3 Cara Mudah Kirim Uang ke Luar Negeri

3 Cara Mudah Kirim Uang ke Luar Negeri

tribunwarta.com – JAKARTA, Tak dapat dipungkiri bahwa dalam era globalisasi ini, arus ekonomi dan arus perdagangan internasional semakin meningkat. Hal ini terbukti dari transaksi pengiriman dana dari Indonesia ke luar negeri yang tercatat semakin meroket setiap tahunnya.

World Bank mencatat bahwa warga Indonesia telah mengirimkan total dana sebesar Rp68,8 triliun melalui jasa remitansi pada 2020. Jika diurutkan, tiga negara yang menjadi tujuan paling populer pengiriman uang ke luar negeri, yaitu Tiongkok (Rp5,5 triliun), Thailand (Rp1,7 triliun), dan Jepang (Rp1,1 triliun).

Pengiriman uang ke luar negeri biasanya dilakukan untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan. Mulai dari untuk membiayai anak atau saudara yang sedang menuntut ilmu di luar negeri, memenuhi kebutuhan keluarga yang sedang menetap di negara tetangga, hingga untuk keperluan transaksi dengan supplier barang impor.

Berbeda dengan dulu, sekarang sudah tersedia beragam cara transfer uang ke luar negeri yang bisa dipilih oleh masyarakat Indonesia. Hal ini lantaran semakin banyak cara-cara baru yang lahir untuk kirim uang dari Indonesia ke luar negeri seiring transaksi lintas negara semakin lumrah. Bahkan, sekarang masyarakat sudah bisa kirim uang dari kenyamanan rumah.

Nah, berikut tiga cara yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu untuk kirim uang ke luar negeri.

1. Menggunakan Aplikasi Remitansi Online

Salah satu aplikasi remitansi online yang direkomendasikan adalah Topremit. Hal ini lantaran perusahaan ini menyediakan layanan kirim uang ke luar negeri yang cepat dan murah.

Dengan Topremit, kamu tak perlu menunggu lama karena uang yang dikirim bisa sampai langsung ke rekening bank penerima mulai dari lima menit saja. Kecepatan ini tentu berbeda-beda tergantung negara tujuan yang dipilih. Biaya transfer melalui Topremit juga terjangkau, berkisar mulai dari Rp45.000 saja.

Tentu biaya ini akan bervariasi tergantung dengan negara tujuan. Pengguna juga bisa hemat lebih banyak karena remitansi online ini menawarkan kurs yang relatif lebih rendah dan biaya transfer yang bersifat flat. Ini berarti, biaya yang perlu kamu bayar akan tetap sama berapapun nominal uang yang dikirim.

Soal keamanan juga tidak perlu diragukan lagi karena Topremit sudah mengantongi lisensi dari Bank Indonesia sejak awal berdirinya pada 2009 silam. Sebagai pionir yang memperkenalkan cara kirim uang ke luar negeri berbasis online di Indonesia, Topremit juga telah memperoleh penghargaan langsung dari Bank Indonesia sebagai “Penyedia Jasa Transfer Uang Terbaik”.

Saat ini, Topremit sudah dipercaya oleh lebih dari 150.000 pengguna untuk mengirimkan lebih dari Rp5,8 triliun ke lebih dari 60 negara di dunia.

2. Kirim Uang Melalui PayPal

PayPal termasuk salah satu penyedia layanan kirim uang ke luar negeri yang cukup populer. Para pengguna bisa menyimpan saldo, hingga mengirim dan menerima dana dari sesama pengguna PayPal lantaran perusahaan ini menawarkan layanan rekening virtual. Syarat jika ingin mengirimkan uang ke penerima di luar negeri menggunakan aplikasi ini adalah penerima wajib memiliki rekening PayPal juga.

Jika penerima ingin menarik saldo dari rekening virtualnya, penerima bisa memindahkan dana dari akun PayPal ke rekening bank pribadi. Penarikan ini akan dikenakan biaya sebesar Rp16.000 (jika uang yag ditarik tidak melebihi Rp1,5 juta). Proses ini juga akan membutuhkan waktu beberapa hari agar uang bisa sampai ke rekening bank penerima.

3. Transfer Melalui Bank

Perbankan di Indonesia juga menyediakan layanan transfer uang mancanegara untuk nasabah mereka. Terutama untuk kamu yang ingin kirim uang dalam mata uang USD ke berbagai negara, bank bisa menjadi salah satu pilihan kamu.

Dengan cara ini, pengguna bisa langsung mendatangi bank pilihan dan mengisi formulir yang diperlukan. Transaksi akan langsung diproses selama beberapa hari setelah pengguna memberikan formulir kepada petugas terkait. Tentunya, kecepatan pengiriman akan bergantung pada proses di negara tujuan dan juga perusahaan bank yang kamu pilih.

Sama halnya dengan biaya transfer yang dikenakan bank juga akan berbeda-beda tergantung bank yang kita pilih. Namun, pada umumnya, biaya yang dipatok akan berubah-ubah tergantung dengan nominal dana yang dikirim ke luar negeri.

Nah, itu dia tiga cara mudah untuk kirim uang ke luar negeri yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Pilihan untuk transfer uang ke luar negeri sudah semakin banyak, sehingga pengiriman dana pun menjadi semakin cepat, murah, dan tentunya mudah banget untuk kamu pakai!

Semoga sekarang kamu tak perlu bingung lagi jika ingin melakukan transaksional, ya!

Editor : Rizqa Leony Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!