5 Barang Antik Termahal Sepanjang Masa yang Super Berharga

5 Barang Antik Termahal Sepanjang Masa yang Super Berharga

tribunwarta.com – Barang antik termahal: Barang antik memang memiliki pesonanya sendiri. Apalagi untuk orang yang memang menyenangi barang antik.

Tak jarang barang antik ini dijual dengan harga yang luar biasa fantastis. Selain karena materialnya, harga jual barang antik yang mahal juga disebabkan oleh sejarah dan juga kelangkaannya.

Penasaran apa saja barang antik yang punya harga luar biasa?

Rubrik Finansialku

5 Barang Antik Termahal Sepanjang Masa

Barang antik sering kali dinilai bukan hanya dari material pembentuknya saja. Tapi juga nilai sejarah yang dimilikinya, hingga keberadaannya yang langka.

Berbagai daya tarik yang dimiliki oleh barang antik menjadikan barang antik bisa dihargai hingga triliunan rupiah.

Karena harganya yang fantastis ini, tidak banyak orang yang bisa memiliki barang antik. Koleksi barang antik menjadi hobi eksklusif yang hanya bisa dimiliki oleh orang-orang kaya dengan uang yang melimpah saja.

Nah, jika Anda merasa penasaran, berikut ini adalah barang antik termahal di Indonesia yang pernah ada.

#5 Moonflask Putih, Biru, dan Merah Muda – Rp230 Miliar

Nah, barang antik termahal kelima adalah sebuah porselen cantik yang dibuat sekitar tahun 1736 – 1795. Setidaknya, porselen ini telah ada selama 224 – 283 tahun hingga saat ini.

Jika porselen ini memiliki jiwa seperti yang dipercaya banyak orang, porselen ini tentu saja sudah melihat berbagai peristiwa penting yang terjadi di dunia.

Selain karena usianya yang panjang, porselen ini juga memiliki daya tarik dari desain yang dimilikinya.

Porselen yang dinamai Porselen Moonflask ini memiliki ukiran sepasang phoenix berwarna merah muda. Di samping phoenix tersebut, porselen ini juga dihiasi dengan ornamen-ornamen lain berwarna biru di sekelilingnya dengan warna dasar porselen berwarna putih.

Keindahan ornamen pada porselen ini akan membuat siapa saja yang melihatnya akan terpesona dan kagum dalam sekali lihat. Karena itu, wajar kalau porselen ini bisa memiliki harga yang sangat mahal.

Pada tahun 1987, porselen ini berhasil dijual dengan harga US$16 juta atau setara dengan Rp230 miliar.

Kira-kira berapa ya harganya kalau dijual kembali tahun ini?

Sayangnya, saat ini Porselen Moonflask tidak lagi dijual atau mengikuti lelang lagi.

Anda yang penasaran dengan keindahan Porselen Moonflask berwarna putih, biru, dan merah muda bisa melihat langsung keindahan porselen ini dengan datang ke JJ Lally & Co. yang berada di New York, Amerika Serikat.

#4 Olyphant Battle Horn – Rp231 Miliar

Barang antik berikutnya adalah tanduk yang pernah digunakan sebagai terompet perang.

Pada sebuah pelelangan tertutup, harga terompet ini mencapai penawaran harga sekitar US$16,1 juta atau setara dengan Rp231 miliar.

Terompet perang ini dibuat dengan menggunakan gading gajah.

Di badan terompet atau gading ini terdapat berbagai ukiran berbentuk gambar-gambar binatang. Ukiran pada terompet gading gajah ini tidak dibuat sembarangan, benar-benar indah.

Keindahan ukiran pada terompet gading gajah ini benar-benar memukau.

Ukiran pada badan terompet gading gajah ini merupakan ukiran yang sangat jarang ditemukan di kebanyakan terompet perang pada masa itu.

Diperkirakan, terompet perang dari gading gajah ini dibuat sekitar abad ke-11. Karena itu, tak heran kalau terompet perang ini memiliki harga jual yang fantastis. Apalagi di kalangan pecinta barang antik.

#3 Codex Leicester karya Leonardo Da Vinci – Rp442 Miliar

Nama Leonardo Da Vinci merupakan sebuah legenda tersendiri dalam dunia seni.

Codex Leicester sendiri merupakan sebuah buku karya Leonardo Da Vinci. Uniknya, seluruh isi buku ini ditulis dengan menggunakan tulisan tangan. Tak heran kalau harganya menjadi sangat mahal.

Nilai harga buku ini juga semakin tinggi karena kepopuleran yang dimiliki Leonardo Da Vinci.

Selain itu, buku karya Leonardo Da Vinci ini juga sempat menarik perhatian Bill Gates. Bahkan, Bill Gates pernah mengeluarkan uang hingga US$30,8 juta atau sekitar Rp442 miliar untuk membeli buku ini pada tahun 1992.

Buku Codex Leicester ini sendiri merupakan buku yang berisi berbagai sketsa dan diagram yang dibuat oleh Leonardo Da Vinci.

Dengan pengetahuannya di bidang sains dan seni, Leonardo Da Vinci menjabarkan bagaimana sebuah fosil yang ditemukan di gunung, juga bagaimana sifat dari air.

Selain itu, dalam buku ini Leonardo Da Vinci juga menjabarkan mengenai beberapa teori astronomi.

Penasaran dengan isi buku ini?

#2 Badminton Cabinet – Rp517 Miliar

Apa istimewanya sebuah badminton cabinet dengan harga Rp517 miliar? Eits, tunggu dulu, badminton cabinet satu ini benar-benar berbeda dengan bayangan Anda dan sama sekali tidak ada hubungannya dengan olahraga badminton.

Pada masa hidupnya, Henry Scudamore pernah memesan sebuah cabinet yang mewah dan dibuat sebagai sebuah karya seni yang indah.

Cabinet dengan tinggi sekitar 3,6 meter ini pernah dihargai sekitar US$16,6 juta pada tahun 1990. Kemudian pada tahun 2004, cabinet ini dijual dengan harga sekitar US$36 juta atau setara dengan Rp517 miliar.

Bahkan, diperkirakan pada tahun 2064 harga cabinet ini bisa mencapai US$1 miliar atau setara dengan Rp14 triliun.

Henry Scudamore sebagai pemilik pertama kabinet ini hidup pada tahun 1707 – 1745. Jadi, setidaknya cabinet ini sudah ada selama setidaknya 270 tahun atau bahkan lebih lama dari itu.

Selain itu, nama Badminton Cabinet sebenarnya diambil dari nama pemukiman bernama Badminton House.

#1 Guci Dinasti Qing – Rp1,01 Triliun

Barang antik satu ini berasal dari China dan merupakan benda antik termahal yang pernah dijual. Daya tarik utama guci ini adalah motif ukiran pada gucinya. Guci ini memiliki ukiran berbentuk ikan dan bunga yang sangat jarang ditemukan.

Selain itu, di Guci ini juga terdapat segel kaisar China dari Dinasti Qing. Diduga, guci antik ini berasal dari masa pemerintahan Kaisar Qianlong yang memegang kekuasaan pada tahun 1644 – 1912.

Jika benar, maka setidaknya Guci ini sudah ada selama 100 tahun bahkan lebih. Wajar saja jika guci ini dihargai hingga Rp1,01 triliun pada suatu pelelangan.

Harga Barang Antik Terus Meningkat

Nah, itulah 5 barang antik termahal yang pernah ada. Harga barang antik sering kali bisa meningkat hingga dua atau tiga kali lipat di masa-masa yang akan datang.

Apalagi, biasanya sistem penjualan barang antik bukan dengan menetapkan harga tertentu, tapi dengan sistem lelang. Karena itu, tidak heran jika harganya bisa melambung tinggi.

Menurut Anda, di antara 5 barang antik yang telah disebutkan, manakah barang antik yang paling menarik? Atau mungkin Anda pernah melihat secara langsung salah satu barang antik tersebut?

Tuliskan jawaban Anda di kolom komentar ya.

Sumber Referensi:

    Boby. 17 Juli 2018. Meski Jadul, Ternyata 5 Barang Ini Nilainya Sampai Triliunan Rupiah. Moneysmart.id – https://bit.ly/2WXpaBi

Sumber Gambar:

    Barang Antik Termahal 01 – https://bit.ly/2IjzXSl

    Barang Antik Termahal 02 Moonflask – https://bit.ly/2Uvl9qT

    Barang Antik Termahal 03 Olyphant Battle Horn – https://bit.ly/2UsX8AE

    Barang Antik Termahal 04 Codex Leicester – https://bit.ly/2Ip5Zwb

    Barang Antik Termahal 05 Badminton Cabinet – https://bit.ly/2WZOAhK

    Barang Antik Termahal 06 Guci Dinasti Qing – https://bit.ly/2YXW8TP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *