Ada Ancaman Cuaca Ekstrem, Menhub: Kalau Tidak Penting Jangan ke Luar Kota

Ada Ancaman Cuaca Ekstrem, Menhub: Kalau Tidak Penting Jangan ke Luar Kota

tribunwarta.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta agar masyarakat bisa menahan diri untuk berpergian, apalagi ke luar kota. Hal ini disampaikan Budi Karya merespons adanya potensi cuaca ekstrem yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Jakarta dan sekitarnya.

Budi Karya menyatakan bila bukan keperluan mendesak, lebih baik masyarakat menahan diri untuk berpergian. Khususnya perjalanan ke luar kota.

“Saya imbau, ya kalau nggak ada urusan penting banget jangan ke luar kota, di dalam kota saja biar aman,” kata Budi Karya dalam Jumpa Pers Akhir Tahun 2022 di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (27/12/2022) kemarin.

Pihaknya pun sudah menyiapkan catatan-catatan untuk diantisipasi semua pemangku kepentingan transportasi di tengah potensi cuaca ekstrem beberapa waktu ke depan.

Budi Karya juga menyoroti insiden wisatawan yang terjebak di Karimunjawa imbas cuaca ekstrem. Dia juga mengungkapkan ancaman banjir juga membayangi beberapa jalan tol.

“Cuaca sangat menantang sehingga saya pribadi dan kelembagaan bagi teman-teman yang ikut daring kita harus antisipasi dengan baik beberapa catatan,” ungkap Budi Karya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi mulai hari ini, Rabu 28 Desember 2022 terjadi potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Peningkatan hujan ini diprediksi akan terjadi hingga penghujung tahun 2022.

“Prakiraan cuaca tanggal 28 Desember 2022 pada umumnya adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, namun bukan badai. Peningkatan curah hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat berpotensi terjadi pada tanggal 30 Desember 2022,” demikian informasi yang diunggah di akun Twitter BMKG.

Sementara itu, bila melihat prediksi peneliti klimatologi pada Pusat Riset Iklim dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Erma Yulihastin. Bakal ada potensi banjir besar di kawasan Jabodetabek, khususnya Tangerang. Hal itu terjadi karena potensi hujan ekstrem hingga badai terjadi pada 28 Desember 2022.

“Potensi banjir besar Jabodetabek. Siapa pun Anda yang tinggal di Jabodetabek dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022,” kata Erma dalam unggahannya di Twitter, seperti dilihat detikcom.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!