6 Tips Sukses Memulai Bisnis Gorengan

6 Tips Sukses Memulai Bisnis Gorengan

tribunwarta.com – Gorengan merupakan salah satu jenis camilan lokal yang paling digemari masyarakat. Terbukti di setiap daerah dan sudut kota penjaja gorengan mudah ditemukan.

Pasarnya memang begitu luas, mulai dari anak kecil hingga dewasa, bahkan dari segala macam profesi menyukai gorengan.

Oleh karena itu, peluang bisnisnya pun menjanjikan. Modalnya tidak perlu besar dan bisa dimulai dari konsep yang sangat sederhana.

Mungkin banyak dari Anda yang ingin memulai bisnis gorengan , tapi masih belum tahu cara memulainya. Berikut ini beberapa tips untuk sukses memulai bisnis gorengan.

1. Tentukan Varian Produk

Usaha gorengan biasanya akan menjajakan berbagai jenis gorengan, mulai dari tahu, tempe, pisang, bakwan, combro, dan lainnya. Semakin banyak varian yang disediakan, akan semakin menarik perhatian konsumen.

Anda juga dapat memulai dari keahlian yang dimiliki. Misalnya Anda lebih ahli membuat bakwan atau pisang goreng, maka fokus usaha bisa dengan memperbanyak varian tersebut.

2. Wadah dan Medium Penjualan Tidak Harus Mewah

Menjual gorengan dengan menggunakan boks sederhana atau kertas adalah sesuatu yang sudah umum.

Jika masih terbatas dalam hal budget, Anda bisa mengikuti standar tersebut untuk menyesuaikan modal.

Medium jualan juga tidak harus mewah. Gunakan rak sederhana atau gerobak untuk menjajakan produk.

Hal ini karena konsumen yang mencari gorengan, biasanya tidak terlalu memperhatikan estetika tempat penjualannya.

3. Beri Nama atau Merek untuk Usaha

Banyak sekali penjaja gorengan di luaran yang tidak memiliki nama. Padahal, merek atau nama dari usaha sangat penting agar mudah diingat oleh pelanggan.

Walaupun usaha yang dirintis sederhana, penting memberikan nama untuk usaha gorengan agar lebih menarik perhatian dan mudah diingat konsumen jika ingin membeli kembali.

Pemilihan nama juga bisa dimulai dengan produk unggulan yang paling banyak diminati.

4. Ciptakan Inovasi untuk Kembangkan Produk Gorengan

Selalu lakukan pengembangan produk. Kreasikan produk yang sudah ada atau ciptakan varian baru dari gorengan yang Anda sediakan. Misalnya, kembangan produk pisang goreng dengan berbagai topping atau membuat bakwan dengan campuran sosis atau ayam.

Inovasi menu akan membuat usaha Anda yang sederhana semakin menarik di mata konsumen. Semakin unik akan semakin menarik pelanggan yang baru ingin mencoba.

5. Pilih Lokasi yang Strategis

Cari dan pilih tempat atau lokasi yang dekat dengan target pasar Anda. Biasanya, gorengan akan laku dibeli pekerja, mahasiswa, atau masyarakat umumnya, jadi pilih lokasi yang dekat dengan fasilitas publik, seperti perumahan, daerah pelajar, dan perkantoran.

6. Sediakan Layanan Pembelian Online

Saat ini, sistem digital sudah digunakan oleh banyak usaha makanan. Meskipun usaha goreng terbilang sederhana, Anda bisa menggunakan layanan platform online untuk menjangkau pembeli lebih luas, termasuk untuk memberikan kesan naik kelas.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat . Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!