7 Fakta Low Tuck Kwong, Orang Terkaya RI yang Geser Hartono Bersaudara

7 Fakta Low Tuck Kwong, Orang Terkaya RI yang Geser Hartono Bersaudara

tribunwarta.com – JAKARTA, Pengusaha batu bara Low Tuck Kwong menggeser Hartono bersaudara dari posisi orang terkaya Indonesia. Kekayaannya melonjak tinggi karena meroketnya saham emiten batu bara miliknya, PT Bayan Resources Tbk (BYAN).

Dikutip dari sejumlah sumber, berikut 7 fakta Low Tuck Kwong, orang terkaya Indonesia yang menggeser Hartono bersaudara:

1. Kekayaan Low Tuck Kwong

Berdasarkan data Real Time Billionaires Forbes, kekayaan pengusaha 74 tahun ini sebesar 30,7 miliar dolar AS atau Rp480,5 triliun. Sementara kekayaan Robert Budi Hartono 22,4 miliar dolar AS atau Rp350,6 triliun, dan Michael Hartono 21,5 dolar AS atau Rp336,5 triliun.

2. Sumber Kekayaan Low Tuck Kwong

Adapun sumber kekayaan Low Tuck Kwong berasal dari emiten batu bara yang dimilikinya, yakni Bayan Resources. Selain sebagai pendiri dan CEO, Low Tuck juga pemegang saham mayoritas emiten tersebut, dengan kepemilikan mencapai 60,93 persen saham.

Selain itu, pengusaha kelahiran Singapura ini juga mengendalikan perusahaan energi terbarukan Singapura Metis Energy, dan punya peran di The Farrer Park Company, Samindo Resource, dan Voksel Electric serta SEAX Global.

SEAX Global membangun sistem kabel bawah laut untuk konektivitas internet yang menghubungan tiga negara, yakni Singapura, Indonesia, dan Malaysia.

3. Konglomerat dengan Kenaikan Kekayaan Tertinggi

Low Tuck Kwong merupakan konglomerat Indonesia dengan kenaikan kekayaan tertinggi. Forbes sebelumnya merilis, lima konglomerat dengan kenaikan kekayaan tertinggi tahun ini.

Semua konglomerat tersebut berasal dari Asia. Berdasarkan data Forbes per 9 Desember 2022, konglomerat dengan kenaikan kekayaan tertinggi pertama adalah Gautam Adani dari India dengan kenaikan 55,1 miliar dolar AS. Di tempat kedua, Low Tuck Kwong dengan kenaikan kekayaan 16 miliar dolar AS, kemudian Colin Zheng Huang dari China dengan kenaikan kekayaan 11,1 miliar.

Sementara di posisi keempat adalah Wu Yiling, yang juga dari China, dengan kekayaan meningkat 4,1 miliar dolar AS. Adapun posisi kelima pengusaha dari India, Ravi Jaipuria dengan kenaikan kekayaan 3,9 miliar dolar AS.

Editor : Jujuk Ernawati

Follow Berita iNews di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!