Travel  

Pantai Parai Tenggiri Bangka Belitung

Pantai Parai Tenggiri Bangka Belitung

tribunwarta.com

Lokasi: Desa Sinar Baru Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka BelitungMap: Klik DisiniHTM: Rp.5.000 per OrangBuka Tutup: 24 JamTelepon: 0717 93888

Indonesia memiliki banyak keindahan wisata alam yang siap memanjakan para wisatawan baik domestik dan juga mancanegara. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kawasan wisata pantai yang bisa ditemukan di negeri khatulistiwa ini.

Indonesia bukan hanya Bali saja. Akan tetapi ada banyak tempat yang menyajikan keindahan pantai dengan pasir pantai dan juga air laut yang mempesona. Salah satu kawasan wisata pantai yang bisa dikunjungi adalah Pantai Parai Tenggiri yang terletak di Bangka Belitung.

Pantai Parai Tenggiri

Kepulauan Bangka Belitung sekarang ini menjadi salah satu destinasi wisata bagi para wisatawan terutama yang gemar berlibur atau travelling. Salah satu kawasan wisata yang menjadi incaran adalah Pantai Parai Tenggiri.

Jarak pantai ini cukup jauh dari Bandar Udara Depati Amir, Bangka. Jaraknya sekitar 40 km. Kira-kira menempuh waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam menggunakan kendaraan bermotor dari bandara. Pantai Parai Tenggiri ini berada di alirang Sungai Liat.

Di sekitar Pantai Parai Tenggiri, terdapat beberapa kawasan wisata yang mendukung industri pariwisata Bangka Belitung. Di sebelah Timur pantai, terdapat Tanjung Pesona, Matras hingga akses menuju Pangkal Pinang Island. Lokasi kawasan wisata tersebut cukup berdekatan, sehingga bisa diakses lebih mudah.

Sementara untuk kontur tanah di pantai ini cukup landai yang membuat para wisatawan bisa mengakses dengan sangat mudah. Apalagi dengan ombak yang tidak terlalu besar dan deras.

Praktis tidak terlalu berbahaya untuk bermain-main di sekitar area bibir pantai. Tentu saja pantai ini bisa digunakan untuk berbagai macam aktifitas. Salah satunya adalah berenang.

Sejarah Pantai

Pantai ini memiliki sejarah yang cukup menarik. Awalnya pantai ini bernama pantai Hak Kok. Seiring berjalannya waktu tepatnya di tahun 1948 -1949, Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno mengubah nama pantai ini menjadi lebih Indonesia. Dipilihlah nama Parai Tenggiri.

Tentu banyak yang bertanya-tanya apa makna dari Parai Tenggiri. Jika dirunut dalam arti bahasa, ternyata parai bukan berasal dari bahasa Bangka. Dan di kamus besar bahasa Indonesia pada masa itu juga tidak memiliki makna atau arti. Ternyata kata yang dipilih oleh Presiden Soekarno ini memiliki arti Surga.

Lalu apa makna dari Tenggiri ? Ternyata kata ini berasal dari ikan tenggiri. Hal ini disebabkan Ir. Soekarno kerap menikmati ikan tenggiri yang ia bakar sendiri bersama rekan-rekan seperjuangannya kala diasingkan ke pulau Bangka ketika ia berupaya memerdekakan Indonesia.

Menurut Bung Karno, ikan tenggiri merupakan ikan paling enak yang pernah ia nikmati di Bangka. Sementara untuk arti kata yang sebenarnya, Pantai Parai Tenggiri memiliki arti “Surganya panorama Pantai dan surganya Ikan Tenggiri.” Sebuah nama yang pas.

Eksotisme Pantai

Hamparan pasir putih menjadi salah satu pesona yang ditawarkan oleh pantai ini. Pasir putih memang sudah menjadi rahasia umum merupakan pesona utama di kawasan wisata pantai.

Para wisatawan bisa menikmati lembut dan halusnya pasir di pantai ini. Yang membuat pantai ini semakin menarik adalah warna laut yang memiliki warna hijau tosca.

Tentu membuat pemandangan dan juga panorama di sekitar Pantai Parai Tenggiri ini semakin eksotis. Bagi para turis yang gemar dunia fotografi terutama selfie sudah pasti akan dimanjakan ketika menginjakkan kaki di pantai ini.

Apalagi jika senang dengan videografi. Membuat mini video dengan keindahan alam di Parai Tenggiri tentu lebih cantik. Ditambah lagi dengan kumpulan pohon kelapa di sekitar bibir pantai yang membuat suasana semakin eksotis.

Pantai Parai Tenggiri termasuk ke dalam kawasan wisata hijau atau biasa disebut Parai Green Resort. Hal ini digunakan untuk menyelamatkan lingkungan di sekitar Kepulauan Bangka Belitung. Tidak salah jika Pantai Parai Tenggiri menjadi andalan untuk dunia pariwisata Bangka Belitung.

Wisata Komplit

Ternyata keindahan Pantai Parai Tenggiri ini bukan hanya disebabkan oleh warna hijau tosca dari air laut dan juga hamparan pasir pantainya yang lembut. Di pantai ini terdapat daya tarik yang siap memanjakan para wisatawan.

Salah satunya adalah hamparan bebatuan di sepanjang pantai yang memiliki bentuk beraneka ragam sehingga bisa membuat tampilan di Pantai Parai Tenggiri ini lebih indah.

Selain itu ada jalan yang bisa membawa para wisatawan melihat lebih dekat ke arah laut. Di sini hembusan angin dan keindahan panorama siap memanjakan para turis. Hal ini bisa didapatkan dengan membayar harga tiket masuk sebesar 3 ribu saja

Aktifitas Menarik

Di kawasan wisata pantai ini terdapat aneka fasilitas yang bisa memanjakan para wisatawan. Salah satunya adalah berenang.

Dengan kontur pantai yang landai dan juga ombak yang tidak terlalu deras, membuat pantai ini sangat aman jika para wisatawan berniat untuk berenang. Apalagi airnya yang bersih membuat aktifitas tersebut lebih menyenangkan.

Setelah berenang, Anda bisa juga menikmati keindahan Pantai Parai Tenggiri ini dari atas batu-batuan yang tidak jauh dari bibir pantai. Tentu saja sembari berfoto dan mengabadikan kenangan di pantai tersebut.

Aneka Fasilitas

Di pantai ini juga terdapat beragam fasilitas yang siap memudahkan dan juga memanjakan para wisatawan. Mulai dari restoran, penginapan hingga wahana permainan yang bisa ditemukan di sekitar pantai.

Salah satu aktifitas yang menjadi favorit di pantai ini adalah memancing. Di sekitar pantai terdapat area khusus yang bisa digunakan oleh para turis untuk memancing. Tentu saja menyantap hasil pancingan sendiri akan lebih nikmat.

Selain memancing, para wisatawan bisa snorkeling. Tentu saja kegiatan ini akan mengajak para turis untuk melihat dan menyaksikan keindahan alam bawah laut yang mempesona.

Tidak puas dengan snorkeling saja ? Di sini para turis bisa mencoba menyelam. Semua peralatannya sangat lengkap dan terjamin. Ditambah lagi para pemandunya siap membantu para wisatawan yang ingin melihat keindahan alam bawah laut.

Di Pantai Parai Tenggiri ini juga terdapat aneka fasilitas yang sangat mumpuni. Mulai dari jetski, parasailing hingga banana boat yang siap memanjakan para wisatawan ketika berlibur di pantai yang sangat indah tersebut.

Akses ke Pantai

Untuk menuju ke Pantai Parai Tenggiri, dari Bandar Udara Depati Amir Bangka bisa menyewa mobil dengan biaya sekitar Rp. 250.000,-. Jika dirasa terlalu mahal, bisa menggunakan transportasi umum yang berjalan dari Pangkal Pinang menuju Sungai Liat.

Setelah sampai di Sungai Liat, bisa menggunakan becak motor langsung menuju Pantai Parai Tenggiri. Alamat lokasi dari pantai ini sangat mudah.

Apalagi sekarang sudah ada aplikasi google map yang siap membantu. Sementara untuk fasilitas hotel, resort & spa yang sudah cukup menjamur di kawasan wisata ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!