5 Cara Cepat Mencari Rumah Dijual di Jakarta yang Cocok

tribunwarta.com – Apakah Anda tinggal di Jakarta? Bagaimana sih cara cepat mencari rumah dijual di Jakarta yang terpercaya?

Apalagi untuk para pendatang yang notabene belum begitu paham bagaimana dengan sistem jual beli properti di ibu kota.

Supaya tidak salah langkah, kali ini Finansialku akan membahas tentang rumah dijual di Jakarta dan cara cepat mencarinya.

Penasaran? Simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

Hidup di Jakarta dengan Berbagai Akses Fasilitas

Sebagai ibu kota, Jakarta mempunyai penduduk yang sangat padat, baik yang asli dari kota itu sendiri maupun yang merantau untuk mengadu nasib di sana.

Banyak yang awalnya berniat untuk singgah sebentar untuk mencari pekerjaan, namun kemudian tak ingin pulang karena merasa nyaman.

Entah merasa nyaman karena mendapatkan jodoh di sana ataupun nyaman karena hampir seluruh fasilitas ada di Jakarta.

Selain karena fasilitas, pekerjaan juga cukup mudah ditemukan di ibu kota ini dibandingkan ketika berada di daerah.

Itulah yang menjadi alasan beberapa banyaknya pendatang yang juga berbondong-bondong untuk mencari hunian tetap di Jakarta.

[Baca Juga: 10++ Tanaman Herbal Bisa Jadi Obat, Mudah Ditemukan Lho!]

Sebelum membahasnya lebih jauh, jangan lupa ya untuk atur arus kas Anda dengan rapi, teratur, dan tidak ribet dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini dapat memudahkan Anda dalam pencatatan pendapatan, alokasi pengeluaran, anggaran bulanan, persiapan dana seperti liburan, membeli barang atau pernikahan, dan berbagai fitur lainnya yang membuat pencatatan finansialmu semakin baik.

Anda bisa men-download aplikasi Finansialku dari melalui Google Play Store atau lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PC.

Anda juga bisa mendengarkan sejumlah podcast dari Finansialku di platform Spotify milik Anda.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Mencari Rumah Dijual di Jakarta: Mudah atau Susah?

Karena kota satu ini termasuk kota besar dan padat penduduk, maka akan sangat sulit untuk mencari informasi rumah dijual secara konvensional.

Tentu saja kita bisa menyusuri kota. Namun pastinya akan membutuhkan banyak waktu dan biaya.

Finansialku sudah mempersiapkan beberapa tips yang akan membantu Anda mencari informasi rumah yang dijual di Jakarta secara tepat dan lebih mudah.

Tips tersebut akan terbagi dalam beberapa cara. Berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencari rumah dijual di Jakarta, mulai dari:

Cara 1: Gunakan Jasa Orang Lain yang Lebih Mengerti

Apabila kita bukan orang Jakarta asli atau pendatang, alangkah lebih baiknya apabila kita meminta bantuan kepada orang yang lebih mengerti tentang kondisi Jakarta.

Entah itu teman, saudara jasa agen properti. Dengan begitu mereka akan bisa memberikan kita masukan atau bahkan harga pasaran yang ada di tempat atau daerah tersebut.

Untung-untung apabila teman atau saudara Anda termasuk orang yang mengenal betul tentang suatu tempat di Jakarta dan mengerti informasi rumah yang dijual.

Hal itu akan lebih aman untuk menghindari penipuan yang bisa kapan saja terjadi. Karena di kota besar angka kriminalitas juga semakin besar.

[Baca Juga: Mau Terhindar Penyakit Kritis? Lakukan 5 Gaya Hidup Sehat Ini!]

Menggunakan jasa makelar pastilah akan dikenakan biaya tambahan. Namun cara ini terbilang lebih mudah dan pasti.

Jasa properti biasanya sudah menyediakan list-list rumah yang sedang dijual.

Walaupun harus ada uang lebih yang dikeluarkan, namun hal itu tak akan membuat kita rugi.

Karena kita tidak perlu jauh-jauh mengitari Jakarta untuk mendapatkan informasi, hanya tinggal memilih dari daftar mereka yang sesuai dengan keinginan dan budget yang kita punya.

Cara 2: Mencari Rumah Dijual di Jakarta Via Internet

Fungsi utama dari teknologi adalah memberikan kemudahan bagi penggunanya.

Seperti hanya internet saat ini yang memudahkan banyak aktivitas masyarakat, termasuk juga dalam urusan mencari rumah.

Banyak sekali situs-situs yang menyediakan jasa pencarian rumah secara online, baik yang dalam bentuk aplikasi ataupun website.

Dengan begitu kita tidak perlu susah-susah untuk pergi keluar dan memutari kota Jakarta untuk mencari informasi rumah yang dijual.

[Baca Juga: Mau Punya Rumah? Begini Cara dan Syarat Mengajukan KPR BCA]

Kelebihan lain dalam mencari info lewat media online adalah kita tidak dikenakan biaya untuk jasa tersebut, berbeda dengan menggunakan jasa agen properti seperti yang sebelumnya.

Kita hanya tinggal menyiapkan handphone atau komputer yang tersambung dengan koneksi internet, kemudian mencari rumah dari aplikasi atau website sesuai kategori yang kita masukkan di dalamnya.

Cara 3: Melalui Iklan Atau Brosur yang Tersebar

Sekarang ini banyak para marketing perumahan yang menyebar brosur tentang rumah-rumah yang dijual dalam sekala besar.

Hal ini banyak kita jumpai, khususnya di kota besar seperti Jakarta. Dengan hal itu kita bisa mengerti tentang informasi rumah yang sedang dijual.

Selain itu iklan rumah dijual juga banyak di media cetak seperti koran. Dengan mengikuti iklan yang ada di koran kita juga bisa mendapatkan daftar-daftar rumah yang sedang dijual.

[Baca Juga: Sudah Yakin? Simak Dulu 5+ Kerugian Membeli Rumah Dengan KPR]

Karena setiap hari terbit, koran juga bisa menjadi media andalan untuk kita mendapatkan informasi seputar dunia jual beli.

Media iklan lain juga banyak ditampilkan di televisi, namun terkadang televisi hanya menampilkan iklan dari rumah-rumah yang terbilang elit dan mahal.

Cara 4: Mendatangi Pameran Properti

Ibu kota Jakarta pastinya mempunyai banyak agenda tentang pameran properti karena kebutuhan masyarakatnya yang juga semakin meningkat.

Cara ini bisa dilakukan bagi Anda yang punya waktu lebih untuk datang ke pameran.

[Baca Juga: Bank Berikut Ini Menawarkan Produk Cicilan Rumah KPR untuk Milenial]

Biasanya pameran seperti itu mempunyai banyak penawaran, baik diskon, cicilan ataupun yang lainnya.

Hal ini dikarenakan banyak dari pameran properti seperti itu diselenggarakan oleh pemerintah, jadi pemerintah akan memberi subsidi bagi mereka yang membutuhkan.

Cara 5: Lewat Lelang Bank

Cara ini terbilang sedikit agak rumit, namun bila Anda berhasil mendapatkannya, maka harga yang akan didapatkan tentu lebih murah dari biasanya.

Bank biasanya akan melelang rumah nasabahnya yang mempunyai utang namun sudah tidak sanggup lagi melunasi utangnya, dengan segala kesepakatan di awal.

[Baca Juga: Mengajukan KPR Murah Bagi Para PNS yang Belum Memiliki Rumah]

Rumah yang dilelang oleh bank termasuk juga sudah milik bank tersebut, sehingga aman bagi kita apabila ingin membeli rumah tersebut.

Apabila ingin mendapatkan informasi tentang pelelangan yang dilakukan oleh bank, kita harus selalu mengikuti informasi yang ada di bank itu sendiri, entah itu dari website bank atau dari teman yang kebetulan kerja di tempat itu.

Pastikan untuk Memilih Rumah Dijual di Jakarta yang Paling Tepat

Itulah beberapa cara cepat dan tepat yang bisa Anda lakukan apabila Anda sedang atau akan akan mencari rumah di Jakarta.

Meskipun banyak rumah dan fasilitas di Jakarta, namun perlu diperhatikan lagi bahwa tingkat kriminalitas dan kecurangan yang terjadi juga sangat marak.

Pasti ada oknum-oknum yang memanfaatkan kota yang sangat ramai itu dengan cara mencari uang yang tidak baik.

Anda harus berhati-hati dalam segala hal termasuk dalam urusan mencari rumah.

Karena rumah adalah properti yang relatif mahal, maka hendaknya untuk selalu jeli dalam mencari sumber informasi tentang rumah yang dijual.

Setelah membaca artikel ini, jangan sampai Anda termakan oleh oknum yang menjual properti bodong yang akan sangat merugikan.

Bagikan artikel ini pada sesama pencari rumah di Jakarta, terima kasih.

Sumber Referensi:

    Ari Kurniawan. 5 Februari 2018. Tips Mencari Rumah Dijual di Jakarta. Arikurniawan.net – http://bit.ly/2jPWkVu

Sumber Gambar:

    Rumah Dijual di Jakarta – http://bit.ly/2lgSvZT

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *