Beli Elpiji 3 Kg Pakai MyPertamina Bakal Diuji Coba Serentak Tahun Depan

Beli Elpiji 3 Kg Pakai MyPertamina Bakal Diuji Coba Serentak Tahun Depan

tribunwarta.com – Pemerintah bakal melakukan uji coba pembelian Elpiji 3 kilogram (kg) menggunakan aplikasi MyPertamina secara penuh di tahun depan. Tahun ini, uji coba pembelian dengan MyPertamina sudah dilakukan secara terbatas hanya di lima kota/kabupaten.

“Sekarang sudah jalan (uji coba terbatas), tapi tahun depan akan full-kan resgitrasinya di seluruh Indonesia,” ujar Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian ESDM Tutuka Ariadji saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (12/12/2022).

Ia menjelaskan, pemerintah ingin Elpiji 3 kg yang merupakan komoditas energi bersubsidi bisa tersalurkan secara tepat sasaran. Oleh sebab itu, pihaknya terus berkoordinasi dengan Komisi VII DPR RI melalui rapat berkala, yang kali ini di selenggarakan secara tertutup.

Menurut Tutuka, dalam rapat itu dilakukan pembahasan mengenai evaluasi penyaluran Elpiji 3 kg sehingga bisa diambil kebijakan agar bisa tepat sasaran.

“(Rapat) pendistribusian Elpiji 3 kg, evaluasi saja yang pernah dilakukan, supaya lebih tepat sasaran,” imbuh dia.

Tutuka menuturkan, dalam upaya mendorong distribusi yang tepat sasaran, maka pemerintah memanfaatkan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE). Data itu pula yang diintegrasikan dengan data masyarakat yang teregistrasi di platform Pertamia dalam uji coba pembelian Elpiji 3 kg.

“Kan Pertamina sudah melaksanakan registrasi, istilahnya pilot lah, belum banyak. Kita pakai data P3KE sekarang. Nah itu kita coba terapkan, sudah di lima kabupaten/kota,” jelas dia.

Adapun lima kabupaten/kota itu, kata Tutuka, di antaranya yakni Cipondoh, Tangerang Selatan, dan Semarang.

Sebelumnya, Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo sempat mengungkapkan, pembelian Elpiji 3 kg dengan MyPertamina sudah lebih dulu diuji coba, dibandingkan Pertalite. Uji coba tersebut sudah dilakukan sejak Maret 2022.

Secara rinci, uji coba melibatkan 5 kota/kabupaten, 96 pangkalan, 18.307 keluarga penerima manfaat (KPM). Pada akhir Juni 2022 lalu, uji coba sudah memasuki tahap ke-enam dengan waktu uji coba pekan ke-1 Juli sampai dengan pekan ke-4 Juli 2022.

Menurutnya, rencana penggunaan MyPertamina untuk pembelian Elpiji 3 kg akan dilakukan untuk menekan konsumsi serta penyaluran komoditas itu akan lebih tepat sasaran.

“Untuk Elpiji sebetulnya sama kita minta juga untuk register (lewat aplikasi MyPertamina),” kata Mars dalam suatu acara webinar, Rabu (29/6/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!