesin berkapasitas 2000 cc Turbo dipadukan dengan trasmisi Dual Clutch Transmission dengan tujuh percepatan. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 250 Hp, dengan torsi maksimum sebesar 390 Nm di di 1.750-4.000 rpm. 
 
Tiggo 8 Pro menawarkan tiga mode berkendara antara lain Eco, Normal, Sport. Mode Eco jadi pilihan jika ingin mengejar efisiensi bahan bakar. Mode ini cocok digunakan saat berkendara di perkotaan dengan lalu lintas yang padat. Lalu ada mode Normal menjadi pilihan tengah bagi Anda yang menginginkan efisiensi namun sesekali melakukan akselerasi. 
 
Berani Tantang Fortuner dan Pajero Sport, Begini Sensasi Mengendarai Tiggo 8 Pro
 
Saat perjalanan di jalan tol, Medcom.id sangat takjub ketika menjajal mode Sport. Meski berstatus SUV, mobil ini justru menghadirkan sensasi menggeber sports car ketika mode berkendara beralih ke Sport. Wajar saja, mode ini memang berfungsi untuk mengeluarkan potensi mesin. 
 
Transmisi 7-speed DCT terasa begitu smooth di setiap perpindahan giginya. Akselerasi mencapai 100 km/jam juga begitu instan. Handling yang nyaman dan stabil juga menambah kenyamanan berkendara di kecepatan tinggi. 
 
Baca juga: Uji Kecepatan Chery Tiggo 8 Pro di Lintasan Sentul, Bikin Takjub!
 
Sepanjang sesi test drive, kami juga sempat menjajal beragam fitur canggih di Tiggo 8 Pro. Salah satunya fitur ADAS, yaitu Adaptive Cruise Control yang memungkinkan pengemudi tak perlu menginjak pedal gas dan mobil akan mengatur jarak secara otomatis dengan kendaraan di depannya.
 
Fitur lain yang sangat bermanfaat bagi pengemudi yaitu navigasi camera 360 yang ditampilkan layar lebar sangat membantu ketika berkendara di jalanan sempit dan padat ataupun saat parkir kendaraan. 
 
Berani Tantang Fortuner dan Pajero Sport, Begini Sensasi Mengendarai Tiggo 8 Pro

Fitur keselamatan

Sebagai model yang menyasar segmen premium, Tiggo 8 Pro juga tentunya dibekali fitur keselamatan dengan paket komplit. Keamanan pengemudi dan penumpang ditunjang 6 titik airbag untuk meminimalisir risiko cedera saat kecelakaan. 
 
Fitur safety lainnya yang ada di mobil ini antara lain Lane Departure Warning (LDW), Adaptive Cruise Control (ACC), Door Open Warning (DOW), Reverse Tendency Alert (RTA), Autonomous Emergency Braking (AEB), Front Collision Wheels (FCW), dan Blind Spot Detection (BSD).
 
Mobil top level Chery ini juga telah dilengkapi voice command untuk memberi perintah menjalan pengoperasian mobil seperti mengatur volume, buka tutup jendela, buka tutup sunroof, mengatur AC, dan lain-lain. Hal ini sangat membantu karena pengemudi tetap bisa fokus dalam berkendara. 
 
Namun sayangnya, voice command di kendaraan Chery belum bisa menggunakan bahasa Indonesia, alias hanya bisa diperintah memakai bahasa Inggris. 

Test drive Tiggo 7 Pro

Setelah menjajal Tiggo 8 Pro, redaksi Medcom.id juga sempat bertukar mobil dengan peserta test drive lainnya. Kali ini, giliran Tiggo 7 Pro yang kami coba di jalan tol hingga jalanan kota Bandung. 
 
Secara spesifikasi Tiggo 7 Pro diposisikan di bawah Tiggo 8 Pro. SUV ini diplot bersaing di segmen SUV kompak untuk melawan Hyundai Creta ataupun Honda HR-V. 
 
Berbeda dengan Tiggo 8 Pro, Tiggo 7 Pro mengusung mesin 1.5 L turbo dengan transmisi CVT 9-percepatan. Tenaga yang dihasilkan sebesar 150 hp dan torsi 230 Nm. 
 
Meski memiliki kapasitas mesin yang lebih kecil, namun kemampuan melesat Tiggo 7 Pro juga tak kalah buas. Terdapat juga 3 mode berkendara Eco, Normal, dan Sport yang bisa dipilih sesuai kebutuhan saat berkendara. 
 
Berani Tantang Fortuner dan Pajero Sport, Begini Sensasi Mengendarai Tiggo 8 Pro
 
Walaupun segmennya di bawah Tiggo 8 Pro, namun Chery cukup jor-joran menyuntikkan fitur yang tidak kalah lengkap seperti ADAS, 360 Camera dengan surround view, Chery Intelligent Voice Assistant, dan Panoramic sunroof. 
 
ADAS di Tiggo 7 Pro sudah meliputi tujuh fungsi bantuan mengemudi cerdas seperti Lane Departure Warning (LDW), Adaptive Cruise Control (ACC), Door Open Warning (DOW), Reverse Tendency Alert (RTA), Autonomous Emergency Braking (AEB), Front Collision Wheels (FCW), dan Blind Spot Detection (BSD), yang dapat mendeteksi kendaraan yang tidak terjangkau oleh mata.

Kesimpulan 

Lewat dua model SUV Tiggo Series, Chery menegaskan comeback ke Indonesia dengan menyasar konsumen premium, lebih tepatnya masyarakat urban yang dewasa, modern, dan telah meraih kesuksesan dalam karier. Target konsumen seperti ini tidak hanya membutuhkan kendaraan berkarakter mewah, tetapi juga bertenaga, dan mampu mendukung kenyamanan berkendara.
 
Terbukti, Chery sangat concern terhadap kebutuhan konsumen premium yang menginginkan teknologi mewah, kenyamanan, performa, serta desain yang agresif. Seluruh aspek tersebut mereka penuhi pada kedua model Tiggo 8 Pro dan Tiggo 7 Pro.
 
Kedua mobil tersebut rencananya akan resmi diluncurkan pada akhir November 2022. Adapun untuk bocoran harganya, Tiggo 8 Pro berkisar sekitar Rp500 jutaan. Sedangkan Tiggo 7 Pro bakal dilego dengan harga yang berkisar Rp380 jutaan. Bagaimana, tertarik?
 
Berani Tantang Fortuner dan Pajero Sport, Begini Sensasi Mengendarai Tiggo 8 Pro
 

(PRI)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *