10 Inspirasi Taman Minimalis Sederhana Untuk Lahan Kecil

10 Inspirasi Taman Minimalis Sederhana Untuk Lahan Kecil

tribunwarta.com – Memiliki rumah dengan taman minimalis sederhana memang memberikan suasana tersendiri di rumah. Lalu, bagaimana cara memiliki taman minimalis sederhana di rumah?

Di artikel Finansialku kali ini, Anda akan menemukan berbagai inspirasi taman minimalis yang bisa Anda aplikasikan langsung di rumah Anda.

Rubrik Finansialku

Inspirasi Taman Minimalis

Keberadaan taman di rumah memang dapat memberikan kesan yang lebih fresh di rumah. Namun, dengan area rumah yang terbatas, rasanya agak sulit untuk bisa memiliki taman di rumah.

Sebagai alternatif, Anda bisa membuat taman minimalis yang sederhana. Berikut ini adalah beberapa inspirasi taman yang bisa Anda aplikasikan di rumah:

#1 Menonjolkan Area Hijau

[Baca Juga: Cara Cerdik Mempercantik Taman Rumah Jika Budget Anda Terbatas]

Salah satu ciri khas pada sebuah taman adalah adanya warna hijau.

Taman dan tanaman hijau menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan. Karena itu, yang terpenting dalam memberikan kesan taman adalah dengan menonjolkan warna hijau di area rumah.

Ada banyak tempat yang bisa Anda pilih. Utamanya adalah bagian rumah yang paling terlihat. Misalnya pada bagian depan rumah. Area ini tidak perlu terlalu luas, yang penting posisinya cukup menonjol.

Akan tetapi, perhatikan supaya tanaman di area hijau Anda tidak menghalangi jalan setapak. Untuk itu, Anda bisa memberikan pembatas. Salah satu caranya dengan menempatkan pot-pot beton yang dibuat tinggi seperti teras.

#2 Miniatur Taman yang Mungil

[Baca Juga: Begini Caranya, Punya Taman di Rumah dan Tetap On Budget]

Konsep miniatur taman bisa Anda terapkan di halaman belakang rumah. Bahkan, Anda juga bisa menerapkannya di area rumah yang sangat sempit sekalipun.

Caranya adalah dengan menanam beberapa tanaman hijau dalam satu pot yang sama.

Akan tetapi, perlu diperhatikan juga bahwa konsep miniatur taman ini membutuhkan perawatan khusus. Karena itu, pastikan Anda memiliki cukup waktu untuk menjaga taman Anda supaya tetap terawat dan cantik.

Dan pastikan juga Anda menyesuaikan tempat menyimpan tanaman dengan kebutuhan tanaman itu sendiri.

Misalnya, jika Anda memilih tanaman yang butuh banyak cahaya, pastikan Anda mengaplikasikan konsep ini di area yang kaya cahaya.

Namun, jika Anda memilih tanaman yang tidak perlu banyak cahaya seperti tanaman indoor, Anda bisa menerapkan konsep miniatur taman ini di bagian dalam rumah.

#3 Konsep Taman Tempat Berteduh

[Baca Juga: 8 Tips dan Trik Sukses Cara Dekorasi Rumah Minimalis]

Cara lain untuk menerapkan taman yang menyenangkan di rumah adalah dengan memperhatikan nilai estetika dari taman Anda.

Taman yang diatur dengan estetik memiliki nilai tambah tersendiri yang membuatnya jadi terlihat lebih mempesona.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa menyediakan ruang di taman Anda untuk berteduh dan bersantai. Adanya area teduh untuk bersantai menjadi salah satu poin penting yang bisa menambah estetika taman kecil Anda.

Selain itu, adanya tempat berteduh dan bersantai juga akan membuat Anda merasa nyaman dan bisa lebih fresh saat pulang ke rumah.

Area ini bisa Anda jadikan tempat berkumpul atau mencari inspirasi. Atau sekedar rehat sejenak setelah pulang kerja atau di akhir pekan.

#4 Tanaman Rambat

[Baca Juga: Polling: 10 Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Modern dan Nyaman]

Adanya tanaman rambat menjadi salah satu cara paling sederhana untuk memanfaatkan area rumah yang terbatas.

Tanaman rambat biasanya tidak memerlukan banyak tempat untuk tumbuh. Sehingga, Anda bisa mengaplikasikannya di berbagai tempat.

Sebagai referensi, Anda bisa menggunakan tanaman rambat pada halaman belakang rumah atau satu area kecil rumah yang memiliki dinding.

Atau, Anda juga bisa menciptakan jalur untuk tanaman rambat dengan mengaplikasikan kawat atau kayu di area yang Anda inginkan.

Keberadaan tanaman rambat bisa secara instan mengubah suasana rumah jadi terasa alami dan fresh.

Apalagi, tanaman rambat juga tidak membutuhkan perawatan dan penanganan khusus. Anda yang sibuk sekalipun bisa menggunakan tanaman rambat untuk menciptakan area hijau dan teduh di rumah.

#5 Taman Kecil di Pintu Depan

[Baca Juga: Kreatif! Ide Desain Ruang Tamu yang Bikin Tamu Nyaman di Rumahmu]

Bagian depan rumah biasanya tidak terlalu banyak diperhatikan oleh banyak orang. Padahal, Anda bisa menciptakan taman kecil yang menarik di bagian ini.

Selain membuat suasana rumah jadi lebih segar, adanya taman di pintu depan juga akan membuat tamu yang datang jadi merasa lebih nyaman.

Anda bisa menggunakan satu area kecil di rumah pada sekitar pintu masuk dan membuat taman kecil. Keberadaan taman kecil ini akan memberikan nuansa segar tersendiri ke dalam rumah.

Selain di pintu depan, Anda juga bisa menerapkan konsep yang sama untuk ruang keluarga. Dengan adanya taman kecil seperti ini, akan lebih mudah bagi Anda untuk menikmati suasana rumah.

#6 Kombinasi Berbagai Bahan dan Elemen

[Baca Juga: 10+ Tanaman Indoor yang Cocok Dipasang Di Rumah]

Bicara tentang taman, Anda tidak harus menggunakan satu elemen saja.

Selain tanaman, taman minimalis juga bisa semakin terlihat cantik jika Anda menggabungkan beberapa elemen. Misalnya kayu dan batu, atau elemen lain yang menurut Anda menarik.

Yang terpenting, bagaimana Anda menempatkan elemen-elemen ini pada tempat yang tepat.

Perpaduan dan penempatan yang tepat untuk setiap elemen dapat memberikan suasana yang segar dan taman minimalis yang mempesona di rumah Anda.

Untuk memperkuat kesan ini, Anda perlu menentukan bagian yang akan menjadi titik pusat taman. Keberadaan titik pusat ini akan membantu Anda lebih mudah menentukan elemen apa yang cocok untuk taman Anda.

Titik pusat taman bisa berupa kelompok vegetasi kecil atau objek dengan ukuran besar seperti pohon besar di tengah-tengah area taman.

#7 Taman Vertikal

[Baca Juga: Begini Caranya, Punya Taman di Rumah dan Tetap On Budget]

Salah satu masalah yang umum ditemukan dalam rumah modern adalah keterbatasan lahan. Rumah yang minimalis sering kali juga berarti ruang yang terbatas dan lahan yang sempit.

Untuk membuat taman di rumah seperti ini tentu saja bisa menjadi satu tantangan tersendiri.

Namun, lahan yang terbatas bukan berarti tidak bisa membuat taman minimalis. Anda bisa menerapkan konsep taman vertikal di rumah. Taman vertikal membutuhkan ruang yang lebih sedikit dibandingkan taman biasa.

Selain itu, jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk membuat taman vertikal, pot-pot gantung atau menempatkan pot bunga di dinding belakang rumah bisa menjadi alternatif untuk dilakukan.

#8 Furnitur yang Serasi

[Baca Juga: 10+ Tanaman Hias Gantung Paling Cantik dan Indah]

Selain penempatan elemen yang tepat, Anda juga bisa menambahkan furnitur-furnitur yang menurut Anda sesuai. Penempatan furnitur di taman bisa membantu membuat taman kecil Anda terasa semakin nyaman.

Menggunakan furnitur yang tepat juga dapat membantu memaksimalkan fungsi taman sesuai dengan keinginan Anda.

Anda bisa menempatkan kursi taman atau meja kecil untuk bersantai. Atau sebuah ayunan kecil jika memungkinkan.

Penggunaan furnitur ini sangat tergantung dengan kebutuhan dan selera Anda. Jika mau, Anda juga bisa menambahkan sentuhan pribadi di area taman Anda. Seperti tanda tangan, patung, atau Pernik yang menggambarkan diri Anda.

#9 Memperluas Area Taman

[Baca Juga: 8 Tips dan Trik Sukses Cara Dekorasi Rumah Minimalis]

Kadang kala, ada beberapa rumah yang memiliki halaman dengan teras berlantai yang jarang digunakan. Daripada dibiarkan begitu saja, Anda bisa memanfaatkan area ini sebagai taman kecil.

Jika sebelumnya Anda sudah memiliki area taman, halaman atau teras berlantai ini bisa Anda manfaatkan untuk memperluas lahan taman kecil Anda.

Misalnya dengan membongkar bagian lantai dan menanam beberapa tanaman yang Anda suka.

Selain itu, Anda juga bisa menutupi bagian lantai tersebut dengan batu-batu kecil lalu menghiasnya dengan tanaman dalam pot bunga.

Perhatikan juga kombinasi tinggi-rendah tanaman pada taman Anda agar komposisinya menjadi lebih menarik. Area ini bisa menjadi tempat Anda bersantai dan mencari inspirasi.

#10 Tata Lampu

[Baca Juga: Cara Cerdik Mempercantik Taman Rumah Jika Budget Anda Terbatas]

Biasanya, seseorang akan lebih sering di rumah pada malam hari sepulang kerja. Karena itu, Anda bisa mempertimbangkan dekorasi dan suasana taman pada malam hari.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan cahaya lampu. Jangan mengabaikan efek cahaya lampu taman pada malam hari.

Anda bisa mengatur beberapa bagian taman dengan memanfaatkan efek cahaya lampu. Cahaya lampu taman dapat membuat suasana taman jadi lebih memikat dan menyenangkan.

Selain itu, jika Anda senang melakukan pesta kecil, pengaturan lampu yang tepat bisa membuat taman belakang Anda jadi area pesta yang menyenangkan.

Cahaya lampu yang temaram di area taman bisa menjadi tempat yang menyenangkan juga untuk bersantai atau berkumpul bersama teman dan keluarga.

Itulah inspirasi-inspirasi taman minimalis yang bisa Anda terapkan. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan tentunya keuangan Anda ya!

Jangan sampai melebihi rencana dan mengganggu keuangan Anda. Anda bisa merencanakan keuangan dengan membaca ebook dari Finansialku di bawah ini. Yuk baca dan gapai tujuan sesuai rencana yang tepat.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 30 an

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda memiliki inspirasi mengenai taman minimalis yang ingin Anda terapkan di rumah?

Anda bisa memilih salah satu inspirasi taman minimalis dalam artikel ini atau menggabungkan beberapa inspirasi untuk taman minimalis di rumah Anda. Selamat berkreativitas sesuai dengan selera Anda.

Sumber Referensi:

    Dyah Swastantika. 7 Mei 2018. 22 Desain Taman Kecil Untuk Lahan Terbatas. Homify.co.id – http://bit.ly/35b3PYT

Sumber Gambar:

    Taman Minimalis 1 – http://bit.ly/37qTiKF

    Taman Minimalis 2 – http://bit.ly/37jj3fR

    Taman Minimalis 3 – http://bit.ly/36arlqj

    Taman Minimalis 4 – http://bit.ly/2ZAQV5a

    Taman Minimalis 5 – http://bit.ly/37nODcq

    Taman Minimalis 6 – http://bit.ly/2QAr7BU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *