Travel  

Puncak Mas, Tempat Piknik yang Lagi Ngehits di Bandar Lampung

Puncak Mas, Tempat Piknik yang Lagi Ngehits di Bandar Lampung

tribunwarta.com

Lokasi: Jl.Haji Hamim RJP, Tanjung Karang Barat, Sukadana Ham, Kota Bandar Lampung 35215Map: Klik DisiniHTM: Rp. 20.000 per OrangBuka Tutup: 08.00–23.00 WIBTelepon: 082-181-155-115 / 081-172-04-714

Puncak Mas Lampung Sukadanaham terletak di kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Pulau Sumatera.

Kota Bandar Lampung adalah salah satu kota besar di Indonesia yang terletak di Provinsi Lampung.

Kota ini juga kota terbesar dan terpadat ketiga di Pulau Sumatera, Kota ini terletak di Pulau Sumatera bagian selatan berbatasan dengan Pulau Jawa.

Sehingga kawasan ini sekaligus menjadi gerbang utama bagi para pengunjung dari Pulau Jawa dan sekitarnya melalui pelabuhan besar yakni pelabuhan Bakauheni.

Pelabuhan Bakauheni sudah menjadi jalur akses utama untuk transportasi umum dan juga kendaraan pengangkut barang atau logistik yang akan memasuki daerah Lampung ataupun daerah lain di pulau Sumatera.

Kota Bandar Lampung berdasarkan data pada tahun 2015 berjumlah penduduk sekitar 1.166.761 jiwa, tersebar di 126 kelurahan atau desa di dalam 20 kecamatan.

Saat ini telah menjadi pusat jasa, perdagangan dan perekonomian daripada Provinsi Lampung.

Kota Bandar Lampung ini terletak di sebelah timur dari Kabupaten Pringsewu, yaitu Kabupaten yang diresmikan pada tanggal 29 Oktober 2008 lalu menjadi kabupaten pada rapat Paripurna DPR.

Kabupaten Pringsewu ini adalah hasil pemekaran dari Kabupaten Tanggamus, karena memiliki perkembangan daerah yang baik dari segi pendapatan daerahnya juga dari taraf ekonomi dan pendidikan masyarakatnya.

Kabupaten Pringsewu berjarak sekitar 37 kilometer dari Kota Bandar Lampung & dapat ditempuh dengan waktu sekitar satu jam 20 menit menggunakan kendaraan.

Kota Bandar Lampung adalah daerah yang sangat kental akan kebudayaannya, seringkali mengadakan kegiatan festival budaya.

Diantaranya adalah Festival Krakatau yang sangat terkenal hingga mancanegara, berbagai kegiatan menarik dilaksanakan dalam event ini, salah satunyaTur Ke Gunung Anak Krakatau.

Kemudian ada Pesta Pantai, lomba foto bahari bagi penghobi foto bahari, snorkeling bersama menikmati indahnya ragam hayati bawah laut.

Lomba memancing menggunaan layang-layang pun juga menjadi salah satu cara memancing tradisional para nelayan setempat, food dan coffee festival serta kegiatan-kegiatan lainnya.

Setelah itu ada Lampung Fair yang juga banyak diminati para warga lokal maupun luar daerah bahkan wisatawan mancanegara.

Acara Lampung Fair ini juga ditujukan untuk meningkatkan roda ekonomi kreatif bagi masyarakat dengan diikuti banyak industri–industri kreatif.

Kemudian ada juga Festival Danau Ranau, yaitu festival tahunan yang biasa diselenggarakan pada bulan September tiap tahunnya.

Danau Ranau sendiri merupakan Danau Terbesar di Pulau Sumatera setelah Danau Toba.

Festival Danau Ranau ini juga menyuguhkan beragam tarian kreasi khas Lampung dan beraneka macam perlombaan seru seperti lomba tarik tambang perahu, menghias perahu, foto lanskap dan Budaya.

Dan sajian utama yang paling menarik dari Festival ini adalah Karnaval Sekura atau Topeng Khas Lampung Barat.

Kota berjuta Siger ini juga terkenal akan kekentalan adat budayanya, walaupun sudah modern daerah tersebut tetap menjaga identitas budayanya.

Bisa terlihat dari lambang siger (mahkota khas Lampung) terdapat hampir diseluruh bagian depan bangunan dan hiasan jalan diseluruh kota.

Pemerintah kota mewajibkan bagi seluruh bangunan agar memasang lambang atau simbol ciri khas daerah lampung yaitu Siger (mahkota perlambang kebesaran, keagungan, kemewahan, berbudi pekerti dan berbudaya.

Bagi yang ingin berkunjung ke Kota Bandar Lampung ini ada beberapa alternatif transportasi untuk digunakan, yaitu menggunakan moda transportasi udara atau pesawat terbang menuju Bandar Udara Radin Inten II (terminal baru).

Bisa juga menggunakan moda ransportasi darat seperti bus antar kota hingga tiba di Terminal Rajabasa, ataupun menggunakan moda transportasi laut yang berlabuh di Pelabuhan besar Bakauheni.

Anda hanya perlu menyesuaikan moda transportasi mana yang ingin digunakan sesuai keinginan dan kenyamanan.

Apabila ingin berkunjung ke Palembang, selain menggunakan moda udara dan darat, bisa juga menggunakan jasa transportasi kereta api dari stasiun Tanjung Karang.

Untuk akomodasi penginapan, di Kota Bandar Lampung ini sudah tersedia banyak pilihan tempat menginap, mulai dari penginapan biasa hingga hotel berbintang yang akan memudahkan kunjungan wisata Anda di Kota ini.

Kota Bandar Lampung memiliki beragam jenis objek wisata yang sangat diminati oleh wisatawan lokal dan pengunjung dari daerah lain bahkan hingga mancanegara.

Kota ini juga memiliki objek wisata alam berupa objek wisata Pantai, salah satunya ialah Pantai Pasir Putih yang berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota.

Lalu ada juga objek wisata Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil nan eksotis untuk dikunjungi.

Tak kalah eksotis ada pula objek wisata Teluk Kiluan yang juga sudah cukup dikenal para wisatawan domestik maupun mancanegara serta pulau–pulau dan pantai–pantai lainnya.

Kemudian ada juga objek wisata Taman Nasional Way Kambas, Taman ini menjadi lokasi perlindungan satwa gajah sumatera yang jumlahnya kian berkurang.

Taman Nasional Way Kambas ini berdiri sejak tahun 1985 dimana dahulunya adalah sebagai pusat sekolah gajah pertama di Indonesia.

Objek wisata Gunung Anak Krakatau, objek wisata yang satu ini sangat terkenal seantero dunia karena sejarah letusannya begitu dahsyat hingga suaranya sampai ke benua Australia dan awan gelap menutupi sampai ke Eropa pada tahun 1883.

Setelah letusan tersebut, terbentuk gunung baru pada tahun 1928 yang sekarang disebut dengan Anak Krakatau. Gunung Anak Krakatau adalah gunung berapi aktif hingga saat ini.

Lokasi wisata Gunung Anak Krakatau ini masuk dalam wilayah Lampung, namun jika ingin berkunjung akan lebih mudah aksesnya bila melalui Pantai Anyer – Carita, Provinsi Banten dipulau Jawa menggunakan perahu bermotor atau mesin.

Kota Bandar Lampung juga memiliki objek wisata di dataran ketinggian nan beragam dan terkenal.

Salah satunya yang selalu ramai pengunjung adalah wisata Puncak Mas Lampung Sukadanaham.

Deskripsi Sejarah

Pada awal mulanya objek wisata Puncak Mas Sukadanaham ini adalah properti atau kawasan pribadi milik Bpk. Thomas Aziz Riska, salah satu tokoh muda terkenal di Lampung.

Kemudian sekitar pada awal tahun 2022 diubah fungsi dan telah resmi menjadi kawasan wisata umum.

Semenjak dibuka menjadi kawasan wisata umum, Puncak Mas Sukadanaham ini ramai didatangi para pengunjung pecinta fotografi yang gemar mengabadikan momen – momen indah dalam foto.

Ataua kalangan muda-mudi yang gemar ber-selfie untuk dibagikan di akun sosial medianya juga bagi keluarga yang ingin berlibur bersama menikmati akhir pekan.

Bahkan ada jugapengunjung yang sekedar ingin menikmati keindahan pemandangan alam sekitarnya.

Objek wisata Puncak Mas Sukadanaham ini tak hanya didatangi oleh pengunjung dari lampung dan sekitarnya saja, melainkan juga didatangi oleh pengunjung dari luar Sumatera.

Lokasi Puncak Mas

Objek wisata Puncak Mas Lampung Sukadanaham terletak di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, lebih tepatnya ber-alamat di Jalan Haji Hamim RJP, Kelurahan Sukadana Ham, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung.

Masih berdekatan dengan objek wisata Alam Wawai Eco Park dan Summit Bistro yang juga merupakan objek wisata terkenal di Lampung.

Rute Menuju Lokasi

Untuk teman–teman yang suka atau mau mucak ke Puncak Mas Lampung Sukadanaham, ada tiga rute jalan untuk dilewati, yaitu :

    Rute Kemiling

Jika dari Dua Kemiling masuk ke palang besi (jalan alternatif menuju Teluk Betung) jalan terus melewati jalan Imba Kesuma sampai ke Tugu Duren, kemudian belok kanan, melalui jalan menanjak.

Lalu masuk ke kelurahan Sukadanaham, dari sini bias mengikuti petunjuk arah jalan menuju Puncak Mas Lampug Sukadanaham.

    Rute PDAM Way Rilau atau Teluk Betung

Untuk yang mau melewati atau dari PDAM Way Rilau atau Teluk Betung, ambil jalan belakang melalui Lazuardi Haura dan Citraland Lampung, jalan terus hingga bertemu Tugu Duren.

Setelah bertemu Tugu Duren, kemudian belok kiri masuk ke kelurahan Sukadanaham, setelah dari sini hanya perlu mengikuti arah petunjuk jalan saja.

    Rute Tanjung Karang

Bagi yang dari arah Tanjung Karang anda bisa ambil arah ke jalan H Agus Salim, kemudian menuju Lembah Hijau melalui jalan menanjak tajam dan teruskan sampai ketemu Tugu Duren.

Setelah bertemu Tugu Duren ambil jalan lurus terus masuk Kelurahan Sukadanaham, kemudian mengikuti papan petunjuk jalan menuju objek wisata Puncak Mas Sukadanaham.

Harga Tiket Masuk

Objek wisata Puncak Mas Sukadanaham dibuka dari pukul 08.00 sampai pukul 22.00 WIB setiap harinya, dan saat akhir pekan bisa sampai pukul 24.00 WIB.

Sebelum masuk kita diharuskan membeli tiket masuk dengan harga Rp 20.000,- per orang, dibantu oleh petugas loket yang langsung mengampiri setiap kendaraan yang masuk kawasan wisata Puncak Mas Lampung Sukadanaham ini.

Untuk harga tiket masuk wisata Puncak Mas Lampung Sukadanaham ini memang lebih mahal jika dibandingkan dengan objek wisata Muncak Teropong laut.

Akan tetapi kawasan Puncak Mas Lampung Sukadanaham ini lebih luas areanya, lebih lengkap fasilitas yang ditawarkan, lebih bersih dan lebih nyaman.

Sehingga harga tiket masuk tersebut sepadan dengan fasilitas – fasilitas yang tersedia di Puncak Mas Lampung Sukadanaham ini.

Spot Muncak

Objek Wisata Puncak Mas Lampung Sukadanaham ini berada di lokasi perbukitan, sehingga pemandangan dari ketinggian menjadi salah satu daya Tarik bagi pengunjung disamping udaranya yang sejuk karena berada di dataran tinggi dan masih asri.

Dari Puncak Mas Lampung Sukadanaham kita bisa melihat pemandangan ke perbukitan, Teluk Lampung nan indah dan juga kearah lansekap Kota Bandar Lampung.

Memiliki banyak spot muncak yang instagramable, mulai dari spot wahana untuk orang dewasa dan untuk anak – anak dengan keamanan dan kenyamanan.

Puncak Mas Lampung Sukadanaham sangat cocok jadi tempat tujuan wisata semua kalangan usia, bersama keluarga atau juga bersama pasangan saat akhir pekan dan liburan sekolah.

Salah satu daya Tarik wisata di sini adalah beragam pilihan rumah pohon yang juga bagus dan menarik untuk sekedar bersantai menikmati pemandangan atau untuk berfoto ria di setiap spot rumah pohonnya.

Dari sekian banyak ragam spot rumah pohon yang ada, terdapat satu rumah pohon dengan bentuk rupa yang unik, yaitu dengan bentuk rumah terbalik.

Spot rumah pohon terbalik ini sangat digemari banyak pengunjung untuk dipakai berfoto karena unik dan berbeda dari yang lain.

Spot rumah pohon terbalik tersebut dapat menampung maksimal sampai 15 orang.

Di setiap spot rumah pohon juga dipasang petunjuk maksimal kapasitas daya tampungnya.

Sehingga tetap harus mematuhi aturan-aturan keselamatan dan keamanan seperti yang sudah diberikan oleh pihak pengelola objek wisata Puncak Mas ini.

Selain rumah pohon, ada juga spot taman terbuka untuk bersantai, taman bermain untuk anak-anak yang dilengkapi berbagai mainan yang aman dan seru, ada pula jembatan cinta yang sangat bagus untuk berfoto.

Desainnya unik dengan material kayu alam dan dengan pemandangan pepohonan asri menjadikan jembatan cinta ini sering juga diminati kawula muda untuk berfoto bahkan sebagai tempat menyatakan cintanya kepada calon pasangan.

Saat malam hari Puncak Mas Lampung Sukadanaham ini jadi lebih indah dihiasi lampu – lampu hias diseluruh lokasi wisata Puncak Mas Lampung Sukadanaham.

Sehingga menjadi tambahan suasana romantis, untuk berfoto ria atau sekedar menikmati suasana sekitar lokasi wisata.

Kepada yang akan berkunjung ke Puncak Mas ini harus tetap memperhatikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan diri sendiri, agar kunjungan wisata tetap seru dan menyenangkan hingga saat pulang.

Fasilitas Lain

Walaupun objek wisata Puncak Mas Lampung Sukadanaham ini termasuk objek wisata baru, namun fasilitas lain yang ditawarkan di Puncak Mas Lampung Sukadanaham ini cukup lengkap.

Selain spot-spot instagramable, terdapat juga gazebo atau saung yang bisa dipakai oleh para pengunjung untuk beristirahat setelah seharian berkeliling menikmati kawasan Puncak Mas Lampung Sukadanaham.

Bisa juga dipergunakan sambil menunggu waktu sore atau malam hari, karena ketika itu pemandangan kota Bandar Lampung jadi lebih menarik dihiasi pemandangan lanskap lampu-lampu bangunan.

Selain gazebo untuk berstirahat, terdapat juga fasilitas tempat beribadah atau mushola, toilet-toilet yang terjaga kebersihannya, taman yang indah.

Ada pula restoran atau cafe outdoor sebagai tempat bersantai sambil menikmati makanan atau minuman dicafe tersebut, serta didukung pula dengan lahan parkir yang luas dan aman, sehingga dapat aman memarkirkan kendaraan kita.

Di Puncak Mas Lampung Sukadanaham ini juga ada live musik dan DJ-nya ketika akhir pekan, menambah kegembiraan saat berkunjung bersama keluarga atau teman dan bisa bernyanyi bersama para pemain musik disana.

Kebersihan lokasi wisata Puncak Mas Lampung Sukadanaham ini juga menjadi poin penting yang menarik para pengunjung untuk datang kembali.

Karena walaupun banyak pengunjung, pengelola tetap menjaga kebersihan dengan baik demi kenyamanan para pengunung Puncak Mas Lampung Sukadanaham ini.

Bila anda ingin menginap ada pula villa yang bisa dipakai atau disewa untuk menginap oleh para pengunjung.

Tak jauh dari lokasi wisata Puncak Mas Lampung Sukadanaham ini, ada Villa Bukit Mas sebagai alternatif tempat menginap yang juga masih milik Bpk Thomas Azis Riska hanya saja untuk yang di Bukit Mas dikelola oleh istri beliau.

Namun jika Anda ingin menginap ditempat lain, ada juga penginapan atau cottage disekitar lokasi wisata yang juga bisa menjadi alternatif tempat menginap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!