Ada Demonstrasi Buruh di Kota Surabaya, 2.300 Personil Kepolisian Disiagakan

Ada Demonstrasi Buruh di Kota Surabaya, 2.300 Personil Kepolisian Disiagakan

SURYA.CO.ID, SURABAYA – Sebanyak 2.300 anggota kepolisian disiagakan mengawal pergerakan massa buruh dari berbagai elemen serikat buruh se-Jatim yang kembali melakukan demonstrasi di Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan No 110 Kota Surabaya, Senin (19/9/2022).

Ribuan anggota dari jajaran Polrestabes Surabaya itu, disebar sepanjang rute mulai dari titik kumpul Bundaran Waru hingga di Kantor Gubernur Provinsi Jatim.

Mulai dari rute Jalan A Yani- Jalan Wonokromo-Jalan Raya Darmo-Jalan Urip Sumoharjo-Jalan Basuki Rahmat-Jalan Embong Malang-Jalan Blauran-Jalan Bubutan-Jalan Kebon Rojo-Jalan Pahlawan.

“Ada 2.300 personil telah kami siagakan,” ujar Wakapolretabes Surabaya AKBP Hartoyo, saat dikonfirmasi, Senin (19/9/2022).

Pantauan sekitar pukul 11.00 WIB, massa buruh mengendarai motor dan mobil tampak berdatangan dari arah kawasan Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo.

Rombongan kendaraan massa buruh tersebut menuju ke Jalan Bungurasih untuk menuju titik kumpul di Kabupaten Sidoarjo, sebelum bergerak menuju ke titik kumpul Bundaran Waru, Cito Mall, Jalan Frontage A Yani, Menanggal, Gayungan, Surabaya.

Kemudian, sekitar pukul 12.00 WIB, rombongan massa buruh mulai berdatangan ke Jalan Frontage A Yani, Menanggal, Gayungan, Surabaya.

Mereka tampak berhenti memanfaatkan bahu jalan sisi paling kanan untuk memarkirkan kendaraan Iring-iringan, di ruas jalan tersebut, sembari menanti rombongan massa dari berbagai wilayah Jatim, yang akan tiba ke Kota Surabaya melalui ‘pintu masuk’ sisi selatan yakni Bundaran Waru, Cito Mall, Surabaya.

Sekadar diketahui, ribuan orang buruh dari berbagai elemen serikat buruh se-Jatim kembali melakukan demonstrasi di Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan No 110, Alun-alun Contong, Bubutan, Surabaya, Senin (19/9/2022).

Tuntutannya masih sama. Yakni menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan meminta revisi kembali upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2022 di Jatim.

Massa buruh yang datang nantinya berasal dari berbagai daerah di Jatim. Mulai dari Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan, Kabupaten/Kota Mojokerto, Kabupaten Jombang, Kabupaten/Kota Pasuruan, Malang Raya, Kabupaten Tuban, Kabupaten/Kota Probolinggo, Kabupaten Jember, Kabupaten Lumajang, hingga dari Kabupaten Banyuwangi.

Rencananya, massa buruh akan berkumpul untuk menunggu kedatangan massa dari daerah lain di titik kumpul utama di Mall CITO/Bundaran Waru.

Kemudian, massa akan bergerak bersama menuju Kantor Gubernur Provinsi Jawa Timur dengan rute melalui Jalan A. Yani- Jalan Wonokromo-Jalan Raya Darmo-Jalan Urip Sumoharjo-Jalan Basuki Rahmat-Jalan Embong Malang-Jalan Blauran-Jalan Bubutan-Jalan Kebon Rojo-Jalan Pahlawan.


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *