8 Jenis Investasi Diri Sendiri yang Pas untuk Millenial

8 Jenis Investasi Diri Sendiri yang Pas untuk Millenial

tribunwarta.com – Investasi dalam bentuk uang atau aset wajib hukumnya bagi milenial. Apa yang diinvestasikan saat ini nantinya bisa digunakan untuk menjamin kebutuhan hidup di masa mendatang. Semakin dini investasi dimulai, semakin banyak yang dapat dikumpulkan dan hidup di hari tua menjadi lebih terjamin.

Tapi pada kenyataannya, investasi tidak melulu sebatas uang atau aset. Ada investasi diri sendiri juga yang perlu millennial kumpulkan dari sekarang. Untuk jenis investasinya, simak dalam poin-poin berikut ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!

1. Ilmu pengetahuan

Pertama adalah ilmu pengetahuan yang akan menjadi bekal untukmu menjelajahi dunia. Wajar saja kalau orang tua sering kali menyuruhmu untuk belajar dan banyak membaca agar pengetahuanmu terhadap suatu hal bertambah. Tidak hanya sekedar pelajaran di sekolah saja, tapi juga tentang pengetahuan umum.

Apalagi sekarang semakin banyak wadah yang bisa dimanfaatkan untuk menambah ilmu. Selain buku, kamu bisa memperoleh informasi dari televisi, internet, bahkan sosial media.

2. Kesehatan

Punya banyak ilmu, tapi sakit-sakitan sama saja bohong karena penyakit dapat menghambat produktivitas harianmu. Penting agar kamu selalu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat, tidur yang cukup, dan rajin berolahraga agar tubuh fit.

Jika perlu, rajinlah konsultasi tentang kesehatanmu ke dokter. Kalau ada tanda-tanda penyakit muncul, kamu dapat segera obati sebelum penyakit tersebut bertambah parah.

3. Ketenangan

Berinvestasi dalam hal ketenangan bukan sesuatu yang mudah mengingat banyaknya masalah dalam hidup. Tapi, modal yang dibutuhkan disini cuma bagaimana caramu mengontrol diri, terutama ketakutan agar hidupmu menjadi lebih tenang. Pasalnya kamu sering kali takut pada hal-hal yang mungkin tidak akan terjadi dalam hidupmu.

Fokuslah pada apa yang ada saat ini dan jangan terlalu memikirkan hasi esok. Biarlah hari esok memiliki kesusahannya sendiri, sehingga kamu dapat memikirkan bagaimana cara agar hari ini penuh makna.

4. Pikiran yang positif

Kedengarannya sepele, tapi pikiran positif inilah yang memberikan kebahagiaan dalam hidupmu. Tanpa pikiran positif, hidupmu akan diselimuti oleh rasa takut, keluhan, kegagalan, dan hilangnya semangat untuk melakukan sesuatu. Akibatnya, hidupmu menjadi stuck di titik yang sama karena kamu tidak percaya diri.

Selain kebahagiaan, pikiran positif dapat membangun auramu menjadi lebih positif. Membuatmu dapat berbuat hal-hal baik kepada orang di sekitar, sehingga mereka juga ikut merasakan buah dari pemikiran positif tersebut.

5. Lingkungan yang baik

Proses pembentukan kepribadianmu tidak lepas dari pengaruh lingkungan tempatmu tinggal. Sebisa mungkin tempatkan dirimu di lingkungan yang baik, yang dapat membentukmu menjadi pribadi yang lebih baik di kemudian hari. Di lingkungan yang baik jugalah kamu akan belajar bagaimana cara memaksimalkan kebahagiaan, sehingga kesedihan jauh dari hidupmu.

Sebelum bergabung di suatu lingkungan, pelajari dulu bagaimana budaya dan orang-orang di dalamnya. Kalau memang cocok, kamu boleh memasukkan dirimu di sana.

6. Relasi

Selain karena faktor dari diri sendiri, kesuksesan juga tidak lepas karena pengaruh orang lain. Ya, relasimu jugalah yang terkadang dapat membuatmu menjadi orang lebih sukses. Sekarang renungkan sudah sebaik apakah relasimu dengan orang-orang yang ada di sekitar?

Relasi bukan hanya menjaga hubungan dengan orang-orang yang sudah dikenal, tapi juga yang tidak dikenal. Misalnya orang-orang yang ditemui di jalan, di kafe, restoran, atau bank. Sebab, keberuntungan dan peluang itu justru lebih sering datang dari orang yang tidak kamu kenal.

7. Soft skills

Mengasah hard skills saja tampaknya tidak cukup di era modern ini. Penting juga untuk mengasah soft skills, seperti kemampuan public speaking, analisis masalah, integritas, dan lain-lain sebagai modal untuk menapaki karier yang lebih hebat.

Soft skills dapat diasah dengan berbagai cara, seperti mengikuti pelatihan, bimbingan, les, atau komunitas tertentu yang sejalan dengan skill kamu. Setidaknya disini kamu akan dipertemukan dengan orang-orang hebat yang senantiasa mendorongmu untuk menggali soft skill menjadi lebih baik lagi.

8. Pengalaman

Pengalaman adalah guru terbaik yang tidak kelihatan. Dari pengalaman, kamu akan belajar banyak hal yang tidak dipelajari di sekolah. Tidak hanya bagaimana cara mengubah yang salah menjadi benar, tapi pengalaman juga membentukmu menjadi pribadi lebih dewasa.

Semakin banyak pengalaman yang dimiliki, semakin mampu pula kamu untuk menghadapi ketidakpastian dalam hidup. Makanya jangan pernah capek untuk mencoba hal-hal baru karena dari sanalah pengalaman kerap kali muncul.

Perbanyak Investasi untuk Diri Sendiri

Semakin banyak investasi yang dimiliki, semakin baik pula kehidupanmu di hari esok. Makanya jangan henti-hentinya mengumpulkan investasi demi kebaikanmu, ya! Tidak hanya dalam bentuk uang atau aset, tapi juga delapan poin investasi diri sendiri seperti yang dijelaskan di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!