5 Pendiri Perusahaan Terkenal Dunia yang Jarang Muncul ke Publik, Ada Pencipta Instagram

5 Pendiri Perusahaan Terkenal Dunia yang Jarang Muncul ke Publik, Ada Pencipta Instagram

tribunwarta.com – JAKARTA, Inilah para pendiri perusahaan terkenal dunia yang jarang muncul ke publik. Meski masuk jajaran orang terkaya di dunia, potret para pendiri brand raksasa ini jarang muncul di pemberitaan.

Para pendiri perusahaan ternama ini tidak Elon Musk dengan Tesla, Bill Gates dengan Microsoft, Steve Jobs dengan Apple, Mark Zuckerberg dengan Facebook, atau Jack Ma dengan Alibaba yang sering terekspos publik.

Mereka bahkan seolah-olah misterius dan tidak ingin kehidupan pribadinya terlalu menjadi konsumsi masyarakat luas.

Siapa saja para pengusaha kaya raya dunia yang sangat jarang muncul ke publik? Berikut daftarnya dirangkum oleh , Senin (26/12/2022).

1. Amancio Ortega – Zara

Amancio Ortega Gaona adalah pebisnis asal Spanyol yang sukses dengan perusahaan fesyen dengan brand Zara. Pada awal tahun 1970-an, Amancio Ortega memulai langkahnya dengan membuat usaha piyama serta jubah mandi bersama sang istri di ruang tamu rumah.

Mereka kemudian mendirikan toko pertamanya di La Coruna, Spanyol pada tahun 1975. Siapa sangka, toko pakaian tersebut berkembang sangat pesat lantaran selalu menghadirkan mode pakaian instant.

Kini, Zara bisa dibilang sebagai flagship store berkelas. Namun, sosok atau pribadi Amancio Ortega tidak dikenal secara luas. Salah satu orang terkaya di dunia itu memilih hidup tertutup dan tidak banyak tersorot media.

2. Phil Knight dan Bill Bowerman – Nike

Nike tentu saja sudah dikenal luas sebagai salah satu produk sepatu berkelas dunia. Brand tersebut lahir dari Bill Bowerman dan Phill yang dulunya kesulitan mendapatkan sepatu lari berkualitas pada tahun 1960-an.

Diketahui, Bill merupakan pelatih lari dari Phill yang semula adalah seorang olahragawan atletik. Keduanya sempat menjual sepatu sneaker dari Jepang dengan perusahaan yang bernama Blue Ribbon Sports.

Namun, mereka akhirnya kesulitan memperoleh pemasok sepatu dari Jepang lagi hingga akhirnya memutuskan membuat sepatu sneaker sendiri yang didesain oleh Bill. Pada tahun 1978, berdirilah perusahaan yang kini sangat terkemuka dengan brand yang diberi nama Nike.

Pada 3 Oktober 2022, Knight menduduki peringkat Forbes sebagai orang terkaya ke-27 di dunia, dengan perkiraan kekayaan bersih sebesar USD35,2 miliar. Namun, kehidupan pengusaha tua itu sangat jarang terekspos ke publik.

3. Howard Schultz – Starbucks

Howard Schultz sejatinya bukan penemu nama Starbucks. Namun, kesuksesan gerai kopi asal Amerika itu bermula dari dirinya.

Starbucks semula hanya menjual biji kopi pada tahun 1971 di Seattle. Schultz lalu membeli perusahaan itu pada tahun 1987 dan mengembangkan bisnisnya untuk mendirikan gerai minum kopi yang disukai kaula muda.

Starbucks kini menjadi salah satu kedai kopi paling populer di dunia. Namun, Howard Schultz sendiri adalah orang yang tertutup dan jarang sekali muncul ke khalayak.

4. Larry Page dan Sergey Brin – Google

Google tentu saja menjadi perusahaan internet paling terkemuka saat ini. Google menjadi mesin pencari paling populer sejagat yang telah lama mendepak pendahulunya, Yahoo.

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1996. Keduanya saat ini menjadi salah satu pengusaha terkaya di dunia. Sayangnya, kehidupan pribadi Larry Page dan Sergey Brin sama-sama sulit dikulik. Bahkan, kegiatan keduanya sehari-hari pun terbilang sulit diendus media.

Editor : Komaruddin Bagja

Follow Berita iNews di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!