7 Tren dan Peluang Usaha Baru 2020 yang Laris Manis

7 Tren dan Peluang Usaha Baru 2020 yang Laris Manis

tribunwarta.com – Apa sih peluang usaha baru yang akan laris manis di tahun 2020 ini? Bisnis seperti apakah yang bisa menjanjikan keuntungan dan sesuai dengan tren di tahun baru ini?

Anda para pebisnis pastinya penasaran kan? Mari simak dalam artikel Finansialku berikut ini!

Rubrik Finansialku

Peluang Usaha Baru Tahun 2020

Banyak yang menghindari usaha atau bisnis saat ini, karena kemungkinan gagal yang cukup besar. Sebuah studi membuktikan bahwa 8% bisnis cenderung gagal pada 2 tahun pertama sejak dibuka.

Adapun alasan bisnis sering gagal adalah karena ramainya persaingan, sehingga jika produk atau jasa yang ditawarkan tidak memiliki kelebihan dan kalah bersaing.

Padahal, bisnis merupakan salah salah satu cara sederhana dalam menambah pemasukan. Di samping bekerja atau menjadi freelance, bisnis memberi peluang keuntungan lebih besar.

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

Namun untuk bisa sukses, dibutuhkan beberapa tips dan trik dalam berbisnis, antara lain:

    Melakukan riset untuk mengetahui apakah ide Anda memiliki potensi untuk sukses.

    Membuat Perencanaan bisnis (business plan)

    Membuat perencanaan keuangan sederhana

    Menentukan kebutuhan sumber daya manusia (SDM)

    Mempersiapkan strategi pemasaran

Poin pertama adalah menentukan apakah ide Anda berpotensi sukses atau tidak. Dengan kata lain, penting untuk memilih usaha yang menjanjikan untuk dapat meraih kesuksesan.

Apa saja sih peluang usaha baru yang bisa direalisasikan jadi usaha yang menjanjikan di tahun 2020 ini? Finansialku telah merangkum beberapa jenisnya berikut ini.

#1 Makanan Sehat: Jus, Makanan Diet dan lainnya

Salah satu trend industri kuliner tahun ini adalah makanan sehat yang menunjukan keseriusan tinggi dalam kesehatan dan nutrisi.

Restoran atau catering seperti ini biasanya menggunakan bahan-bahan pilihan yang sehat dan penuh nutrisi dan mengincar konsumen yang juga mengutamakan kesehatannya daripada mayoritas orang lainnya (Nutrition-conscious Customers)

[Baca Juga: Menyusun Daftar Menu Makanan Sehat dan Hemat Untuk Keluarga]

Sebagai contoh adalah restoran yang menawarkan menu “diet mayo” dimana makanan-makanannya rendah lemak dan bernutrisi, tepat bagi mereka yang ingin diet.

Contoh lainnya adalah restoran yang memiliki spesialisasi bagi pelanggan yang memiliki pantangan makanan, misalnya saja makanan bebas gula bagi penderita diabetes.

#2 Kudapan Kekinian

Jika Anda memiliki kreatifitas tinggi, maka usaha kedua ini sangat cocok bagi Anda. Anda bisa menciptakan kudapan klasik yang diberi sentuhan kekinian sehingga memancing pasar untuk mencobanya.

Sebagai contoh, kini banyak minuman baru yang semakin unik dan memberikan sensasi rasa baru bagi konsumen.

[Baca Juga: Begini Cara Memulai Usaha Kuliner Kekinian Bagi Pemula]

Contohnya adalah kopi susu gula aren, cheese milk tea, martabak samyang, dan masih banyak lagi.

Jika Anda memiliki jiwa kreatif dan tertarik berbisnis kuliner, kudapan kekinian diprediksi masih akan menguasai pasar pada tahun 2020 ini. Yuk dicoba!

#3 Usaha Laundry

Tak jarang pasangan masa kini bekerja dan rumah menjadi berantakan serta tak terurus. Dengan demikian, solusi praktis kerap menjadi pilihan. Misalnya saja laundry, tentunya akan sangat dicari bukan?

Namun umumnya dibutuhkan modal yang cukup besar dalam mengelola usaha laundry, sehingga pertimbangkan baik-baik pendanaannya.

Anda membutuhkan mesin cuci yang banyak, dryer, setrika (atau setrika uap), hingga tenaga kerja yang bisa menyetrika pakaian (mengingat belum ada mesin setrika yang beredar umum).

#4 Jasa Kecantikan: MUA, Sulam Alis, dll

Siapa sih yang tidak tahu jasa kecantikan yang sedang trend dewasa ini? Ya, betul sekali, kini teknologi kecantikan terus berkembang dan membuka peluang usaha baru bagi banyak orang.

[Baca Juga: Mau Untung Besar di Bisnis Waralaba Kesehatan & Kecantikan? Baca Dulu Informasinya]

Jika dahulu hanya ada makeup artist (MUA) dan salon kecantikan, kini ada banyak teknologi yang menyebabkan terbukanya peluang usaha baru. Sebut saja beberapa contohnya yakni:

    sulam alis, bibir, BB glow, dan sebagainya

    extension atau lash lift yang bisa menimbulkan kesan natural semi permanen (bisa dipakai mandi dan beraktivitas)

    Filler semi permanen (sejenis botox namun akan terserap tubuh dalam jangka waktu tertentu) atau tanam benang untuk meniruskan wajah dan menekankan bagian tertentu dalam wajah.

Bagaimana? Banyak sekali kan teknologi kecantikan yang bisa Anda jadikan usaha di tahun 2020 ini? Terlebih lagi dengan keterampilan yang bagus, Anda pasti dilirik deh oleh para pencari jasa kecantikan ini.

#5 Tempat Nongkrong, Kafe atau Coworking Space

Kalau zaman dahulu, orang ingin memulai bisnis selalu memikirkan untuk sewa ruko atau rukan. Zaman sekarang ada solusi baru yang disebut coworking space.

Coworking space adalah properti yang disewakan untuk kerja dengan fasilitas-fasilitas yang mendukung, seperti internet, telepon, fax, ruang rapat, bantuan administrasi dan lain sebagainya.

[Baca Juga: 7 Wisata Alam Bandung, No 4 Paling Enak untuk Nongkrong]

Ibarat kalau mahasiswa tinggal di rumah kos, nah kalau pebisnis bisa mulai dari coworking space. Satu kantor atau satu ruangan digunakan oleh beberapa perusahaan sekaligus. Keren bukan?

#6 Freelance atau Bisnis Online

Membuka sebuah bisnis online yang sukses atau menjadi freelancer bukanlah langkah yang mudah. Namun dengan bantuan internet, kini Anda dapat mencapai kebebasan finansial sambil bersantai di rumah daripada pergi ke kantor di pagi hari setiap harinya.

[Baca Juga: 10 Tips Sukses Freelance Supaya Cepat Jadi Orang Kaya]

Jika Anda memiliki keterampilan tertentu namun tidak memiliki waktu penuh untuk menyalurkannya, mungkin bekerja paruh waktu menjadi salah satu solusinya.

Banyak perusahaan yang lebih memilih untuk menggunakan jasa pekerja paruh waktu belakangan ini, karena lebih praktis dan biayanya lebih murah.

#7 Jasa Penitipan Anak (Day Care)

Karena perkembangan ekonomi, umumnya saat ini pasangan harus sama-sama bekerja untuk bisa memenuhi kebutuhan rumah tangganya. Karena alasan inilah banyak pasangan yang sama-sama bekerja atau berbisnis.

Akibatnya buah hatinya biasa terlantar, dan mereka berusaha semaksimal mungkin agar hal itu tidak terjadi.

[Baca Juga: 5 Tips Mengenalkan Investasi pada Anak, Sederhana dan Mudah!]

Misalnya saja dengan mencari jasa penitipan anak yang terjamin untuk menitipkan buah hati mereka selama jam kerja.

Nah, ini juga bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan nih sekarang ini. Jangan ragu membuka jasa penitipan anak dengan pekerja yang memang ahli di bidangnya .

Jangan Takut Memulai Usaha/ Bisnis

Dengan berbagai benefit yang ditawarkan bisnis ketimbang kerja, sudahkah Anda tertarik untuk mencobanya? Dengan langkah yang tepat, Anda dapat meminimalisasi risiko dan mencapai kebebasan finansial dengan cepat dan mudah melalui jalan ini.

Jangan sia-siakan tenaga dan kemampuan Anda untuk bekerja hingga tua tanpa mencapai kebebasan finansial. Mulailah sekarang dan raihlah tujuan Anda!

Apakah Anda memiliki usulan peluang usaha baru 2020 lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

Sumber Referensi:

    Asep Irwan. 27 September 2017. 5 Peluang Usaha dengan Prospek Menjanjikan dan Minim Pesaing. Uangonline.com – https://bit.ly/3b2LUYl

    Jordi Farhansyah. 26 Desember 2019. 15 Tren Bisnis Kuliner yang Masih Akan Booming pada 2020. Blog.mokapos.com – https://bit.ly/2ue8TPG

    Admin. 11 Daftar Peluang Usaha yang Menjanjikan 2020 Pilihan Terbaik. Dokterbisnis.net – https://bit.ly/2UjKeUp

Sumber Gambar:

    Bisnis 01 – https://bit.ly/2OoIXYr

    Bisnis 02 – https://bit.ly/2Un0CUa

    Bisnis 03 – https://bit.ly/2GQYtYS

    Bisnis 04 – https://bit.ly/37U38Fs

    Bisnis 05 – https://bit.ly/2tsrmrq

    Bisnis 06 – https://bit.ly/2GRiU81

    Bisnis 07 – https://bit.ly/2RWaHWN

    Bisnis 08 – https://bit.ly/390yYQY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!