Travel  

Sunrise Point Cukul, Menikmati Panorama Indah dari Ketinggian di Bandung

Sunrise Point Cukul, Menikmati Panorama Indah dari Ketinggian di Bandung

tribunwarta.com – Keindahan alam yang menakjubkan, itulah yang anda dapatkan ketika menyempatkan diri mengunjungi Sunrise Point Cukul. Objek wisata ini menjadi salah satu alternatif terbaik bagai anda yang ingin menyaksikan panorama alam dari atas ketinggian. Lokasinya sendiri berada diatas ketinggian 1600 mdpl dengan pemandangan utama pegunungan dan hamparan kebun teh.

Suasana yang sejuk dan asri membuat wisatawan yang datang betah berlama-lama. Sejauh mata memandang terhampar hijaunya tumbuhan dan perkebunan dengan kontur khas terasering yang berundak. Punuk perbukitan pun jelas terlihat dan menjadikan objek wisata di Bandung ini semakin terkesan eksotis.

Objek wisata ini selalu ramai dikunjungi, apalagi jika hari libur tiba. Tujuan utama wisatawan yang datang adalah untuk menikmati pesona alam yang dimiliki. Lokasi tepatnya berada di kawasan Pangalengan, yakni salah satu wilayah di Bandung yang terkenal akan produk susu sapi nya. Meskipun jarak dari pusat kota Bandung lumayan jauh, namun tidak menghalangi pengunjung yang penasaran dan ingin menikmati keindahan alamnya.

Daya Tarik Wisata Sunrise Point Cukul

Sesuai namanya, Sunrise Point Cukul menawarkan pemandangan utama dari matahari terbit. Namun pastinya masih ada banyak hal yang menarik dan menjadi alasan pengunjung yang datang. Berikut adalah daya tarik selengkapnya yang dapat anda jadikan bahan pertimbangan sebelum berkunjung!

1. Pemandangan Indah dari Atas Ketinggian

Secara keseluruhan, objek wisata kali ini memiliki keindahan alam yang nyaris sempurna. Bandung memang dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan dengan pesona yang indah. Hal itu pun tidak lepas dari destinasi wisata kali ini. Hamparan sawah milik warga yang nyaris berdampingan dengan kebun teh membuat seluruh pandangan menjadi hijau.

Belum lagi pohon rindang yang tumbuh subur di sekitar lokasi. Kontur khas perbukitan dengan punuk tidak beraturan menjadikannya semakin eksotis. Di waktu tertentu, kabut tipis semakin memperindah suasana dan sekaligus menjadikan hawa sejuk. Meskipun tidak terlalu jelas karena jaraknya yang cukup jauh, pesona Gunung Wayang pun menjadi latar belakang yang tetap indah.

2. Tempat yang Cocok untuk Menikmati Pesona Sunrise

Bukan lagi rahasia umum jika Sunrise Point Cukul adalah lokasi yang cocok untuk menikmati panorama matahari terbit. Sebagian besar pengunjung yang datang memang bertujuan untuk melihat matahari yang baru memulai aktivitas sehari-harinya. Meskipun objek wisata ini baru dibuka pada jam 8 pagi, namun penjualan tiket dilakukan selama 24 jam nonstop.

Hal ini memang disengaja oleh pengelola karena banyak yang datang di malam hari atau sebelum fajar dengan tujuan menunggu matahari terbit. Pesonanya memang tidak dapat diabaikan begitu saja dengan gradasi warna indah dan sinar yang merayap perlahan memberikan kehangatan.

3. Suasana Alami dan Asri

Daya tarik Sunrise Point Cukul selanjutnya yaitu dari suasananya yang asri dan alami. Lokasinya yang minim penduduk menjadikannya terlindung dari bahaya tangan jahil manusia. Apalagi tidak ada pabrik atau asap kendaraan seperti di perkotaan, udaranya pun semakin sejuk dan menyehatkan.

Bagi warga pedesaan mungkin sudah biasa mendapatkan suasana seperti ini. Lain halnya dengan mereka yang datang dari perkotaan, bukan hal yang lumrah tentunya. Suasana seperti ini tidak lepas dari adanya pohon rindang yang ada di sekitar lokasi. Adanya perkebunan teh semakin memperkuat kesan alami dan asri yang didapatkan.

4. Situ Cukul yang Menawan

Sunrise Point Cukul memiliki sebuah danau yang terlihat menawan dari kejauhan. Danau inilah yang dinamakan Situ Cukul dengan airnya yang lumayan jernih. Meskipun tidak terlalu besar, permukaan airnya yang bersih mampu memantulkan pohon yang ada di sekitarnya. Tidak jarang pengunjung yang datang menjadikannya sebagai latar belakang foto yang menawan.

5. Kisah Mistis dari Villa Jerman

Tidak jauh dari lokasi Situ Cukul berada, terdapat sebuah villa yang konon merupakan bangunan tua zaman belanda. Namanya Villa Jerman yang dikenal mistis dan sering terlihat penampakan. Menurut kesaksian warga sekitar, dulunya bangunan yang juga dikenal sebagai Villa Merah tersebut digunakan sebagai tempat eksekusi atau pembunuhan.

Anggapan tersebut diperkuat dengan adanya bercak merah seperti bekas noda darah yang sering terlihat. Di waktu tertentu pun terlihat penampakan wanita misterius yang dipercaya sebagai salah satu korban pembunuhan. Meski demikian, hal ini tidaklah membuat pengunjung takut. Justru dengan adanya kisah ini menjadikan mereka lebih penasaran dan ingin membuktikan sendiri kebenarannya.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Jalan Cukul, Desa Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, itulah alamat lengkap dari Sunrise Point Cukul. Jarak dari pusat kota Bandung sekitar 55 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh selama 2 jam. Disarankan menggunakan kendaraan pribadi jika anda berminat mengunjunginya, karena akses untuk transportasi umum masih jarang ditemui.

Dari Bandung, silahkan mengambil arah selatan dan gunakan jalan tol hingga anda memasuki kawasan Soreang. Tujuan selanjutnya adalah Banjaran dan silahkan temukan Jalan Raya Pangalengan melalui papan petunjuk. Tidak jauh dari titik lokasi ini, anda akan berjumpa dengan Situ Cileunca yang berjarak sekitar 10 kilometer dari lokasi wisata utama.

Lanjutkan perjalanan menuju ke arah selatan hingga menemukan Situ Cukul. Jalannya sedikit menanjak dengan pemandangan indah dari hamparan kebun teh yang hijau. Apabila anda menemukan sebuah bangunan bergaya Jerman, itulah yang dimaksud Villa Merah yang juga sebagai penanda bahwa tujuan anda semakin dekat.

Harga Tiket Masuk Sunrise Point Cukul

Seperti halnya objek wisata lain, Sunrise Point Cukul memberlakukan biaya tiket masuk bagi wisatawan yang datang. Harganya jauh dari kata mahal jika dibandingkan dengan panorama dan liburan yang mengesankan. Untuk usia dewasa hanya diwajibkan membayar sebesar 10.000 rupiah, sedangkan untuk anak-anak bebas masuk alias gratis.

Terdapat berbagai spot foto berupa gardu pandang yang dapat anda gunakan gratis karena sudah termasuk biaya tiket. Namun biaya tersebut tidak termasuk tiket parkir dengan tarif 5.000 untuk mobil dan 2.000 rupiah bagi yang membawa sepeda motor. Objek wisata ini sebenarnya baru dibuka mulai pukul 08.00, tetapi anda bisa datang sebelumnya karena penjualan tiket berlaku selama 24 jam.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Apa yang dapat dilakukan selama mengunjungi Sunrise Point Cukul? Mungkin ada sebagian dari anda yang menanyakan hal ini. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan aktivitas yang anda lakukan ketika mengunjungi objek wisata alam lainnya. Sebagai referensi, berikut hal-hal menarik yang dapat dilakukan selama di lokasi!

1. Nongkrong Santai sambil Menikmati Panorama Alam

Datanglah bersama rombongan, baik teman maupun keluarga. Nongkrong bersama mereka tentunya lebih menarik sembari melihat pemandangan alam di sekitar lokasi. Hamparan hijau kebun teh menjadi pemandangan wajib dan pasti anda dapatkan dari atas ketinggian. Punuk perbukitan selalu membawa pesona mengagumkan dengan undakan khasnya.

2. Bermalam dengan Mendirikan Tenda

Meskipun terdapat kisah mistis dari Villa Jerman, faktanya masih banyak pengunjung yang berkemah dengan mendirikan tenda di Sunrise Point Cukul. Ada area khusus yang dijadikan tempat perkemahan sehingga tidak mengganggu pengunjung lain yang melakukan aktivitas berbeda. Suasana malam yang sejuk dan bahkan dingin semakin membuat akrab rombongan yang anda bawa, baik teman maupun keluarga.

3. Menyaksikan Keindahan Sunrise

Wisatawan yang berkemah pada umumnya ingin menikmati panorama matahari terbit. Lokasi wisata ini cocok sekali dijadikan tempat untuk menyaksikan keindahan sunrise, oleh sebab itulah dinamakan Sunrise Point Cukul. Keindahan matahari terbit dimulai dari penampakan nya yang muncul dibalik Gunung Wayang. Perlahan namun pasti, sinar kuning nya menerangi setiap titik sesuai ketinggiannya.

4. Berburu Spot Foto

Apapun liburan yang anda lakukan, dimana pun lokasinya berada, aktivitas yang wajib dilakukan adalah berfoto. Selain bertujuan untuk mengabadikan momen, banyak juga pengunjung yang berusaha mendapatkan latar belakang cantik dengan tujuan untuk memamerkannya di media sosial. Selain foto, konten video pun sepertinya cocok menghiasi beranda media sosial anda.

5. Jalan-jalan di Kebun Teh

Sunrise Point Cukul letaknya tidak jauh dari perkebunan teh. Tidak ada salahnya jika anda jalan-jalan santai mengelilingi perkebunan setelah puas menikmati pesona matahari terbit. Jika beruntung dengan kondisi cuaca yang mendukung, kabut tipis menjadi teman selama perjalanan anda berkeliling.

Fasilitas Wisata di Sunrise Point Cukul

Objek wisata kali ini tergolong sederhana dan dikelola apa adanya. Meski demikian, dalam hal fasilitas sudah lebih dari cukup memadai. Sunrise Point Cukul menyediakan fasilitas berupa toilet yang bersih dan nyaman. Mushola pun tersedia bagi wisatawan yang beragama Islam dan ingin menunaikan kewajibannya.

Fasilitas lainnya yaitu tempat parkir yang lumayan luas dan mampu menampung banyak kendaraan sekaligus. Tersedia pula warung dengan berbagai menu makanan dan minuman yang bervariasi. Meskipun sederhana, warung tersebut mampu mengatasi keluhan perut bagi pengunjung yang datang.

Sedikit review diatas diharapkan dapat memberikan gambaran sekilas sebelum anda datang mengunjunginya. Sunrise Point Cukul memang bukan satu-satunya objek wisata di Bandung yang menyajikan panorama alam indah. Namun keunikan dari daya tariknya dipastikan membuat wisatawan yang pernah datang ingin segera mengunjunginya kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!