Anda Boleh Mengajukan KTA Asalkan Terbebas Dari 5 Hal Ini!

Anda Boleh Mengajukan KTA Asalkan Terbebas Dari 5 Hal Ini!

tribunwarta.com – Anda berencana mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan) dalam waktu dekat? Coba renungkan dahulu poin-poin di bawah ini sebelum nasi menjadi bubur.

Rubrik Finansialku

Meminjam Tanpa Jaminan

Ada banyak jenis pinjaman yang dapat Anda andalkan ketika tidak memiliki cukup dana, di antaranya Kartu Kredit, Kredit Pemilikan Rumah, Kredit Kendaraan Bermotor, Kredit Usaha, dan Kredit Tanpa Agunan (KTA).

KTA diperuntukkan bagi Anda yang tidak memiliki rumah atau mobil atau harta lainnya untuk diagunkan ke bank, perusahaan pembiayaan, atau jasa gadai atas peminjaman uang yang Anda ajukan.

[Baca Juga: Cara Melunasi Hutang Keluarga]

Selain itu, kelebihan KTA dibandingkan jenis kredit lainnya adalah waktu pencairan yang relatif cepat, kurang dari tiga hari dana pinjaman yang Anda ajukan sudah bisa dipakai.

Namun, bunga yang ditawarkan KTA biasanya lebih tinggi dengan limit rendah dan masa tenor yang pendek. Oleh sebab itu, Anda perlu menghindari beberapa hal di bawah ini sebelum akhirnya mengajukan KTA agar terhindar dari risiko kredit macet.

#1 Jangan Mengajukan KTA Jika Anda Malas Merencanakan Anggaran

Sebesar apapun penghasilan, Anda akan terjebak dalam masalah keuangan jika tidak mampu mengatur keuangan dengan baik. Anda bisa mulai dari merencanakan pengeluaran dan pemasukan setiap bulannya.

Apabila pengajuan KTA Anda disetujui, Anda perlu menyesuaikan anggaran dengan besar cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Dengan demikian, Anda dapat tetap memenuhi kebutuhan pokok di samping kewajiban melunasi cicilan.

#2 Jangan Mengajukan KTA Jika Malas Mencari Informasi

Jangan dikira semua KTA itu sama. KTA sering kali dikemas berbeda oleh kreditur dalam berbagai produk. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk cermat mempelajari hak dan kewajiban Anda selaku debitur.

Tidak ada salahnya bertanya kepada konsultan yang tersedia sebelum Anda memutuskan mengajukan KTA. Kalau perlu, Anda bisa bertanya testimoni rekan-rekan Anda yang pernah mengajukan KTA.

Cobalah kumpulkan informasi sebanyak-sebanyaknya sehingga Anda benar-benar yakin Anda harus mengajukan KTA.

#3 Jangan Mengajukan KTA Jika Hidup dalam Hedonisme

Jika penghasilan Anda sering kali kurang, bahkan habis, untuk pengeluaran yang sebenarnya bukan kebutuhan, Anda sebaiknya berhati-hati dalam mengajukan KTA. Gaya hidup itu bisa jadi petaka saat Anda diwajibkan membayar cicilan setiap bulannya.

Apalagi uang pinjaman KTA sudah di tangan, bisa-bisa Anda pakai untuk memenuhi hasrat hura-hura yang selama ini Anda pupuk sejak lama. Jadi, sebisa mungkin perbaiki gaya hidup Anda ini sebelum berani mengajukan KTA.

#4 Jangan Mengajukan KTA Jika Terbiasa Berpikir ‘Mumpung Ada Duit’

Banyak orang berargumen bahwa tak apa menghabiskan uang untuk barang/jasa yang sangat kita idam-idamkan. Toh hidup hanya sekali, uang bisa dicari.

[Baca Juga: Harga Naik Lagi Tahun Depan, Ayo Beli Rumah Subsidi!]

Kalau pola pikir seperti ini sudah menjadi budaya, Anda akan sulit melunasi pinjaman di kemudian hari. Apalagi kalau pinjaman sudah cair, bisa-bisa uang tersebut Anda gunakan untuk hal-hal di luar tujuan pinjaman yang sebenarnya.

#5 Jangan Mengajukan KTA Jika Labil dalam Beralasan

Kalau pengajuan KTA disetujui dan uang sudah ada di tangan Anda, jangan pernah berpikir bahwa Anda punya uang yang cukup untuk berfoya-foya. Selalu tanamkan dalam pikiran Anda bahwa semua uang itu harus dikembalikan.

Selalu ingat apa alasan utama Anda mengajukan KTA, yaitu untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak. Jadi, abaikan segala keinginan di luar alasan utama Anda tersebut.

Ingat, KTA Itu Utang

Yang namanya utang itu harus dikembalikan. Jadi, jangan pernah sekalipun berpikir bahwa pinjaman KTA yang Anda pegang adalah uang Anda.

Dengan memastikan bahwa kelima hal di atas tidak ada pada diri Anda sendiri, Finansialku optimis Anda dapat mengajukan dan mengembalikan pinjaman KTA sesuai perjanjian. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari risiko kredit macet, salah satunya masuk daftar blacklist Bank Indonesia.

Jika hari ini Anda terlanjur terjerat dalam utang, tenang! Masih ada harapan untuk Anda. Ketahui cara melunasi utang-utang Anda melalui artikel-artikel Finansialku.com.

Apabila Anda masih kesusahan melunasi atau membutuhkan bantuan Perencana Keuangan, Anda bisa berkonsultasi dengan Perencana Keuangan yang telah tersertifikasi melalui fitur Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku.

Download aplikasinya sekarang di Google Play Store atau Apple Apps Store, gratis!

Silakan bagikan artikel ini supaya kolega Anda dapat mengetahui informasi ini juga. Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar. Terima kasih.

Sumber Referensi:

    Admin. 26 Juni 2018. Jangan Ajukan KTA Jika Masih Memelihara 5 Mentalitas Ini. Kreditgogo.com http://bit.ly/2tW5vZP

Sumber Gambar:

    KTA 1 – http://bit.ly/2vPpytn

    KTA 2 – http://bit.ly/2RYa6Ur

    KTA 3 – http://bit.ly/2RYa6Ur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!