3 Cara Mudah dan Praktis Menggunakan Wattpad Bagi Pemula

3 Cara Mudah dan Praktis Menggunakan Wattpad Bagi Pemula

tribunwarta.com – Bagi Anda yang memiliki banyak ide untuk dituangkan dalam bentuk tulisan, sudahkah mencoba aplikasi Wattpad?

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk berbagi apa yang ada dalam pikiran. Salah satu caranya adalah menuliskan apa yang Anda pikirkan dan membuat tulisan tersebut dibaca oleh orang lain.

Misalnya dengan menggunakan aplikasi Wattpad. Aplikasi ini memberikan kesempatan bagi penulis pemula dan pembaca untuk saling bertemu.

Rubrik Finansialku

Menulis Dalam Aplikasi

Setiap zaman memiliki penulis dan pembacanya masing-masing. Jika dulu karya tulis hanya disajikan dalam bentuk cetak seperti buku atau koran, saat ini penyajian karya tulis semakin beragam.

Misalnya dengan menggunakan piranti lunak atau aplikasi. Hal ini tentu saja mengikuti perkembangan zaman yang menuntut segala sesuatunya semakin sederhana.

[Baca Juga: Professional Blogger Ini Bisa Mendapat Penghasilan 13M setahun, Ini Skill yang Dia Miliki dan Caranya]

Sebagian besar orang memilih untuk mencari bacaan yang lebih mudah diakses. Sehingga mereka bisa membacanya dimana saja dan kapan saja melalui gadget yang mereka miliki.

Ada berbagai macam perangkat lunak dan aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membaca dan menulis sebuah karya. Salah satunya adalah Wattpad.

Di antara berbagai aplikasi menulis dan membaca, Wattpad termasuk salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan.

Keunggulan utama aplikasi ini adalah penggunaannya yang sederhana. Sehingga, siapa saja bisa berbagi tulisan dan membaca karya orang lain dengan cara yang ringkas, ringan, serta menyenangkan.

Apalagi, aplikasi ini juga bisa dibaca melalui perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

Apa Itu Wattpad?

Jika Anda datang ke toko buku saat ini, Anda bisa dengan mudah menemukan buku-buku yang diangkat dari Wattpad atau dikatakan telah dibaca jutaan kali di Wattpad. Tapi, sebenarnya apa itu Wattpad?

Pada dasarnya, Wattpad adalah sebuah wadah digital yang mempertemukan penulis dengan pembacanya. Ada banyak orang yang menggunakan aplikasi ini, baik sebagai pengisi cerita maupun pembaca cerita.

Tidak hanya itu saja, Wattpad juga memberikan suasana baca yang interaktif antara penulis dan pembaca. Dengan begitu, seorang penulis dalam platform ini bisa mendapatkan umpan balik yang diberikan oleh pembacanya sendiri.

Hal ini tentu saja baik untuk meningkatkan kualitas seseorang dalam merangkai tulisan. Apalagi, cakupan genre yang ada di dalamnya juga cukup beragam.

Anda bisa menemukan atau pun membuat berbagai tulisan di sana. Dari mulai genre fiksi, non fiksi, puisi, bahkan sastra modern juga bisa Anda temukan.

[Baca Juga: Bagaimana Membuat Konten Tulisan yang Baik Meski Anda Bukan Penulis Andal]

Wattpad pertama kali meluncur dengan menambahkan sekitar 17.000 koleksi e–book. Koleksi ini didapatkan dari Project Gutenberg.

Selang 2 tahun sejak saat itu, jumlah unduhan aplikasi tersebut telah mencapai angka 5 juta unduhan di Play Store.

Pada tahun yang sama, aplikasi ini juga meluncurkan versi iOS di App Store. Dengan angka unduhan yang fantastis ini, banyak pihak yang akhirnya mempercayakan dananya untuk diinvestasikan kepada Wattpad.

Termasuk perusahaan-perusahaan seperti Tencent Holding Limited, BDC, Telecom’s Kickstart Ventures, dan lain-lain.

Cara Menggunakan Wattpad Bagi Pemula

Kesuksesan Wattpad ini sebenarnya juga berdampak kepada para penulis di dalamnya. Semakin banyak orang yang mengunduh aplikasi ini, maka akan semakin banyak juga kemungkinan karya Anda dibaca oleh orang lain.

Tak jarang pula, hal ini membuat karya tersebut akhirnya dilirik oleh penerbit untuk dibuat versi cetaknya. Bukan mustahil juga, karya yang dicetak tersebut bisa menjadi buku best seller.

Namun, sebelum Anda bisa mendapatkan manfaat dari Wattpad, tentu saja Anda perlu mengetahui lebih dulu cara untuk menggunakan aplikasi ini sendiri.

Pada dasarnya, ada 3 cara menggunakan Wattpad yang bisa Anda lakukan sesuai kebutuhan Anda. Yaitu membaca, menulis, dan berinteraksi.

Berikut ini adalah cara mudah dan praktis untuk melakukan setiap fungsi tersebut:

#1 Cara Membaca di Wattpad

Anda yang ingin membaca berbagai karya di Wattpad perlu membuat akun terlebih dahulu. Pembuatan akunnya sangat mudah. Anda bisa melakukannya melalui aplikasi atau pun melalui desktop.

Ada beberapa pilihan registrasi akun baru. Anda bisa melakukannya dengan mengisi form yang tersedia, menghubungkan akun Facebook dan Google, atau dengan memasukkan alamat email.

[Baca Juga: Kisah Sukses JK Rowling, Penulis Novel Harry Potter]

Selanjutnya, Anda akan masuk ke halaman utama. Di sini, Anda akan menemukan tiga menu utama. Yaitu Discover, Create, dan Community. Untuk membaca karya orang lain, Anda bisa pergi ke opsi Discover.

Pada bagian search bar, masukkan judul yang ingin Anda baca atau kata kunci yang Anda inginkan. Anda juga bisa menjadikan genre sebagai kata kunci pilihan. Misalnya romance, action, adventure, dan lain-lain.

Akan ada banyak judul cerita dan cover yang muncul. Anda tinggal memilih salah satu yang ingin Anda baca. Caranya dengan mengklik tombol Read yang ada.

Setelah meng-klik tombol tersebut, Anda bisa memasukkan cerita yang Anda pilih ke dalam library atau daftar baca Anda.

Anda bisa menemukan kembali cerita yang ingin Anda baca dengan meng-klik ikon Library atau tumpukan buku. Lalu klik cover cerita yang ingin Anda baca, dan Anda bisa bersantai sambil menikmati berbagai cerita di Wattpad.

#2 Cara Menulis di Wattpad

Cara menulis di Wattpad juga tidak sulit. Aplikasi ini memang dirancang dengan sangat ramah untuk penggunanya.

Sama seperti saat akan membaca tulisan di Wattpad, untuk membuat tulisan, Anda juga harus memiliki akun Wattpad lebih dulu.

Kemudian, di halaman utama Anda bisa memilih opsi Create. Lalu pilih opsi “Create new story” untuk membuat cerita baru, atau opsi “Edit another story” untuk mengedit atau melanjutkan cerita yang sudah Anda tulisan.

Jangan lupa untuk mengisi detail-detail penting pada cerita. Seperti judul, deskripsi, dan cover untuk cerita Anda.

Detail ini membantu pembaca lebih tertarik dengan cerita Anda. Jangan lupa juga untuk mengisi kategori genre tulisan Anda.

Terakhir, jangan lupa juga untuk menyimpan hasil tulisan Anda dengan meng-klik tombol Save.

Jika cerita yang Anda buat dirasa sudah siap, Anda tinggal meng-klik tombol Publish dan cerita Anda bisa dibaca oleh pengguna Wattpad lainnya.

#3 Berinteraksi dengan Komunitas

Terakhir, Wattpad juga bisa digunakan untuk interaksi dengan komunitas. Dengan bergabung di dalamnya, Anda bisa bertukar tips atau mendiskusikan tulisan yang sedang Anda baca.

Di komunitas ini, Anda juga bisa memberi dan menerima saran dari pengguna lainnya. Anda juga bisa menemukan berbagai macam thread yang umum hingga spesifik.

Dan jika ada tulisan yang menurut Anda bagus, Anda juga bisa melakukan voting untuk tulisan tersebut dengan klik tombol vote di sana.

Nah, itulah 3 cara mudah dan praktis menggunakan Wattpad yang perlu Anda ketahui. Apa Anda merasa artikel ini bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan artikel ini pada rekan-rekan Anda dengan meng-klik tombol sosial media yang ada di bawah ini.

Hati-hati terhadap penipuan mengatasnamakan Finansialku! Finansialku.com tidak pernah memungut biaya atau pun menjanjikan produk apa pun di luar aplikasi dan official media kami.

Sumber Referensi:

    Admin. [App Review] Wattpad, Surganya Penulis dan Pembaca. Dailysocial.id – http://bit.ly/2lpwZTn

    Elkia Aulia. 4 Mei 2019. Wattpad, Aplikasi Keren Bagi Para Penulis dan Pembaca. Kompasiana – http://bit.ly/2kZN165

    Virgina Maulina Putri. 3 Juli 2019. 3 Langkah Menggunakan Wattpad untuk Pemula. Inet.detik.com – http://bit.ly/2n4kXit

Sumber Gambar:

    Wattpad 01 – http://bit.ly/2lC4922

    Wattpad 02 – http://bit.ly/2n3Sut6

    Aplikasi 01 – http://bit.ly/2mD5CW8

    Aplikasi 02 – http://bit.ly/2lAUHfi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!