5+ Jenis Kemeja Pria yang Wajib Kamu Punya Beserta Tips Pemakaiannya!

5+ Jenis Kemeja Pria yang Wajib Kamu Punya Beserta Tips Pemakaiannya!

tribunwarta.com – Pria zaman modern perlu semakin percaya diri dengan gaya berbusana yang semakin kekinian. Segera koleksi jenis-jenis kemeja pria yang perlu kamu miliki di lemari bajumu.

Selamat membaca!

Rubrik Finansialku

Kemeja Pria Menambah Percaya Diri

Di era modern saat ini, fashion semakin berkembang, termasuk style fashion para pria.

Jika di era sebelumnya para kaum adam cenderung tidak terlalu berani bermain dengan warna terang bahkan bercorak lebih kental, berbeda halnya dengan era modern saat ini.

Style fashion para pria kini semakin bervarian dan semakin berkembang mengikuti tren.

Ada banyak perkembangan ragam model dan jenis dari gaya busana para pria.

Dari yang paling umum dikenakan adalah kemeja, atasan yang memiliki kesan rapi yang dapat dikombinasikan dengan berbagai model bawahan apapun, entah itu berbahan jeans ataupun kain katun.

Dengan kombinasi pakaian yang selaras dengan kepribadian dan juga kegiatan yang dilakukan, fashion berperan serta dalam menggambarkan karakter seseorang.

Selain itu, tampilan luar atau fashion seseorang kini semakin mempengaruhi kepercayaan diri bagi mereka yang berani untuk memadupadankan gaya berbusana tapi juga disesuaikan dengan jenis kegiatan.

Misalnya, ketika pergi ke acara formal, tentu kamu perlu mengenakan pakaian formal atau semi formal yang lebih pantas ketimbang mengenakan pakaian liburan seperti kemeja berbahan kain flanel.

Bagi kamu para pria yang tidak terlalu tahu bagaimana memadupadankan pakaian kamu sesuai dengan kegiatan, berikut ini beberapa tips dan juga informasi mengenai jenis kemeja pria yang wajib kamu miliki agar tetap percaya diri di setiap kesempatan!

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

#1 Kemeja Flanel

Kemeja ini dinamakan sesuai dengan bahan dasar pembuatannya, yakni kain flanel atau felt.

Dengan bahan dasar terbuat dari wol tanpa tenun, kain flanel ini dapat dengan mudah dibentuk dan inilah yang menjadi kelebihannya diantara kain yang lainnya dimana proses penjahitan lebih sederhana karena tidak perlu dilipat.

Menurut sejarah, penemuan kain flanel ini ditemukan sekitar abad ke-16 di Wales, dimana kemeja dari bahan flanel ini sering kali dibuat bermotif kotak-kotak dan digunakan oleh para petani pada masa itu agar terlindung dari udara dingin yang menggigit.

[Baca Juga: Kabar Gembira! Ada Ide Bisnis Rumahan Bagi Pecinta Binatang Peliharaan]

Dengan berkembangnya zaman, kain flanel menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk salah satu bahan pakaian yang bercita rasa fashion.

Kemeja flanel ini perlu menjadi salah satu kemeja yang ada di lemari bajumu dan kamu dapat mengenakannya pada acara yang lebih berkesan non formal atau saat kamu bermain atau hangout dengan teman-temanmu.

Kamu dapat memadupadankan kemeja flanel ini dengan kaos oblong dan membiarkan kancing kemeja terbuka, serta celana denim untuk membuat kesan kasual namun tetap dinamis.

#2 Kemeja Club Collar

Sempat populer di tahun 1800 an, kemeja ini memiliki tampilan kerah bulat dan cocok bagi kamu para pria yang memiliki kontur wajah yang tirus. Dengan mengenakan kemeja pria jenis club collar ini, kamu yang berwajah tirus bisa menyamarkannya dan nampak lebih berisi.

Bagi kamu yang ingin tampak lebih formal di acara yang lebih resmi, kamu bisa mengoleksi setidaknya 1 kemeja club collar di lemari bajumu.

[Baca Juga: Beberapa Hal Penting Yang Anda Perlu Tahu Sebelum Melakukan Bisnis Kuliner]

Kamu sebagai pekerja kantoran juga nampaknya perlu mengoleksi jenis kemeja club collar ini beberapa potong sebagai pilihan varian untuk tampilanmu sehari-hari di kantor.

Beranikan dirimu untuk memadupadankannya dengan dasi dan juga blazer atau jas agar penampilanmu semakin sempurna dan profesional.

#3 Kemeja Print

Beberapa dekade terakhir, kemeja print memang belum terlalu populer karena para pria belum terlalu berani untuk mengenakan kemeja jenis ini dengan mengusung corak yang lebih menarik perhatian.

Tapi di era modern, sudah banyak pria yang semakin berani mengenakan kemeja rnd dengan gaya yang agak mencolok dan menarik perhatian seperti motif yang bunga dan lain sebagainya.

[Baca Juga: Ingin Tetap Sukses Berbisnis? Jangan Miliki Pola Pikir Entrepreneur yang Salah!]

Bagi kamu yang ingin tampil dengan gaya yang sedikit nyentrik, tetap stylish dan tidak monoton, kamu bisa mengoleksi jenis kemeja print ini dan mengenakannya pada kegiatan non formal atau suasana liburan.

Jika kamu ingin mengenakan kemeja ini, coba sandingkan dengan bawahan yang polos, netral atau memiliki warna yang senada dengan kemeja tersebut.

Ini adalah strategi agar gaya fashion-mu ketika mengenakan pakaian ini tidak tumpang tindih dan jadinya norak.

Kenakan kemeja print dengan corak yang tidak terlalu besar yang mendominasi kemejamu.

#4 Kemeja Formal

Kemeja formal memang sangat wajib menghiasi lemari bajumu karena kemeja formal sangat diperlukan untuk berbagai kegiatan, apalagi untuk kegiatan yang bersifat formal.

Entah itu warna hitam atau putih polos, setidaknya kamu perlu memiliki salah satu koleksinya atau mungkin beberapa potong.

[Baca Juga: Cara Sukses Menjalankan Bisnis Rumahan Tanpa Mengorbankan Kebahagiaan Anak-anak]

Padupadankan dengan sepatu pantofel ketika kamu mengenakannya untuk kegiatan yang berbau formal, disamping ikat pinggang yang memiliki warna senada dengan alas kaki formalmu.

Selain untuk acara pernikahan, untuk acara wisuda dan juga acara penting lainnya, kemeja formal adalah salah satu kemeja andalan yang perlu kamu sematkan dalam koleksi pakaianmu.

#5 Kemeja Batik

Jangan kalah dengan orang-orang yang bukan dari Tanah Air Indonesia.

Batik memang sudah dikenal mendunia dan banyak masyarakat mancanegara yang jauh-jauh datang ke negeri kita tercinta untuk berwisata termasuk membeli baju batik atau kain batik khas Indonesia yang sangat berciri khas kebudayaan Ibu Pertiwi nan kental.

Kemeja batik menggambarkan jiwa nasionalis dan kecintaan kita terhadap Tanah Air Indonesia. Tak heran jika sering kali banyak perusahaan kantoran dan organisasi sekolah yang mewajibkan para karyawan dan pekerjanya untuk mengenakan pakaian batik di hari Jumat.

[Baca Juga: Tahukah Anda Bahwa Pikiran adalah Kekuatan untuk Menuju Kesuksesan?]

Kemeja batik dapat kamu kenakan pada setiap acara formal dan juga kegiatan yang memiliki unsur pertemuan adat misalnya.

Tak jarang pertemuan reuni juga bisa menjadikan batik sebagai salah satu dress code yang harus dikenakan.

Jadi, kemeja batik memang pantas bertandang di lemari bajumu dan kalau bisa, kamu memiliki beberapa motif tertentu sesuai selera, entah itu lengan panjang, ataupun yang berlengan pendek.

#6 Kemeja Denim

Dengan gaya kasual yang nampak dari warna biru yang juga memperlihatkan jiwa maskulin, kemeja denim menjadi salah satu andalan bagi para pria dalam berbusana di era ini.

Dengan memadupadankan bersama berbagai jenis kaos polos, kamu bisa nampak lebih macho dan dinamis.

Tak perlu bingung mencari jenis bawahan yang cocok, karena kemeja denim ini adalah termasuk kemeja yang dapat kamu “kawinkan” dengan berbagai jenis bawahan.

[Baca Juga: Uang Tidak Dapat Dilihat dengan Menggunakan Mata, Latihlah Pikiran Anda dari Sekarang agar Dapat Melihat Uang]

Bahan denim yang berkualitas juga dapat menambah rasa percaya dirimu sebagai seorang pria termasuk memberikan rasa hangat saat udara dingin.

Kamu bisa tampil lebih keren dengan kemeja denim yang kamu kenakan saat datang dalam pertemuan non formal bersama dengan teman-temanmu.

#7 Kemeja Garis-garis

Kemeja dengan corak garis-garis memang menjadi corak yang tak lekang waktu.

Selain acara formal, kamu juga bisa mengenakan kemeja jenis ini pada kegiatan yang bersifat santai.

Motif garis ini juga biasanya dapat menyamarkan bentuk tubuh seseorang. Bagi kamu yang ingin terlihat lebih tinggi dan ramping, kamu bisa mengenakan garis corak vertikal.

Sebaliknya, jika kamu ingin terlihat lebih berisi, coba beranikan dirimu mengenakan kemeja bergaris horizontal.

[Baca Juga: Inilah 10 Ciri Kepemimpinan Visioner atau Visionary Leadership yang Harus Dimiliki Setiap Orang Hebat seperti Anda]

#8 Kemeja Band Collar

Dengan nama lain kemeja berkerah shanghai, kemeja ini mirip dengan pakaian tradisional negeri tirai bambu yang disebut cheongsam.

Dengan model kerah yang sisinya runcing dan cenderung tinggi namun tidak terlalu lebar, kemeja band collar bisa jadi salah satu kemeja andalanmu.

Kemeja ini sering kali dikenakan untuk kegiatan yang bersifat formal, tapi tak jarang juga ada yang dengan penuh percaya diri mengenakannya dalam gaya kasual.

Padankan kemeja band collar ini dengan jaket atau mantel atau blazer untuk semakin meningkatkan kepercayaan dirimu.

[Baca Juga: Bro, Sis! Ini 5 Cara Tingkatkan Kredibilitas Meskipun Pengalaman Kerja Masih Minim!]

Padupadankan Sesuai Selera

Setiap orang tentu memiliki gaya dan ciri khas masing-masing dalam berbusana yang menggambarkan karakteristik dan cita rasa mereka.

Dalam memadupadankan kemeja dengan aksesoris dan juga bawahan, tentu kamu juga harus menyesuaikan busanamu dengan kegiatan yang akan kamu ikuti.

Selain itu, aksesoris pilihan yang selaras dengan pakaian dan juga harus menjadi pertimbangan tersendiri sebelum kamu mengenakannya.

Jangan sampai kamu dikatakan “salah kostum” ketika mendatangi sebuah acara dan mengurangi tingkat kepercayaan dirimu.

Menurutmu kemeja manakah yang pantas kamu kenakan untuk acara di akhir pekan ini? Berikan tanggapanmu pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Kamu dapat membagikan informasi mengenai artikel di atas kepada rekan atau kenalanmu yang membutuhkannya.

Sumber Referensi:

    T. Jenni Anjani. 15 Januari 2016. 6 Jenis Kemeja Pria Yang Wajib Kamu Punya. Jurnal.maskoolin.com – https://goo.gl/GbaVB4

    Panduan Fashion. 16 Agustus 2018. Jenis Kemeja Pria dan Tips Memilihnya. Fadkhera.com – https://goo.gl/a4cpZv

    Best Present Guide. 7 September 2018. Kenali 10 Jenis Kemeja Pria yang sedang Tren di Tahun 2018 dan 4 Rekomendasi Merek Kemeja Pria yang Paling Digemari. Bp-guide.id – https://goo.gl/mpzZqv

    Fera Nur Aini. 7 Juni 2017. Meski Malas Ribet, Cowok Wajib Punya 14 Item Pakaian Ini! Idntimes.com – https://goo.gl/nzPUUx

    Admin. 17 April 2018. 4 Macam Kemeja Pria Ini Wajib Dimiliki! Montypythondirect.com – https://goo.gl/SiEBE5

Sumber Gambar:

    Jenis Kemeja Pria – https://goo.gl/kUP3qG

    Kemeja Flanel – https://goo.gl/TzC7e9

    Kemeja Club Collar – https://goo.gl/4b4F5S

    Kemeja Print – https://goo.gl/sfA1DY

    Kemeja Formal – https://goo.gl/1s6xJK

    Kemeja Batik – https://goo.gl/cpqYH6

    Kemeja Denim – https://goo.gl/AZeFdB

    Kemeja Garis-garis – https://goo.gl/EMoiPT

    Kemeja Band Collar – https://goo.gl/U2odJU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *