5 Tahap Bikin Sate Kambing Anti Alot Anti Bau yang Nagih

5 Tahap Bikin Sate Kambing Anti Alot Anti Bau yang Nagih

tribunwarta.com – Sate kambing menjadi resep yang diminati banyak orang. Sayangnya tekstur yang alot dan bau kambing yang menyengat membuat orang malas membuatnya.

Padahal, ada cara yang bisa dilakukan agar sate kambing yang Anda buat tidak alot dan berbau.

Rubrik Finansialku

Sate Kambing Nikmat

Siapa yang meragukan kenikmatan dari sate kambing? Hampir semua orang setuju bahwa sate kambing adalah makanan yang nikmat. Apalagi jika disajikan bersama nasi putih hangat dan dimakan bersama keluarga.

Selain itu, daging kambing juga memiliki berbagai manfaat. Misalnya untuk mencegah anemia, penyakit ginjal, stroke, hingga menghindari depresi.

[Baca Juga: 5 Jenis Resep Ayam Kecap yang Murah dan Mudah]

Sayangnya, tidak semua orang bisa mengolah daging kambing dengan tepat. Sehingga, sate kambing yang disajikan masih suka terasa alot atau bahkan bau kambingnya masih tersisa.

Padahal, jika dilakukan dengan tepat, daging kambing bisa diolah menjadi sate yang lezat, empuk, dan tidak bau.

Bagi Anda yang penasaran, kali ini Finansialku akan membagikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat sate kambing yang nikmat.

#1 Persiapkan Bahan yang Diperlukan

Sebelum mulai membuat sate kambing, pastikan Anda sudah menyiapkan seluruh bahan yang diperlukan. Secara umum, ada dua bahan yang perlu Anda siapkan, yaitu bahan sate dan bahan bumbu kacang.

Bahan Sate:

    500 gram daging kambing

    20 buah tusuk sate yang telah direndam air

    Air kelapa secukupnya

Bahan Bumbu Kacang:

    250 gram kacang tanah yang sudah digoreng

    10 siung bawang putih

    4 butir kemiri

    6 sdm bawang goring

    Garam sesuai selera

    Kecap manis sesuai selera

    Gula merah sesuai selera

    Minyak goreng secukupnya

#2 Rendam Daging Kambing Dengan Air Kelapa

Jika Anda ingin mendapatkan daging kambing yang empuk dan tidak bau, Anda memerlukan air kelapa untuk merendam daging kambing sebelum diproses.

Cara ini akan membantu Anda menghilangkan bau tidak sedap yang biasa ada pada daging kambing.

Rendam daging kambing yang akan Anda olah ke dalam air kelapa. Lalu biarkan kurang lebih selama 30 menit.

Selain dapat menghilangkan bau tidak sedap pada daging, cara ini juga membuat daging kambing menjadi lebih empuk dan rasanya juga akan menjadi lebih enak.

#3 Potong Daging dalam Bentuk Dadu

Setelah merendam daging selama 30 menit di dalam air kelapa, Anda bisa mulai menyiapkan dagingnya untuk diolah menjadi sate. Potong-potong daging kambing yang Anda siapkan dalam bentuk dadu atau kubus.

Bentuk ini akan membuat Anda lebih mudah menusukkan daging kambing ke tusuk sate. Idealnya, setiap tusuk sate bisa Anda isi dengan 4-5 daging kambing yang telah dipotong dadu.

Lakukan hal ini sampai seluruh daging yang telah Anda siapkan habis.

#4 Buat Bumbu Kacang

Setelah itu, Anda bisa mulai menyiapkan bumbu kacang sebagai pelengkap. Caranya dengan menghaluskan seluruh bahan bumbu kacang. Anda bisa menggunakan ulekan atau pun menggunakan blender agar lebih mudah.

Setelah seluruh bumbu menjadi halus, siapkan wajan yang telah Anda isi minyak secukupnya. Panaskan minyak sebentar, lalu masukkan bumbu yang telah Anda haluskan tadi.

Tuang garam dan air secukupnya sesuai dengan selera Anda. Lalu masak hingga matang. Sisihkan bumbu kacang yang telah Anda buat tadi sebagai bumbu siram.

#5 Bakar Sate Hingga Matang

Setelah bumbu kacang selesai dibuat, bagi dua bumbu kacang tersebut. Satu bagian akan Anda gunakan sebagai bumbu siram setelah sate matang.

Sementara satu bagian lainnya Anda oleskan pada sate kambing yang masih mentah. Pastikan Anda mengoleskannya secara merata.

Bakar sate di atas api atau arang. Akan lebih enak jika Anda sambil mengoleskan saus sedikit demi sedikit sambil membakar satenya. Dengan begitu, bumbu sate akan lebih meresap.

Jika sate sudah matang secara menyeluruh, angkat dan sajikan di atas piring. Anda bisa menyiram saus kacang secukupnya di atas sate. Atau menikmatinya bersama nasi putih hangat dan sambal.

Sate Kambing Saus Kecap

Jika Anda tidak terlalu suka sate kambing dengan saus kacang, Anda juga bisa membuatnya dengan saus kecap. Untuk membuatnya, Anda perlu menyiapkan bumbu saus kecapnya terlebih dahulu, yaitu:

    10 siung bawang merah, iris halus

    15 buah cabai rawit, iris halus

    5 sdm kecap manis

    1 sdt merica bubuk

    2 sdm air jeruk limau

Untuk membuat sate kambing saus kecap sebenarnya hampir sama dengan saus kacang. Setelah selesai membuat bumbu kecap, jangan lupa untuk membaginya menjadi dua bagian. Satu bagian akan Anda gunakan sebagai olesan untuk daging yang masih mentah.

Jangan lupa juga untuk membakar sate sambil mengoleskan sisa bumbu hingga daging benar-benar matang.

[Baca Juga: Aneka Resep Sederhana Makanan Khas Korea yang Halal dan Lezat]

Kemudian, sajikan sate kambing bersama dengan bumbu kecap yang telah Anda buat.

Sate kambing bumbu kecap ini cocok untuk Anda yang menyukai makanan ini dengan bumbu yang lebih ringan dan segar.

Cara Membuat Sate Empuk dan Tidak Bau Lainnya

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada daging kambing atau pun untuk membuat dagingnya empuk.

Selain dengan cara direndam dengan air kelapa, Anda juga bisa membuat dagingnya empuk dengan cara merebusnya lebih dulu.

Selain itu, jika Anda menginginkan sate kambing yang benar-benar empuk, Anda bisa memilih daging kambing muda untuk diolah. Yaitu daging dari kambing berusia 5 bulan ke bawah.

Kambing dalam usia tersebut memiliki tekstur daging yang lebih lembut dan lunak.

Di pasaran, harga sate kambing yang menggunakan daging kambing muda relative lebih mahal dibandingkan sate pada umumnya.

Karena tekstur daging kambing muda yang lembut memang membuat siapapun ketagihan ingin mencobanya.

Ada pula yang mengatakan, untuk menjaga daging kambing tidak menjadi alot, sebaiknya Anda tidak mencuci daging kambing dengan menggunakan air. Atau dengan membungkus daging kambing dengan daun pepaya terlebih dulu.

Sudah sejak lama daun pepaya terbukti ampuh untuk membuat tekstur daging kambing menjadi lebih empuk.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat sate kambing. Selain resep tersebut, Anda juga bisa berkreasi dengan resep Anda sendiri. Selamat mencoba!

Nah, itu dia tahap-tahap membuat sate kambing yang enak, tidak alot dan tidak berbau. Anda bisa bagikan pengalaman Anda memasak makanan ini melalui kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa bagikan artikel ini pada rekan-rekan Anda supaya makanan ini bisa disantap bersama-sama.

Sumber Referensi:

    Prila Arofani. 12 Agustus 2019. Resep Membuat Sate Kambing yang Empuk dan Gak Bau. Idntimes.com – http://bit.ly/2NMEuPn

    Yuk, Cobain 5 Resep Sate Kambing Anti Alot Ini [Pasti Nagih]. Notepam.com – http://bit.ly/37hzlqq

Sumber Gambar:

    Kambing 01 – http://bit.ly/37786yG

    Kambing 02 – http://bit.ly/355uvKY

    Kambing 03 – http://bit.ly/32RWqwi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!