5 Kloter Awali Fase Pemulangan Jemah Haji Gelombang Kedua

5 Kloter Awali Fase Pemulangan Jemah Haji Gelombang Kedua

Madinah: Fase pemulangan jemaah haji Indonesia gelombang kedua dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah dimulai pada Sabtu, 30 Juli 2022. Ada lima kelompok terbang (kloter) yang akan berangkat untuk pemulangan. 
 
“Dini hari nanti, kita akan mulai memulangkan jemaah haji dari Madinah ke Tanah Air,” ujar Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Amin Handoyo, Jumat, 29 Juli 2022.
 
Menurut Amin, ada lima kloter jemaah haji yang akan berangkat pada hari pertama pemulangan. Mereka ialah, Kloter 24 Embarkasi Jakarta-Pondokgede (JKG) yang akan terbang pukul 04.30 waktu Arab Saudi (WAS).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian Kloter 8 Embarkasi Medan (MES) pasa pukul 07.10 WAS, dan Kloter 5 Embarkasi Aceh (BTJ) pukul 08.50 WAS. Selanjutnya, Kloter 22 Embarkasi Solo (SOC) pada pukul 14.10 WAS, dan Kloter 3 Embarkasi Makassar (UPG) pada pukul 16.50 WAS.
 
Proses penimbangan koper bagasi jemaah haji dilakukan sejak dua hari sebelum kepulangan. Amin mengingatkan agar jemaah mematuhi ketentuan terkait barang bawaan yang dilarang dimasukkan dalam koper bagasi. 
 
Dia menerangkan ketentuan berat maksimal koper bagasi, tas kabin, serta barang bawaan antara pemulangan melalui Jeddah maupun Madinah tidak berbeda. Jemaah tidak diperkenankan memasukkan air zamzam ke dalam koper bagasi.
 
“Jadi, jemaah dimohon mematuhi ketentuan sehingga kepulangan jemaah beserta barang bawaannya berjalan lancar, jangan sampai ada barang yang tercecer,” jelas dia.
 

Selain memulangkan jemaah ke Tanah Air, lanjut Amin, Daker Madinah juga masih menerima kedatangan jemaah haji gelombang kedua dari Makkah. Hingga kini ada 29.413 jemaah yang diberangkatkan dari Makkah dan tiba di Madinah. Mereka tergabung dalam 74 kloter.
 
“Konsentrasi jemaah haji Indonesia saat ini beralih ke Madinah. Mereka saat ini tengah menjalani ibadah Arbain sembari menunggu jadwal kepulangan,” tutur Amin.
 
Dia berharap jemaah tetap menjaga kondisi fisik. Yakni dengan memperbanyak minum dan tidak memaksakan diri dalam beraktivitas selama di Madinah.
 
“Apalagi, cuaca di Madinah relatif lebih panas. Semoga semua jemaah sehat hingga kembali ke Tanah Air dan mabrur. Aamiin,” ucap dia.
 
Proses kedatangan jemaah haji dari Makkah ke Madinah akan berlangsung sampai 4 Agustus 2022. Sementara untuk kepulangan jemaah haji dari Madinah ke Tanah Air akan berakhir pada 13 Agustus 2022.
 

(LDS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *