8 Rekor Menarik Negara Peserta Piala Dunia, Ada Indonesia Lho!

8 Rekor Menarik Negara Peserta Piala Dunia, Ada Indonesia Lho!

Jakarta: Gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar hanya berjarak kurang dari 100 hari ke depan. Sejumlah sejarah baru dipastikan bakal tercipta di negara Arab pertama yang dipercaya jadi tuan rumah Piala Dunia. 
 
Sejarah baru yang pasti tercipta di Qatar adalah terkait waktu penyelenggaran Piala Dunia. Dalam sejarahnya, turnamen empat tahunan ini biasanya digelar pada musim panas. Namun, khusus tahun ini, Piala Dunia 2022 akan digelar pada musim dingin, yakni pada November-Desember. 
 
Qatar juga akan tercatat sejarah sebagai negara kedua di Asia yang jadi tuan rumah Piala Dunia. Sebelumnya, Jepang dan Korea Selatan jadi negara Asia pertama yang menyelenggarakan Piala Dunia 2002.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak hanya bagi tuan rumah, 32 tim peserta yang akan bertarung di Piala Dunia 2022 juga mengincar sejumlah rekor. Salah satunya adalah Timnas Brasil yang berambisi mempertajam rekor mereka sebagai negara tersukses di ajang Piala Dunia.
 
Untuk tahu lebih jauh rekor-rekor apa saja yang pernah tercipta dalam sejarah Piala Dunia, berikut 8 rekor menarik dari negara-negara peserta Piala Dunia, termasuk negara kita, Indonesia.

1. Rekor Gelar Juara Terbanyak

Tentunya sudah banyak yang tahu rekor ini. Ya, Brasil hingga saat ini tercatat sebagai negara paling sukses di pentas Piala Dunia. Dalam sejarahnya, skuat Selecao telah menjuarai ajang Piala Dunia, yakni pada 1958, 1962, 1970, 1994 dan terakhir 2002.
 
Kini, di Piala Dunia 2022, Timnas Brasil mengincar gelar juara keenam. Meski begitu, Neymar dkk mesti mewaspadai Timnas Jerman yang berambisi menyamai rekor Brasil sebagai negara tersukses di Piala Dunia. Sejauh ini, Jerman sudah mengoleksi empat titel Piala Dunia, yaitu pada 1954, 1974, 1990 dan 2014.
 
Sebenarnya, Timnas Italia juga memiliki rekor yang sama dengan Jerman (4 kali juara Piala Dunia). Akan tetapi, Gli Azzurri dipastikan tidak bisa menyamai rekor Brasil di Piala Dunia 2022 ini, karena mereka tidak lolos.

2. Rekor Penampilan Terbanyak di Piala Dunia

Rekor negara dengan penampilan terbanyak di ajang Piala Dunia dipegang oleh Brasil dengan 22 kali. Ini berarti, Timnas Brasil tidak pernah absen tampil di ajang Piala Dunia. Mereka jadi satu-satunya negara yang selalu lolos ke Piala Dunia.
 
Timnas Jerman sebenarnya juga memiliki rekor sama seperti Brasil, yakni selalu lolos ke pentas Piala Dunia. Akan tetapi, secara jumlah penampilan, Jerman hanya bermain di 20 edisi Piala Dunia (termasuk Piala Dunia 2022). Jerman absen pada Piala Dunia pertama tahun 1930 dan dilarang ikut serta pada Piala Dunia 1950.

3. Rekor Gelar Piala Dunia Beruntun

Dalam sejarah Piala Dunia, baru Italia dan Brasil yang mampu meraih trofi Piala Dunia dua kali secara beruntun.
 
Timnas Italia tercatat sebagai negara pertama yang sukses meraih trofi Piala Dunia dalam dua edisi secara beruntun. Rekor tersebut diraih Italia saat menjuarai Piala Dunia 1934 (Italia) dan kembali jadi juara pada edisi berikutnya, Piala Dunia 1938 di Prancis.
 
Dua dekade berselang, Timnas Brasil berhasil menyamai rekor Italia. Ditandai oleh kemunculan legenda sepak bola, Pele, Brasil sukses jadi juara di Piala Dunia 1958 (Swedia) dan mempertahankannya pada Piala Dunia 1962 di Cile.
 
Jelang Piala Dunia 2022, Timnas Prancis berkesempatan menyamai torehan Italia dan Brasil. Skuat Le Bleus datang ke Qatar dengan status juara bertahan, usai menjuarai Piala Dunia 2018. Mampukah Prancis mempertahankan gelar juaranya di Piala Dunia 2022?

4. Rekor Penantian Terlama Jadi Juara Piala Dunia Lagi

Selain rekor juara Piala Dunia secara beruntun, Italia memiliki sebuah rekor lain yang cukup unik. Italia tercatat sebagai tim juara yang memiliki rentang waktu paling lama untuk kembali tampil sebagai juara.
 
Setelah mempertahankan gelar juara pada Piala Dunia 1938, Italia harus menunggu 44 tahun untuk kembali mengangkat trofi juara. Penantian panjang Italia berakhir pada Piala Dunia 1982 di Spanyol, ketika Dino Zoff dkk mengalahkan Jerman Barat 3-1 di babak final.
 
Pada Piala Dunia 2022, Inggris yang terakhir kali jadi juara pada Piala Dunia 1966 di kandang sendiri (Inggris) berpeluang memecahkan rekor milik Italia. Jika, jadi juara di Qatar, maka skuat Tiga Singa berhasil mengakhiri penantian selama 56 tahun.

5. Rekor Terburuk dari Tuan Rumah Piala Dunia


Termasuk Qatar, selama perhelatan 22 edisi Piala Dunia, sudah ada 17 negara yang jadi tuan rumah. Mereka adalah Uruguay, Italia (2x), Prancis (2x), Brasil (2x), Swiss, Swedia, Cile, Inggris, Meksiko (2x), Jerman (2x), Argentina, Spanyol, Amerika Serikat, Jepang & Korsel, Afrika Selatan dan Rusia.
 
Dari daftar tuan rumah di atas, negara mana yang mencatatkan rekor terburuk di Piala Dunia? Jawabannya adalah Afrika Selatan yang jadi tuan rumah pada Piala Dunia 2010.
 
Afrika Selatan adalah satu-satunya tuan rumah Piala Dunia yang harus tersingkir di fase grup. Selebihnya, negara-negara yang jadi tuan rumah selalu lolos dari fase grup. Pada Piala Dunia 2010, Afsel tersingkir di babak grup setelah mencatatkan rekor sekali menang, sekali imbang dan sekali kalah.
 
Dengan koleksi 4 poin, Afsel sejatinya memiliki poin yang sama dengan Meksiko yang mendampingi Uruguay (juara grup A) untuk lolos dari penyisihan grup. Sayangnya, Afsel kalah dalam urusan selisih gol. Meski begitu, Afsel masih bisa sedikit berbangga karena posisi mereka masih lebih baik dari Prancis yang jadi juru kunci dengan koleksi 1 poin.

 

Halaman Selanjutnya

  6. Rekor Paling Sering…

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *