10 Cara Nikmati Hidup yang Bisa Kamu Mulai Sekarang Juga!

10 Cara Nikmati Hidup yang Bisa Kamu Mulai Sekarang Juga!

tribunwarta.com – You Only Live Once (YOLO), istilah gaul yang sering diucapkan oleh banyak orang. Lalu, bagaimana cara mudah untuk bisa nikmati hidup?

Penasaran? Yuk cari tahu jawabannya dalam artikel Finansialku berikut ini! Selamat membaca!

Rubrik Finansialku

Nikmati Hidup

Menikmati hidup? Siapa yang tidak mau. Tentu kamu mau juga kan?

Dengan padatnya kegiatan, jadwal pertemuan, deadline pekerjaan dan hal-hal lainnya yang seringkali memusingkan, terkadang kita melupakan momen-momen berharga meski itu hanya sebentar.

Banyak momen yang kita lewatkan dan tak sadar bahwa momen tersebut jika kita resapi dan renungi akan sangat menyenangkan dan membuat hidup lebih bermakna.

Apa yang membuatmu frustasi saat ini? Apakah itu soal utang yang tak kunjung selesai?

Melunasinya satu persatu memang menjadi salah satu opsi yang bisa dilakukan, sambil menata keuangan pribadi agar lebih baik degan Ebook gratis Perencanaan Keuangan Finansialku sesuai usia berikut ini:

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Lupakan sejenak rasa frustasimu dan temukan kenikmatan hidup dengan melakukan berbagai cara berikut ini:

#1 Pesan Tiket Liburan

Hidup ini perlu hiburan, tidak melulu mencari uang dan bikin tubuh jadi ambruk.

Salah satu cara untuk menikmati hidup adalah dengan berlibur.

Atur jadwal kerjamu dan buat jadwal liburan di akhir tahun atau ambil cuti saat weekday (mungkin bisa seminggu atau beberapa hari) untuk melepas penat dan nikmati hidup kamu.

Mungkin kamu berpikir bahwa tidak mungkin untuk ambil cuti atau liburan karena kamu adalah pemegang kunci di perusahaan atau orang “penting” yang harus memastikan semuanya berjalan dengan baik.

Tahukah kamu, hampir 85 persen eksekutif yang disurvei untuk sebuah penelitian mengatakan bahwa mereka telah membatalkan liburan karena mereka tidak dapat meninggalkan pekerjaan.

Dalam jangka panjang, perilaku semacam ini benar-benar hanya merugikan perusahaan.

[Baca Juga: Ilustrasi: Cerita Orang Sukses, Kaya dari Masalah Orang Lain dan Jadi Solusi untuk Orang Lain]

Dengan mengambil cuti untuk liburan, mereka kembali dengan kreativitas lebih dan mampu memikirkan masa depan perusahaan dengan lebih jelas.

Jadi, sudah rencanakan liburanmu akhir pekan ini atau akhir tahun ini?

Bingung rencanakan dana perjalanannya? Gunakan Aplikasi Finansialku dan manfaatkan fitur perencanaan dana liburanmu.

Bingung dengan caranya? Jangan khawatir. Ikuti saja tutorial yang telah disiapkan oleh Finansialku dalam video singkat berikut ini:

Bagaimana? Mudah bukan?

Segera miliki aplikasinya dengan men-download melalui Google Play Store atau lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PC.

Liburan jadi menyenangkan tanpa meninggalkan utang!

#2 Akhiri Hubungan yang Membuatmu Tertekan

Dalam hal hubungan dengan orang lain seperti pertemanan misalnya, mungkin kamu menemukan ada hal-hal yang kurang menyenangkan.

Jika kamu merasa bahwa kejadian tersebut cukup sering terjadi dan itu mengganggumu, tak perlu menghabiskan banyak waktu, kamu bisa mengakhiri hubungan dengannya sebelum kamu merasakan kepahitan dan kekecewaan lebih dalam lagi.

Hidup ini terlalu singkat untuk hidup dengan kekecewaan.

Agar tidak menyisakan kekecewaan, kamu perlu mengampuni dan melupakan apa yang ia lakukan.

[Baca Juga: 12 Cara Menghindari Stress akibat Masalah Keuangan bagi Anda yang Single Parents]

Jadikan pembelajaran dalam memilih pertemanan dan kamu bisa membuka pertemanan baru yang lebih baik dan lebih membangun hidupmu.

Temukan komunitas yang membangun dan positif untuk masa depanmu, salah satunya seperti Komunitas Finansialku yang merupakan kumpulan dari orang-orang yang ingin memiliki kehidupan finansial yang semakin baik di masa depan.

Dalam komunitas tersebut biasa dilakukan sharing atau berbagai pengalaman dalam mengatur keuangan dan dipandu oleh konsultan perencana keuangan profesional yang bersertifikat.

Menyenangkan bukan?

#3 Mengingat Kejadian Menyenangkan

Terkadang melamun tak ada salahnya untuk mengingat hal-hal menyenangkan yang pernah kamu lalui dengan orang-orang tercinta.

Kamu bisa lihat katalog album foto yang ada di lemarimu.

Ingat lagi momen bahagia, menyenangkan dan tak terlupakan di balik gambar-gambar memorial yang ada di album foto.

[Baca Juga: 2 dari 100 Orang Bisa Mencapai 5 Level Leadership John C Maxwell, Apakah Anda Salah Satunya?]

Mungkin ada kejadian menggelitik yang membuatmu tersenyum, bahkan tertawa atau menangis meneteskan air mata karena terharu dengan momen indah bersama mereka.

Lepaskan ekspresimu dan jangan biarkan itu terpendam. Setiap pengalaman dan kejadian tersebut membangun dirimu hingga saat ini.

Saat melihat dan mengingat kembali saat-saat itu, kamu mungkin bisa belajar sesuatu yang terlewatkan dari pengalaman masa lalumu.

#4 Jangan Hidup Dalam Sakit Hati

Ini bisa jadi masalah serius apabila tidak ditangani dengan baik.

Mungkin kamu pernah punya masalah dengan seseorang yang tak terselesaikan dan berusaha untuk menghindari orang tersebut agar tidak memicu rasa tidak enak dalam hati dan membuat mood jadi galau.

Jika ini terjadi, ini bisa jadi lingkaran setan yang membuatmu merasa tidak sejahtera.

[Baca Juga: Para Manajer! Ketahui Cara Mengawasi dan Mengontrol Psikologi Kepribadian Karyawan]

Satu-satunya cara untuk membuatmu terbebas dari rasa sakit hati itu adalah hampiri orang tersebut dan selesaikan masalah dengan cara damai.

Meski orang tersebut tidak menerimanya, poin penting terletak pada dirimu. Jangan biarkan keadaan diluar dirimu mempengaruhi kebahagiaanmu.

Ketika kamu bisa melepaskan pengampunan bagi mereka yang pernah menyakiti hatimu, kamu bisa menikmati hidupmu yang berharga ini tanpa terus terikat dengan rasa sakit hati yang membuat hidupmu tidak damai.

#5 Berikan Bantuan Pada Orang Lain

Tahukah kamu bahwa memberi dapat memperpanjang usia dan membuat hidup lebih bahagia?

Sebuah kisah klasik yang dilansir dari kompasiana.com tentang kisah Mr. Rockeffeler yang dikenal sebagai seorang kaya raya, namun kehidupannya sama sekali jauh dari rasa bahagia, bahkan dia mengalami masa-masa panjang yang tidak nyaman karena sulit tidur.

Kemudian, pada akhirnya dokter yang merawatnya memvonis hidupnya tidak akan bertahan lama lagi.

Bagaimana sikap dan apa yang dilakukan oleh seorang miliarder Rockeffeler mendengar vonis dari dokternya?

Dia membuat keputusan yang kontroversial dan sesuatu yang baru yang selama ini tidak pernah dilakukannnya.

[Baca Juga: 24% Penyebab Perceraian di Indonesia adalah Masalah Keuangan Keluarga, Bagaimana Solusinya?]

Rockeffeler memutuskan mengubah hidupnya, dan berusaha untuk membantu dan menolong orang lain, khususnya yang kaum papa, susah, dan orang-orang miskin secara terus menerus, sehingga terjadi perubahan yang nyata dalam kehidupannya.

Kesehatan Rockeffler berubah semakin membaik, dan malah berlawanan dengan apa yang diperkirakan oleh dokter yang merawatnya.

Kebiasaannya memberi dan menolong orang lain, menjadi jalan utama sehingga dia bisa hidup sampai usia ke 98 tahun.

Dia meninggal dengan status yang sangat menginspirasi dunia hingga kini, yaitu Rockeffeler sebagai ahli filantropi dan dermawan yang terkenal.

#6 Simpan Hapemu Sebentar

Dengan berkembangnya teknologi dan maraknya penggunaan smartphone, membuat manusia jadi semakin individualis dan kurang peka dengan kehidupan sekitar.

Pemandangan yang sudah menjadi biasa ketika berada di tempat publik atau di transportasi umum seperti busway, angkot atau kereta, banyak orang terlalu terpaku dengan layar hapenya dan sibuk dengan hal-hal yang bersifat maya.

Cobalah untuk menyimpan sejenak hapemu saat berada di tempat umum. Kamu bisa menyapa dan membuka obrolan ringan dengan orang yang duduk di sebelahmu.

[Baca Juga: Apakah Edukasi Keuangan di Tempat Kerja Dapat Meningkatkan Employee Engagement?]

Mungkin kamu menemukan ada orang yang butuh bantuan seperti ibu hamil atau orang tua yang butuh tempat duduk dan kamu bisa menjadi salah seorang yang merelakan kursi untuk mereka.

Tetap terhubung dengan orang-orang di sekitarmu, kembangkan kepekaan atas kebutuhan orang lain dan temukan kenikmatan hidup di dalamnya yang tak terbayangkan.

#7 Perlakukan Dengan Baik Tubuhmu

Menikmati hidup bukan berarti hidup dengan sembarangan.

Anak-anak milenial kebanyakan mempercayai bahwa hidup ini hanya satu kali alias YOLO (You Only Live Once).

Tapi mereka memaknai arti hidup “YOLO” dengan cara-cara yang malah merugikan diri mereka sendiri. Salah satunya tidak memperlakukan tubuh dengan baik.

Saat usia muda, mungkin dampak dari makan yang tidak sehat dan pola hidup tidak sehat seperti merokok tidak terlalu terlihat dampaknya.

[Baca Juga: HR: Top 6 Permasalahan Keuangan Karyawan yang Perlu Diselesaikan dengan Program Kesejahteraan Karyawan]

Tapi saat usia sudah bertambah, pada akhirnya semau penyakit akan menumpuk.

Kondisi kesehatan tubuh tentu akan menurun fungsinya, tidak seperti saat masih muda.

Itulah sebabnya penting sekali untuk memperlakukan tubuh dengan baik untuk dapat menikmati hidup.

#8 Tetapkan Tujuan Hidup

Hidup ini perlu punya tujuan. Apa yang kamu harapkan terjadi pada hidupmu atau apa yang kamu inginkan pada usia tertentu?

Misalnya di usia 25 tahun dengan jumlah penghasilanmu saat ini, kamu ingin membeli motor baru atau punya usaha kecil-kecilan dengan temanmu.

Rencanakan keuangannya dari sekarang dan jangan ditunda. Rencana ini tentunya masuk dalam salah satu pencapaian dalam tujuan hidupmu.

[Baca Juga: Para Pebisnis Wanita, Simak 6 Strategi Bisnis yang Akan Mendatangkan Pertumbuhan]

Merencanakan hidup akan membuatmu lebih menikmati hidup. Kamu bisa mengevaluasi apa yang harusnya kamu lakukan dan menjadi pribadi yang semakin lebih baik.

Manfaatkan saja aplikasi Finansialku untuk merencanakan keuanganmu. Agar terasa lebih eksklusif, jangan lupa untuk upgrade aplikasinya menjadi mode Premium.

Dapatkan potongan harga berlangganan hingga Rp50.000 dengan kode promo: POTONG50RIBU.

Tunggu apalagi? Yuk segera lakukan sekarang juga!

#9 Jadilah Proaktif

Daripada menunggu orang lain untuk melakukan sesuatu buatmu, akan lebih baik jika kamu ambil inisiatif untuk melakukannya terlebih dahulu.

Sikap proaktif dan inisiatif akan dapat membangun karaktermu, apalagi di tengah persaingan global, kamu bisa jadi salah satu karyawan yang dilirik oleh atasan dan promosi kenaikan kerja bisa cepat kamu dapatkan.

[Baca Juga: Ketahui 5 Tantangan Seorang Pemimpin yang Akan Anda Hadapi dan Bagaimana Cara Menghadapinya]

#10 Tingkatkan Kemampuan Sosial

Tidak ada salahnya menjadi seorang yang introvert, tapi meningkatkan kemampuan sosial akan sangat bermanfaat.

Jangan lewatkan kesempatan emas saat bertemu dengan orang-orang yang akan bisa mengubah hidupmu lebih baik.

Saat sedang menunggu di sebuah lobi hotel atau menunggu jadwal penerbangan misalnya, kamu mungkin bertemu orang-orang yang bisa mengubah hidupmu, misalnya teman baru yang kelak bisa jadi teman hidupmu atau kenalan yang kemudian menjadi rekan bisnis yang menguntungkan.

Semua Berawal Dari Kamu

Jadi, cara apa yang kamu lakukan untuk menikmati hidupmu? Apakah cara tersebut ada dari ke-10 hal yang sudah disebutkan sebelumnya?

Ingat ya, inti dari semua cara ialah kembali padamu. Kamu yang harus menentukan cara yang paling tepat bagimu.

Kamu yang mengetahui segala situasi dan kondisi sekitarmu. Manfaatkan setiap kesempatan juga kenali lebih dalam dirimu.

Bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan! Jika membutuhkan bantuan berupa solusi jitu tentang mengatur keuangan pribadi bisnis atau keluarga, kamu dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku.

Sumber Referensi:

    Admin. 16 Oktober 2018. Ada 4 Kekuatan Manfaat yang Didapatkan Ketika Anda Memberi. Kompasiana.com – https://bit.ly/36DdSHU

    Celestine Chua. 101 Ways To Live Your Life To The Fullest. Personalexcellence.co – https://bit.ly/36GWTEW

    Erica Florentine. 14 April 2016. 13 Simple Ways To Live Life To The Fullest. Bustle.com – https://bit.ly/36EAkQY

    Quincy Seale. 45 Ways To Live Life To The Fullest. Keepinspiring.me – https://bit.ly/2NliOda

    Smart Shopping. 11 Hidden Benefits of Taking More Vacation. Mentalfloss.com – https://bit.ly/32hDbfu

Sumber Gambar:

    Nikmati Hidup – http://bit.ly/2NQrAib

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *