Belajar Dari Sale Stock, E-commerce Fashion yang Punya Strategi Unik

Belajar Dari Sale Stock, E-commerce Fashion yang Punya Strategi Unik

tribunwarta.com – Nama Sale Stock mungkin familiar bagi Anda yang gemar belanja online. Tapi tahukah Anda kalau mereka memiliki strategi unik yang berhasil mengangkat nama mereka?

Apa saja itu? Simak artikel ini ya. Siapa tahu bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang sedang membangun Start Up.

Rubrik Finansialku

E-commerce yang Misterius

E-Commerce Sale Stock dikenal masyarakat Indonesia sejak lima tahun silam. Pada awal kemunculannya, Sale Stock dapat diakses melalui aplikasi yang dapat di-download di Playstore.

Untuk kategori aplikasi belanja, e-commerce ini berhasil mengungguli aplikasi e-commerce lainnya seperti Zalora dan Berrybenka.

Sale Stock termasuk perusahaan start up yang ‘pemalu’. Diam-diam ternyata menunjukkan taringnya dengan mendulang laba di tahun-tahun awal kemunculannya.

Ini membuat e-commerce satu ini menjadi sorotan. Apalagi, ketika Sale Stock bisa memberikan harga yang lebih murah. Hal ini membuat mereka terkesan misterius.

[Baca Juga: Shopaholic! Ini Cara Terbaik Habiskan Uang dan Menyalurkan Hobi Belanja]

Bagaimana caranya bisa menjadi start up yang sukses seperti itu hanya dengan menjual pakaian yang lebih murah ketimbang harga di pasaran?

Ternyata, pendiri Sale Stock memiliki strategi unik dalam membawa perusahaan start up ini menjadi yang terdepan.

Strategi Unik Diusung oleh Sale Stock

Zaman sekarang menuntut kreatifitas supaya suatu karya bisa lebih dikenal. Belum lagi, ide-ide yang out of the box memang sangat dibutuhkan.

Sale Stock sepertinya menyadari hal itu. Oleh karena itu, sebagai start up yang diusung oleh anak muda, toko online ini memiliki strategi unik supaya bisa sukses.

Tapi sebelumnya, hal yang penting dalam membangun bisnis harus memiliki kejelasan pencatatan keuangan. Anda tidak bisa menyatukan keuangan Pribadi Anda dengan keuangan Bisnis. Bisa-bisa perusahaan tidak akan berkembang.

Anda bisa membaca e-book Finansialku dengan judul Jurnal Memisahkan Uang Pribadi dan Bisnis yang bisa Anda unduh secara gratis di bawah ini.

GRATISSS Download!!! Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Setelah mengetahui hal penting dalam membangun bisnis, yuk kita bahas strategi unik apa saja yang dimiliki Sale Stock?

#1 Fokus di Luar Pulau Jawa

Salah satu hal yang membedakan Sale Stock dengan e-commerce lain adalah fokus penjualannya yang di luar Pulau Jawa. Kebanyakan e-commerce menawarkan produk yang terfokus pada pembeli di Pulau Jawa.

Belum lagi, iklan pun lebih banyak terpusat di Pulau Jawa. Padahal Indonesia bukan hanya Pulau Jawa saja, kan?

Karena itu, pendiri Sale Stock mencoba memanfaatkan peluang tersebut supaya distribusi bisa merata. Wah, ternyata toko online ini sangat concern dengan pembeli di luar Pulau Jawa juga ya.

#2 Logistik yang Efisien

“Paketku berat di ongkos”. Itulah yang sering terlintas di benak para pembeli di luar Pulau Jawa. Seringkali juga harga barang yang dibeli tidak semahal ongkos kirimnya.

Selain itu, kendala waktu juga jadi masalah untuk pembeli yang tinggal di luar Pulau Jawa. Hal tersebut membuat para pembeli malas berbelanja online.

[Baca Juga: 10+ Tips Belanja Cepat dan Hemat Tanpa Menguras Kantong]

Sekali lagi, Sale Stock sudah menyadari hal ini. Karena itu, e-commerce yang satu ini sudah memiliki solusinya, yaitu membuat sistem logistik yang efisien. Mereka memiliki teknologi yang mengumpulkan kurir-kurir kecil. Maksudnya, perusahaan ini memberdayakan kurir logistik kecil.

Dari sini, buat Anda yang berencana mendirikan start up, hal seperti ini patut dipikirkan juga.

Jangan hanya ingin mencari keuntungan dengan produk-produknya saja, tapi juga memberikan kepercayaan pada pembeli lewat sistem delivery paketnya.

#3 Rangkul Usaha Kecil Menengah

Sale Stock merangkul bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM). Dengan melibatkan UKM, mereka bisa lebih mengenalkan produk Indonesia yang sebetulnya tak kalah hebat dari produk luar negeri.

Hal ini bisa meningkatkan kecintaan masyarakat pada produk lokal.

#4 Produk Murah, Namun Berkualitas

Harga barang di e-commerce ini memang lebih murah daripada barang yang dijual di e-commerce lainnya. Hal ini berkaitan dengan poin sebelumnya, yaitu merangkul UKM.

Prosesnya, Sale Stock memiliki desain dan dikerjakan sebagai sampling terlebih dahulu. Baru setelah itu, diberikan ke konveksi yang dikelola oleh UKM rekanan Sale Stock.

Lewat kerjasama ini, hasil yang didapatkan sangat memuaskan. Produk berkualitas namun tetap terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

#5 Inovasi Layanan

Inovasi memang sangat diperlukan di dunia fashion. Sale Stock tak kalah ketinggalan untuk memanfaatkan inovasi.

Ketika berbelanja pakaian secara online, seringkali terlintas di pikiran apakah pakaian tersebut muat dan cocok untuk kita atau tidak. Hal ini cukup mengkhawatirkan para calon pembeli. Takut kekecilan atau kebesaran.

Nah, belanja di sini, Anda tidak perlu khawatir lagi karena ada program ‘Coba Dulu, Baru Bayar!’ Program ini memanfaatkan inovasi dari Cash On Delivery (COD).

Ketika baju sampai di tangan, pelanggan bisa mencobanya terlebih dahulu. Jika cocok, pelanggan langsung bayar. Jika tidak cocok, pelanggan dapat mengembalikan lagi baju tersebut lewat kurir.

Layanan ini gratis, dan tanpa biaya tambahan. Asyik, kan?

Tertarik Belanja di Sale Stock? Kenali Dulu Sorabel

Di awal tahun 2019 lalu, Sale Stock melakukan perubahan nama menjadi Sorabel. Nama ini justru membuat perusahaan start up ini semakin dikenal produknya lewat nama tersebut.

Sorabel berasal dari kata “Soraya” dan “Belle” yang diambil dari Bahasa Perancis yang artinya cantik. Dengan begitu, masyarakat pun dapat langsung mengetahui bahwa produk yang dijual oleh start up ini adalah pakaian wanita.

[Baca Juga: Mau Menguntungkan? Ikuti Dulu Cara Asyik Belanja Di Hijabenka]

Seiring dengan perubahan namanya, Sorabel merambah ke website sehingga pembeli bisa dengan mudah mengakses e-commerce ini dengan mengunjungi www.sorabel.com lewat browser.

Belajarlah Dari Sale Stock

Strategi yang telah disebutkan di atas bisa Anda jadikan pelajaran jika ingin membangun bisnis start up maupun bisnis konvensional.

Anda perlu juga melihat dari sisi customer, serta tidak hanya mementingkan keuntungan perusahaan semata. Jika customer tidak puas, bisa-bisa perusahaan Anda akan bangkrut.

Nah, jika Anda membutuhkan bimbingan dalam mengelola keuangan bisnis, Anda bisa berkonsultasi dengan para Perencana Keuangan Finansialku melalui fitur Tanya Jawab di aplikasi Finansialku.

Anda telah mempelajari strategi unik yang dipakai oleh e-commerce ini supaya bisa mengembangkan bisnis start up-nya.

Siapa tahu ada rekan atau keluarga Anda yang berencana untuk memulai bisnisnya, akan lebih baik jika Anda share artikel ini supaya bisa lebih bermanfaat.

Sumber Referensi:

    Helda. 1 Desember 2018. Pengin Bangun Startup Fashion? Coba Strategi Unik dari Sale Stock Ini. Moneysmart.id – http://bit.ly/2PR7BCI

    Aditya Hadi Pratama. 29 Juli 2016. Beberapa Hal yang Kami Tahu tentang E-Commerce “Misterius” Sale Stock. Techinasia.com – http://bit.ly/2JTP6K1

    Admin. Sale Stock Ganti Nama Menjadi Sorabel. Dailysocial.id – http://bit.ly/2WRjk5M

    Soribel.com – http://bit.ly/2JU3eTw

Sumber Gambar:

    Sorabel 01 – http://bit.ly/2JTP6K1

    Sorabel 02 – http://bit.ly/2pzFYmZ

    Sorabel 03 – http://bit.ly/2oQ93dh

    Sorabel 04 – http://bit.ly/2reoY5Y

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!