Travel  

Asyiknya Melakukan “Bird Watching” di Taman Wisata Alam Sorong Papua Barat

Asyiknya Melakukan “Bird Watching” di Taman Wisata Alam Sorong Papua Barat

tribunwarta.com – Lokasi: Klasaman, Sorong Timur, Kota Sorong, Papua Barat 98416Map: KlikDisiniHTM: –Buka/Tutup: 08.00 – 18.00Telepon: –

Orang mengenal Kota Sorong di Papua Barat sebatas tempat singgah sementara alias transit sebelum melanjutkan ke destinasi impian, Raja Ampat.

Namun siapa sangka, Kota Sorong di kepala burung Pulau Papua ini memiliki beberapa pilihan destinasi wisata untuk dikunjungi. Selain Tembok Berlin dan Pantai Tanjung Kasuari, disana juga ada Taman Wisata Alam Sorong di KM-14.

Belum sesohor Raja Ampat memang. Tapi kehadiran Taman Wisata Alam ini cukup mengobati para traveler yang masih bingung mau kemana ketika ada di kota tersebut.

Lokasinya cukup dekat dan berada dalam kawasan hutan alami membuat destinasi ini cukup menarik untuk dikunjungi. Terutama bagi mereka yang menyukai kegiatan di alam bebas, seperti camping dan jungle trecking.

Kawasan hutan ini memiliki luas 945,9 Hektare dan telah ditetapkan oleh Kementrian Pertanian sebagai Taman Wisata Alam pada tahun 1981.

Kini kawasan tersebut di kelola oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provisi Papua Barat.

Suasananya masih alami dan udaranya juga masih segar, Taman Wisata Alam Sorong seperti paru-paru Kota Sorong. Hutan hujan lebat dan aneka fauna liar yang hidup di destinasi wisata ini menjadi daya tarik utama.

TWA ini adalah satu-satunya kawasan hutan yang masih terjaga di sekitar Kota Sorong. Kawasan ini juga berfungsi sebagai sistem penjaga kehidupan dan daerah resapan air bagi beberapa sungai di dalamnya.

Sungai-sungai yang mengalir di kawasan ini adalah Sungai Klawulu, Sungai Klasege, Sungai Pletok dan Sungai Klabeling. Sungai-sungai tersebut juga sebagai sumber air bersih bagi masyarakat sekitar Kota Sorong.

Tidak perlu khawatir tersesat di dalam hutan jika anda mengunjungi tempat ini. Karena pemerintah sudah membuat jalan setapak terbuat dari beton untuk pengunjung yang ingin meng-explore Taman Wisata Alam Sorong.

Hutan di kawasan ini merupakan hutan khas dataran rendah. Dimana dapat dijumpai banyak vegetasi berkayu yang biasa terdapat di hutan dataran rendah. Tercatat sekitar 53 jenis tanaman ada di Taman Wisata Alam ini.

Beberapa jenis pohon tumbuh disini diantaranya jenis-jenis Pohon Damar, Matoa, Lansat, Angsana, Amugia, Medang, Cempedak, Mangga, Rambutan dan masih banyak lainnya.

Diantara fauna yang hidup di dalam kawasan wisata ini antara lain jenis-jenis burung seperti Burung Kaktua Putih Jambul Kuning, Nuri Merah Kepala Hitam, Julang Papua, Kumkum, Cendrawasih dan Kakatua Raja.

Bird Watching adalah kegiatan menarik lainnya yang bisa di lakukan di TWA Sorong. Lantaran banyak jenis burung yang bersifat endemik seperti beberapa jenis burung Cendrawasih.

Kehadiran burung ini memang selalu ditunggu karena mereka akan menampilkan tarian khas untuk menarik burung betina untuk kawin.

Sebagaimana di ketahui, Burung dengan nama Inggris Bird of Paradise yang artinya Burung Surga ini hanya bisa dijumpai di Pulau Papua.

Selain jenis burung-burung yang banyak, dapat dijumpai juga berbagai jenis fauna lainnya seperti kus-kus, rusa dan beraneka jenis Kupu-kupu.

Jika anda beruntung, anda akan menemukan berbagai jenis Kupu-kupu beterbangan di antara pepohonan dengan warna-warna yang indah.

Disini juga dapat dijumpai air terjun mini dengan kolam dibawahnya yang tidak terlalu luas. Air terjun ini hanya setinggi 5 meter.

Berkemah di area air terjun adalah aktifitas yang mengasyikkan. Anda akan merasakan sensasi berada di alam liar yang sesungguhnya.

Jam Operasional dan Fasilitas yang ada di TWA Sorong

Anda dapat mengunjungi lokasi wisata ini dri jam 08.00 pagi hingga jam 18.00 petang. Tidak ada tarif tiket masuk kekawasan ini, anda hanya diwajibkan mengisi buku tamu yang sudah disediakan di pos pintu masuk kawasan.

Walaupun sudah di tetapkan sebagai Taman Wisata Alam, namun hal ini tidak dibarengi dengan pembangunan fasilitas publik yang memadai.

Disana hanya ada pos penjaga pintu masuk, pos Dinas Kehutanan, jalan setapa terbuat dari beton dan tempat penangkaran buaya.

Hal ini sangat disayangkan mengingat potensi wisata yang begitu besar di tempat ini. Apabila potensi besar tersebut tidak didukung dengan fasilitas yang memadai, maka tidak heran jika tempat ini masih sepi pengunjung.

Lokasi dan Rute menuju TWA Sorong

Taman Wisata Alam Sorong berada tidak jauh dari pusat Kota Sorong. Hanya berjarak sekitar 14 kilometer, tempat ini dapat mudah diakses melalui jalur utama di Jl. Sorong-Aimas.

Lokasi tepatnya berada di alamat Klasaman, Sorong Timur, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat. Dari Kota Sorong anda dapat berkendara ke arah tenggara di Jl.Sorong-Aimas selama kurang lebih 20 menit.

Gerbang utama pintu masuk kawasan ini terlihat jelas dari jalan raya. Akses masuk tersebut tertulis Taman Wisata Alam Sorong di bagian atas dengan gambar logo diatas tulisan dan gambar burung Rongkang di kedua sisinya.

Diharapkan pemerintah dapat segera mengembangkan wisata ini menjadi kawasan wisata terpadu dan dapat memanfaatkan potensi wisata semaksimal mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!