6 Penyebab Bisnis Tidak Berkembang, dan Cara Mengatasinya

6 Penyebab Bisnis Tidak Berkembang, dan Cara Mengatasinya

tribunwarta.com – JAKARTA – Jika bisnis kecil Anda sedang mengalami banyak kendala dan tidak berkembang, bisa jadi Anda tidak melakukan pemasaran secara efektif, tidak menetapkan harga produk atau layanan dengan benar, atau Anda belum maksimal memberikan layanan kepada pelanggan.

Untuk memastikan hal ini tidak terjadi, melansir dari Entrepreneur berikut enam alasan mengapa bisnis Anda sulit untuk berkembang. Simak ulasannya.

1. Anda tidak melacak data yang benar

Melacak keuangan perusahaan Anda adalah salah satu langkah terpenting yang dapat Anda ambil untuk membuat keputusan bisnis yang cerdas . Jika Anda tidak mencermati angkanya, bisa saja Anda telah melewatkan peluang pertumbuhan atau bahkan tidak mengenali bahwa ada sesuatu yang salah.

Sehingga, Anda harus terus menghitung margin keuntungan, menganalisis indikator kinerja utama, lacak skor kepuasan pelanggan setiap bulan dan simpan catatan dan saldo terperinci setiap saat

2. Anda tidak memprioritaskan tugas yang tepat

Ketika Anda menjalankan bisnis kecil, rasanya waktu 24 jam tidak pernah cukup. Namun jika Anda tidak memprioritaskan tugas dengan benar, perusahaan Anda akan terus mengalami hal yang stagnan.

Pastikan Anda mendelegasikan pekerjaan Anda dengan benar, sehingga Anda tetap memiliki waktu bersantai. Karena, jika Anda terus menerus bekerja, bukan tidak mungkin Anda mengalami burn out. Sehingga, performa kinerja Anda menurun. Tidak ada yang mau berbisnis dengan seseorang yang tidak terorganisir dan stres. Dan jika segala sesuatunya tidak berjalan baik untuk Anda, itu juga merupakan tanda bahaya bagi mereka.

3. Tidak melakukan pemasaran dengan maksimal

Tentu, Anda menghasilkan uang sekarang. Tapi bagaimana dengan masa depan? Jika Anda tidak memiliki rencana untuk memasarkan produk atau layanan Anda di tahun-tahun mendatang, itu bisa hilang sebelum Anda menyadarinya. Ini bukan hanya tentang postingan dan iklan media sosial; ini juga tentang menjangkau pelanggan potensial baru dan pergi ke tempat mereka berada.

Jadi, susun rencana pemasaran yang mencakup media sosial, pengoptimalan mesin telusur, beriklan di Google Adwords , produksi video, dan taktik online lainnya yang dapat Anda gunakan untuk membuat lebih banyak orang tertarik dengan bisnis Anda.

4. Produk Anda tidak cukup menarik

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu berapa banyak produk yang Anda jual. Jika Anda menjual secara online , ada banyak alat analitik yang dapat membantu Anda mengetahuinya, atau tim layanan pelanggan Anda dapat membantu. Jika ternyata Anda perlu menjual lebih banyak, langkah selanjutnya adalah mencari tahu alasannya. Apakah rencana pemasaran Anda sudah ketinggalan zaman?

Jika Anda menemukan bahwa Anda menjual lebih sedikit karena pelanggan tidak tahu tentang produk Anda, pastikan orang tahu apa yang tersedia untuk mereka dengan mengirimkan email yang ditargetkan dan membuat postingan di situs media sosial seperti Facebook dan Twitter. Di sisi lain, jika mereka tidak membeli karena menganggap harga Anda terlalu tinggi, coba untuk turunkan.

5. Anda pasif

Salah satu penyebab bisnis tidak berkembang, karena Anda tidak aktif memperluas jangkauan Anda. Berikut adalah beberapa cara untuk menskalakan dengan cepat, bermitra dengan perusahaan lain di industri Anda, membangun networking bersama mentor bisnis, menghadiri konferensi dan pameran dagang, dan gabung ke komunitas, di mana Anda menargetkan pelanggan, sehingga Anda tahu soal kebutuhan pasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!