13 Tim Ramaikan Proliga 2023, Petrokimia Gresik dan BIN Samator Wakil Jatim

13 Tim Ramaikan Proliga 2023, Petrokimia Gresik dan BIN Samator Wakil Jatim

 

SURYA.co.id | SURABAYA – Pecinta bola voli Indonesia akan dimanjakan setelah Livoli Divisi Utama 2022 berakhir di Magetan pada November 2022. Sebanyak 13 tipm putra dan utri dipastikan meramikan ajang kompetisi bola vola Proliga 2023 mulai 5 Januari tahun depan.

Sebanyak 13 tim yang bakal ambil bagian di Proliga 2023, yakni tim putra Lavani Bogor, Surabaya BIN Samator, Jakarta BNI 46, Jakarta Pertamina Pertamax, Palembang Bank Sumsel Babel, Kudus Sukun Badak, Jakarta Bhayangkara sebagai tim pendatang baru.

Di sektor putri diikuti Bandung Bank bjb Tandamata sebagai juara bertahan, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Jakarta Popsivo Polwan, Jakarta Pertamina Fastron, Jakarta Elektrik PLN, dan tim baru, Jakarta BIN O2C.

Dari 13 tim peserta Proliga 2023, Jawa Timur (Jatim) punya dua wakil, yakni putra Surabaya BIN Samator Surabaya dan putri Petrokimia Grsik Pupuk Indonesia.

Sejatinya banyak tim voli di Jatim yang kini sedang tampil di kompetisi Livoli Divisi Utama 2022. Selain Bin Samator Surabaya dan Petrokimia Gresik, Jatim punya putri Bank Jatim dan Indomaret Sidoarjo yang memutuskan tidak ikut meramaikan Proliga 2022.

Kompetisi Proliga 2023 dijadwalkan bergulir mulai 5 Januari hingga 19 Maret 2023 di delapan kota.

Bandung Bank bjb Tandamata, sebagai juara pada Proliga 2022 akan menjadi tuan rumah pembukaan yang rencana dilaksanakan di GOR Sabilulungan, Jalakharupat, Bandung pada 5-8 Januari 2023.

Setelah bertanding di Bandung, Proliga 2022 akan menggebrak di Purwokerto, Palembang, Gresik, Malang, Yogyakarta untuk babak reguler putaran satu dan dua.

Selanjutnya babak empat besar putaran satu dan dua, serta grand final akan dihelat di Gresik, Semarang, dan Solo. Sedangkan grand final di GOR Among Rogo, Yogyakarta, pada 18 dan 19 Maret 2023.

Direktur Proliga, Hanny S Surkatty menjelaskan, seluruh pertandingan pada musim Proliga 2023 ini sudah diperkenankan disaksikan penonton.

“Tapi tetap mengikuti aturan dari Pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan menggunakan masker,” sebut Hanny pada pertemuan virtual dengan klub-klub peserta Proliga 2023, Rabu (19/10/2022) dalam rilisnya dari Humas PP PBVSI yang diterima Surya.co.id.

Menurut dia, peraturan kompetisi tahun ini tidak berbeda dengan Proliga sebelumnya. Semua tim tetap diwajibkan menggunakan minimal satu pemain asing dan maksimal dua pemain.

“Semua pemain asing wajib mengurus ITC (Internasional Transfer Certificate) yang dikeluarkan FIVB dan KITAS (Kartu Ijin Tinggal Sementara). Sedang pelatih asing hanya mengurus KITAS,” tukas Hanny.

Perbedaannya dengan pelaksanaa Proliga sebelumnya, tahun ini total hadiah uang pembinaan meningkat hampir dua kali lipat. Kalau Proliga sebelumnya total hadiah uang pembinaan Rp 1,1 miliar.

“Tahun ini uang pembinaan total sebesar Rp 2 miliar,” pungkasnya.

 

 


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *