Amalan Malam 1 Suro Penghapus Dosa Menurut Penjelasan Gus Baha

Amalan Malam 1 Suro Penghapus Dosa Menurut Penjelasan Gus Baha

SURYA.CO.ID – Berikut amalam malam 1 Suro atau malam 1 Muharram menurut penjelasan Gus Baha, yang disebut dapat menghapus dosa.

Sekedar diketahui, malam 1 Muharram merupakan malam tahun baru Islam menurut Kalender Hijriyah, sementara malam 1 Suro adalah sebutan tahun baru dalam kalender Jawa-Islam.

Sebutan malam 1 Suro untuk malam 1 Muharram bagi Masyarakat Jawa, tidak terlepas dari sejarah masuknya Islam di Indonesia, melalui kerajaan Mataram.

Di malam 1 Muharram, umat Muslim bersama-sama memperbanyak amalan ibadah, untuk menyambut tahun baru lebih baik.

Tokoh Nahdlatul Ulama Ahmad Bahauddin Nur Salim atau yang akrab disapa Gus Baha menyebut, terdapat amalan ibadah di malam 1 Muharram yang dapat menghapuskan dosa.

Mengutip buku Islam Santuy Ala Gus Baha oleh Harakah.id, Gus Baha menjelaskan amalan pertama yang menghapus dosa adalah sholat dengan wirid tasbih.

“Satu sholat yang akan menghapus dosa yang lalu dan yang akan datang. Ini ada ibadah yang menghapus dosa tetapi bentuk wiridnya itu tasbih. Tidak ada istighfarnyam inilah rahasia kenapa saya mengajarkan tasbih. Sebab inu awal tahun akhir tahun, kita ingin Allah mengampuni dosa kita, awwalu wa akhiru, qadimahu wa haditsahu, sirrahu wa alaniyatahu. Kiai-kiai itu mengajarkan.”

Gus Baha menjelaskan amalan tersebut berdasarkan hadist Nabi, yang dijelaskan dalam kitab I’anatuth Muthalibin.

“Dari Ibnu Abbas RA, bahwa Rasulullah SAW berkata kepada Abbas bib Abdul Muthalib, “Maykah kamu saya kasih? Maukah kamu saya anugerahu? Apakah kamu tidak senang jika engkau melakukannya, Allah akan mengampuni dosamu, awalnya, akhirnya, yang lama, yang baru, yang tanpa disengaja maupun yang terang-terangan? Engkau shalat empat rakaat, di setiap rakaat membaca Al Fatihah dan satu surat.

Ketika selesai membaca surat dan kamu masih dalam keadaan berdiri, bacalah ‘subhanallah wal hamdu lillah wa la ilaha illallah wallahu akbar’ sebanyak 15 kali. Setelah itu rukuk dan baca tasbih 10 kali. Setelah itu berdiri dari rukuk dan baca lagi tasbih 10 kali. Setelah itu sujud dan baca lagi tasbih 10 kali. Setelah itu bangkit dari sujud dan baca tasbih 10 kali. Setelah itu sujud lagi dan kembali membaca tasbih 10 kali. Total selurujnya adalah 75 kali tasbih.

Baca juga: Apa Keistimewaan di Bulan Muharram? Lengkap Amalan yang Dianjurkan menurut Sunah Rasul

Kapan malam 1 Suro 2022 atau malam 1 Muharram 2022?

Menurut Kalender Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim, tanggal 1 Muharram 1444 H bertepatan dengan hari Sabtu, 30 Juli 2022 M.

Itu artinya apabila 1 Muharram tidak maju atau mundur menurut hasil hilal, maka malam 1 Suro atau malam 1 Muharram 1444 H jatuh pada tanggal 29 Juli 2022 setelah waktu Magrib.


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *