Travel  

Pelabuhan Benoa Denpasar Bali

Pelabuhan Benoa Denpasar Bali

tribunwarta.com – Lokasi: Jl. Dermaga Pelabuhan Benoa, Pedungan, Denpasar Selatan, BaliMap: Klik DisiniHTM: FreeBuka Tutup: 24 JamTelepon: (0361) 720560

Pelabuhan Benoa

Jika Anda ke Bali menggunakan jalur laut, maka pasti akan melalui Pelabuhan Benoa di Denpasar yang konon katanya sudah ada dari tahun 1924 sejak pemerintah kolonial berkuasa.

Dahulu ada batasan-batasan terhadap kawasan kerja serta kepentingan yang diberlakukan di Pelabuhan Benoa oleh Pemerintah Kolonial yaitu harus sesuai dengan ketetapan dalam Staadblad no.16 tanggal 8 Januari tahun 1926.

Di dalam penetapan terkait batas-batas pelabuhan tersebut menyebutkan bahwa harus berdasarkan peta pelabuhan zaman Belanda.

Batas-batas kawasan kepentingan serta kerja pelabuhan akhirnya dirubah pada tanggal 14 Februari 1990 sesuai SKB (Surat Keputusan Bersama) oleh Bapak menteri dalam negeri dan perhubungan no. 15 tahun 1990/KM 18 Tahun 1990.

Pada tahun 2022 ini ada rencana terkait perluasan pelabuhan Benoa lewat saran draft RIP atau Rencana Induk Pelabuhan dari pemerintah setempat.

Kelak Pelabuhan Benoa akan menyediakan layanan pengiriman logistik, kapal biasa maupun pesiar.

Berdasarkan penuturan Gubernur Bali Made Mangku Pastia hal tersebut masih dalam proses dan diskusi dengan Bapak Walikota Denpasar.

Jika ini dapat terwujud maka Pelabuhan Benoa akan menjelma jadi pelabuhan terbesar di pulau dewata.

Alasan dibalik rencana pengembangan pelabuhan adalah semakin banyaknya para wisatawan yang berkunjung ke Bali dengan menggunakan kapal pesiar baik yang berukuran menengah hingga kecil.

Oleh karena itu, rencana perluasan Pelabuhan Benoa supaya kapal-kapal pesiar yang datang tidak kesulitan untuk bersandar.

Pelabuhan Benoa tidak hanya akan jadi pelabuhan paling besar namun di kawasan sekitarnya juga terdapat banyak destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Pelabuhan Benoa dinobatkan sebagai Best Port Welcome oleh Majalah Dream Worlf Cruise Destination pada tahun 2010 silam.

Pelabuhan Benoa tidak sama dengan Tanjung Benoa. Spot ini merupakan dua tempat berbeda meskipun lokasinya cukup dekat.

Jika pelabuhan Benoa terdapat di Denpasar sedangkan Tanjung Benoa di Kuta Selatan dan menawarkan banyak sekali aktivitas-aktivitas air.

Tempat Wisata Terdekat

Di area sekitar Pelabuhan Benoa terdapat banyak sekali destinasi wisata keren yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini beberapa contohnya:

Bali Wake Park

2 tahun lalu pada bulan April dikawasan Pelabuhan Benoa telah diresmikan destinasi wisata baru bernama Bali Wake Park.

Lokasinya tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai hanya sekitar 10 menit perjalanan. Selain itu untuk menuju tempat-tempat terkenal seperti Kuta, Nusa dua, Sanur, Jimbaran dari Bali Wake Park hanya butuh waktu 15 menit saja.

Di tempat wisata yang tergolong masih baru ini telah dilengkapi sistem kabel (state-of-the art) berukuran sangat besar.

Kabel tersebut diletakkan di kawasan danau dengan luas mencapai 5 hektar serta panorama laut yang luar biasa.

Terdapat 8 operator yang dapat menangani sampai 8 pengendara sekali waktu yang disediakan di danau utama dengan sistem kabel berukuran penuh.

Kegiatan ini dapat diikuti tidak hanya orang dewasa, anak-anak namun tingkatan kehalian juga karena sistem kabel tersebut dapat dioperasikan dan diatur kecepatannya. Kemudian hambatan diletakka dalam pilihan air untung challenge.

Anda tidak perlu khawatir karena operator Bali Wake Park terus bersiaga jika terjadi insiden seperti jatuh atau selama sibuk batas lap di aktifkan agar semua penumpang memperoleh giliran untuk mengendarainya.

Bagi para pengunjung yang belum pernah memainkan papan seluncur (skateboard) terdapat 2 sistem tower yang mudah dan telah disesuaikan bagi para pemula serta anak-anak untuk berlatih olahraga.

Disediakan juga instruktur berlisensi untuk melayani penuh per orang serta pelatihan untuk para pengunjung yang baru pertama kali atau anak-anak yang mencoba wakeboarding.

Dengan begitu para orang tua merasa percaya kalau anak-anaknya ada di bawah pengawasan orang-orang yang tepat dan aman.

Bagi yang sudah mahir bermain wakeboarding terdapat 2 tingkatan memperlihatkan 4 hambatan beragam dengan mengkoneksikan 2 kolam renang untuk penggabungan tidak berujung.

Di Bali Wake tidak hanya menyediakan wakeboarding namun ada pula kolam renang, spa, restoran, bar dan beberapa atraksi yang pastinya cocok untuk keluarga.

Ada pula wahana skuter listrik yang tidak butuh pengalaman atau keahlian tertentu bernama nineboat.

Dengan melompat ke nineboat, Anda dapat mengelilingi taman dengan cara menyenangkan dan lain daripada yang lain.

Disini terdapat juga toko yang menyediakan berbagai perlengkapan surfing dan wake board dari berbagai brand serta produk-produk terbaru.

Beberapa brand yang ada di toko ini diantaranya JOBE, Rip Curl, Driftwood, Double Up, dan banyak lagi. Buka dari pukul 10.00 hingga 19.00.

Ada pula ‘Cold bar’ yang berda di kolam renang tidak berujung memiliki sebuah bar mini disana dimana Anda dapat duduk bersantai sambil melihat atraksi.

Terdapat beberapa menu minuman dan koktail yang dapat Anda pesan sehingga menjadikan tempat ini begitu nyaman untuk bersantai. Cold bar buka dari pukul 11.00-08.00.

Saat perut lapar, Anda dapat menyantap menu-menu makanan di beberapa restoran yang tersedia disana seperti Warung Made dan Warung Akame.

Bagi penyuka menu-menu khas lokal maupun internasional dapat datang ke Warung Made yang sudah begitu populer di Bali.

Sedangkan bagi pengunjung yang ingin menikmati makanan khas chinese dapat datang ke Warung Akame.

Ada beberapa pilihan yang ditawarkan Bali Wake Park untuk mengoptimalkan pengalaman Anda saat berada di air mulai dari pilihan waktu selama 1 jam hingga full day, serta bebas biaya masuk ke taman bagi para penonton.

Tiket yang dibayarkan sudah terhitung dengan peralatan dasar seperti helm, ropi pelampung, ski ganda akan tetapi basic equipment tersebut tidak dikenakan ketika hambatan dilapangan.

Bila sudah mumpuni telah disediakan set-up yang bisa disewa dan dipakai saat hambatan. Anda juga dibebaskan membawa perlengkapan wake-boarding sendiri dari rumah.

Tempat ini juga dapat dijangkau dengan mudah dari kawasan resort selatan diantaranya Kuta, Nusa 2, Legian khususnya bagi yang melintasi Tol Bali Mandara terbaru.

Lokasinya yang dekat sekali dengan Pelabuhan Benoa dapat memudahkan pengunjung untuk mengakses dengan taksi atau mobil pribadi beserta drivernya karena memang belum tersedia kendaraan umum menuju ke taman langsung.

Penangkaran Penyu

Tanjung Benoa adalah sebuah destinasi wisata yang tidak hanya menawarkan olah raga air saja namun ada juga Turtle Island disana dan hampir dimnati semua wisatawn baik lokal maupun mancanegara.

Untuk sampai di Pulau penyu, para wisatawan dapat menggunakan glass-bottom boat yang sudah tersedia dengan biaya sebesar Rp 500.000,- per kapal.

Satu kapal ini dapat memuat maksimal 10 penumpang. Oleh karena itu ini sangat cocok bagi yang datang rame-rame bersama keluarga atau teman.

Di Turtle Island, para wisatawan bisa mengamati secara langsung proses dan cara penangkaran penyu-penyu.

Penyu merupakan satwa laut yang termasuk kedalam daftar satwa dilindungi oleh UU baik dalam maupun luar negeri.

Hal tersebut berdasarkan kekhawatiran terkait jumlah penyu dunia yang semakin berkurang dan ditakutkan akan punah.

Oleh sebab itu berdasarkan PP (Peraturan Pemerintah) no. 7 th. 1999 mengenai Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa segala jenis penyu yang ada di laut Indonesia ini dilindungi.

Jadi, semua bentuk perdagangan binatang ini baik hidup atau mati merupakan pelanggaran dan dapat dikenakan hukuman.

Berdasarkan dari UU Nomer 5 tahun 1990 mengenai Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, semua pihak baik penjual atau pembeli dapat dikenai pidana penjara selama 5 tahun dan membayar denda sebesar Rp 100.000.000.

Satwa-satwa yang dilindungi hanya boleh dimanfaatkan untuk keperluan ilmu pengetahuan, penyelamatan, dan penelitian.

Pelabuhan Cruise Internasional

Dulu kala pelabuhan ini menjadi lokasi favorit para pemancing baik di area selatan dermaga atau di bagian darat.Akan tetapi seiring pengoptimalan menjadikan tempat memancing menjadi tidak idaman lagi.

Pada bulan September tahun 2022 telah terjadi kesepakatan antara Pelindo III dengan pemerintah pusat dan daerah untuk menandatangani RIP (Rencana Induk Pelabuhan) yang bertujuan memperluas dan mengoptimalkan pelabuhan benoa.

Akan ada pengerukan lebih dalam lagi di dermaga-dermaga yang telah ada supaya dapat menjadi tempat bersandar international cruises atau kapal pesiar asing.

Pelabuhan yang merupakan terbersar di Bali ini mempunyai 3 dermaga berbentuk huruf ‘U’. Dermaga disisi Timur memiliki kedalaman hingga 10 meter (M LWS) dengan panjang mencapai 290 meter dan lebar hingga 20 meter.

Dermaga ini merupakan yang terdalam sehingga kapal-kapal dengan bobot berat layaknya kapal barang atau cruise biasa bersandar disini.

Sedangkan dermaga disisi selatan memiliki kedalaman 8 meter dan panjang hingga 205.8 meter dengan lebar 21.3 meter.

Dan yang terakhir adalah dermaga disisi barat merupakan dermaga perikanan. Di dermaga terpanjang sepanjang 406 meter ini dapat terlihat kapal-kapal motor sedang bersandar. Namun disini tidak cukup dalam hanya sampai kedalaman 3m saja.

Proyek pembangunan pelabuhan Benoa menjadi Pelabuhan Kapal Pesiar Internasional ditargetkan selesai pada 2022.

Jika semua sudah jadi dan sesuai rencana pasti akan menjadikan Bali semakin terkenal dimata internasional sehingga wisatawan yang datang dari mancanegara pun meningkat.

Adanya perluasan serta pengerukan di kawasan kolam labuh sebelah timur ini nantinya akan menjadi terminal Cruise Ship sehingga dapat mengakomodir penumpang kapal dalam jumlah lebih besar.

Selain itu Kapal pesiar internasional yang sedang diupayakan semaksimal mungkin ini akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat disekitar kawasan Pelabuhan Benoa.

Sudah dijelaskan diatas bahwa Pelabuhan benoa bali berbeda dengan Tanjung Benoa meskipun alamat berdekatan dengan Denpasar.

Di provinsi yang jadi primadona kunjungan kapal pesiar ini sedang diperbaiki agar dapat menampung lebih banyak Penumpang dan cruise yang datang.

Beberapa gambar, informasi, alamat website, peta, kabupaten, yang masih dibawah perusahaab Pelindo III/3, map.

Pelabuhan Benoa punya 3 dermaga yang sebelah barat adalah wilayah perikanan juga ada keterangan terkait foto lokasi, profil, sejarah, jenis-jenis ikan indonesia, cabang, terletak, kode pos, data.

Denah, kapal ferry, fasilitas, fungsi, dekat toll, jadwal, kantor kepala koordinat, kapasitas, dekat laut lombok, layout, luas marina, sumber makalah, tempat mancing, otoritas, reklamasi dsb.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!