Travel  

Gunung Lembu di Purwakarta, Yang Sangat Indah dan Mempunyai Spot Terbaik Menyaksikan Waduk Jatiluhur

Gunung Lembu di Purwakarta, Yang Sangat Indah dan Mempunyai Spot Terbaik Menyaksikan Waduk Jatiluhur

tribunwarta.com – Waktu liburan saat weekend atau tanggal merah di tahun 2022 bisa jadi momen yang sangat tepat untuk kamu mengeksplor keindahan alam dibanding dengan sekadar jalan-jalan di mall.

Buat kamuyang mencari spot menarik yakni berupa alam indah, cobalah untuk mendaki Gunung Lembu di Purwakarta, ingat ya bukan Purwokerto.

Sebab objek pendakian di Purwakarta tersebut bisa menjadi salah satu destinasi yang seru untuk dikunjungi bersama teman-teman.

Bagi para pendaki pemula yang ingin sekali menikmati keindahan panorama Gunung Lembu, tak usah khawatir karena spot ini tidak terlalu tinggi.

Trek yang ditawarkan pun cocok buat kamu yang masih jarang mendaki atau bahkan belum pernah sama sekali mencoba pendakian. Ini artinya, para pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangannya dari atas puncak tanpa harus perlu bersusah payah.

Tertarik mengeksplor Gunung Lembu di Purwakarta dalam waktu dekat? Tunggu dulu, sebelum beranjak pergi ke spot di Jawa Barat ini, tidak ada salahnya kamu terlebih dahulu mencari info lengkap tentangnya.

Daya Tarik

Gunung Lembu mungkin bisa dikatakan bukan spot favorit di kalangan pendaki. Namun demikian, mencoba mendakinya tak akan pernah membuatmu menyesal.

Pasalnya, keindahan panorama yang ditawarkan dari atas puncaknya akan memberikan kamu kenangan indah dan tak terlupakan saat mengunjungi Purwakarta, tak kalah dari Gunung Kawi.

Berikut adalah beberapa daya tarik yang ditawarkan oleh Gunung Lembu:

    Panorama Waduk Jatiluhur dari atas ketinggian

Menyuguhkan pemandangan yang begitu indah dan mempesona, menjadi alasan utama bagi para wisatawan, termasuk kalangan pendaki untuk mengunjungi Gunung Lembu.

Apalagi saat berhasil menaklukkan area puncak, dari sana kamu dapat melihat keindahan Waduk Jatiluhur dari ketinggian yang dilengkapi dengan gumpalan awan ketika cuaca sedang cerah.

Bukan hanya itu saja, kamu pun bisa menikmati lanskap indah Kota Purwakarta, ditambah dengan kehadiran Gunung Parang yang berdiri megah di belakangnya. Sungguh menjadi pemandangan alam yang sangat sempurna!

Mungkin masih ada yang bertanya-tanya, berapa sih tingginya? Nah, ketinggian Gunung Lembu ini menurut catatan Wikipedia adalah sekitar 780 MDPL. Nah, rendah bukan?

    Pesona Sunrise ataupun Sunsetnya yang Indah

Kebanyakan pendaki yang datang ke Gunung Lembu lebih memilih berkunjung saat pagi dan kemudian pulang di sore hari atau dalam istilah bahasa inggris yaitu onedaytrip. Padahal, kalau menginap di puncaknya akan mendapatkan bonus yang tidak kalah menarik. Mau tau apa?

Pertama, pagi hari menjadi waktu yang sangat tepat untuk kamu membayar perjalanan letihmu akibat mendaki dengan melihat sunrise atau matahari terbit dari puncak.

Makin sempurna lagi karena Waduk Jatiluhur dan Gunung Parang menjadi background pemandangan cantik matahari terbit di puncak Gunung Lembu.

Selain sunrise, tak sedikit pula para pendaki yang sering mengejar momen sunset atau matahari terbenam. Dimana pada saat itu, kamu pun dapat melihat cahaya lampu-lampu kota dan juga karamba yang menyala di sekitar kawasan waduk.

Keindahan sunset maupun sunrise dari atas ketinggian memang begitu menakjubkan. Satu lagi yang menjadi kelebihan spot ini adalah suasananya lebih damai dan tenang, cocok untuk kamu yang ingin relaksasi atau mencari ketenangan di tengah alam.

Misteri Gunung Lembu

Gunung Lembu dikenal penuh dengan cerita legenda misteri dan sudah bukan mitos lagi kalau disebut sebagai salah satu gunung paling angker di Purwakarta.

Apalagi dengan adanya beberapa makam beberapa sesepuh Tremas, membuat cerita misterinya makin terasa angker.

Ada juga beberapa pantangan yg harus dipatuhi, salah satunya adalah tidak boleh bersiul. Konon katanya, yang nekat akan diambil oleh dedemit. Orang itu bakal tidak tahu jalan pulang yang kemudian berakhir nyasar di hutan.

Lokasi Dimana

Alamat Gunung Lembu ini tepatnya berada di wilayah Kampung Panunggal, Ds. Panyindangan, Kec. Sukatani. Lokasi spot tersebut persis terletak di samping Waduk Jatiluhur, kota Purwakarta.

Wajar kalau banyak pendaki yang sengaja datang ke Gunung Lembu karena ingin menikmati keindahan Waduk Jatiluhur dari ketinggian.

Gunung lembu juga letaknya cukup dekat dengan lokasi wisata Gunung Bongkok. Keduanya hanya berjarak 9 km saja.

Akses Menuju Lokasi

Cara untuk menuju titik awal pendakian Gunung Lembu tersebut tidaklah sulit karena kamu bisa mencapainya dengan menggunakan transportasi umum rute Purwakarta ataupun kendaraan pribadi.

Jika dari arah Jakarta, akses menuju ke lokasi pendakian Gunung Lembu bisa dengan melalui ruas jalur Tol Purbaleunyi, kemudian keluar ke pintu keluar Tol Ciganea – Purwakarta. Lalu belok ke kanan dan terus melaju menuju ke Jalan Raya Sukatani.

Ikuti terus jalan tersebut, hingga menjumpai pertigaan. Kemudian belok ke arah kanan, lalu terus melaju menuju Pasar Anyar atau Stasiun Kereta Sukatani.

Setelah itu, teruslah berjalan dan cari petunjuk arah menuju ke Desa Panyindangan. Jika kamu bingung, bertanya saja kepada warga setempat atau gunakan aplikasi googlemaps pada smartphone-mu.

Jalur pendakian atau track Gunung Lembu ini tergolong pendek namun dengan banyak tanjakan. Nantinya, untuk mencapai puncak, kamu harus melewati tiga pos dengan estimasi waktu sekitar 3 jam.

Tidak perlu khawatir pula, karena tracking di Gunung Lembu tidak akan membuatmu lelah dengan panorama dan fasilitas yang disediakan. Spot ini memiliki 3 puncak.

Di puncak pertama, kamu akan menemukan sebuah petilasan yang dianggap ini adalah makam siluman Jonggrang Kalapitung. Meski terkesan angker, namun pemandangan alam di sekitarnya sangat cantik loh!

Puncak kedua ditandai dengan adanya makam Raden Suryakencana, yaitu putra dari Pangeran Aria Wiratanudatar, pendiri Kota Cianjur.

Di puncak kedua tersebut, kamu bisa ngecamp seru dan saat camping disana, pendaki pun dapat menikmati pemandangan yang tak kala indah dari puncak pertama.

Dari sini,kamu bisa menikmati pemandangan barisan gunung batu andesit dan juga Waduk Jatiluhur dengan mata telanjang. Namun, jangan merasa puas dulu.

Pasalnya, spot terbaik untuk menyaksikan pemandangan paling indah di gunung ini adalah ketika berada di Batu Lembu, yakni sebuah batu besar yang terletak di bawah puncak ketiga.

Untuk Puncak ketiga ditandai dengan sebuah plang bertuliskan “Puncak Gn. Lembu” yg ditempel di salah satu pohon di sana.

Nah, untuk ke Batu Lembu, kamu wajib menuruni trek sekitar 100 m dari puncak ketiga sampai nanti menjumpai sebuah tebing.

Batu besar yang bentuknya mirip punuk sapi itulah yang dinamakan dengan Batu Lembu. Dan spot tersebut menjadi tempat terbaik untuk menikmati panorama sekitar Gunung Lembu.

Sejauh mata memandang, dijamin kamu akan dibuat terkagum-kagum dengan lanskap Waduk Jatiluhur, persawahan, serta kawasan pegunungan di sekitarnya. Jadi pastikan untuk mengambil foto-foto atau video keren ya saat disana.

Bisa dipastikan deh, foto-fotomu akan mendapat banyak like dan begitu pun video unggahanmu, view wajib ribuan. Kamu juga bisa jual hasil jepretanmu di 500px.com supaya makin banyak orang melihatnya.

Fasilitas Yang Ada

Di Gunung Lembu ini sudah terdapat fasilitas yang cukup memadai seperti toilet, warung makan, area parkir, hingga musala. Namun untuk penginapan belum tersedia.

Harga Tiket Masuk

Setiba di basecamp, para pengunjung diharuskan membayar simaksi atau harga tiket masuk (HTM) sebesar Rp12.500 dan itu belum termasuk biaya parkir ya! Oh iya, Gunung Lembu tersebut buka 24 jam loh!

Nah, itulah sekilas ulasan singkatnya. Semoga info seputar Gunung Lembu yang kami rangkum diatas, bisa menjadi panduan pada saat berkunjung ke sana ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!