Travel  

7 Tempat Ngabuburit di Daerah Banjarmasin Yang Lagi Hits, Simak Referensi Berikut Ini!

7 Tempat Ngabuburit di Daerah Banjarmasin Yang Lagi Hits, Simak Referensi Berikut Ini!

tribunwarta.com – Diantara waktu sahur menuju berbuka puasa, masih ada satu agenda wajib dan sudah menjadi tradisi yang mana biasanya tidak dilewatkan dengan begitu saja yaitu Ngabuburit.

Banjarmasin yang identik dengan pasar apung dan terkenal sebagai kota seribu sungai ini tak mau kalah dengan kota-kota lainnya dalam hal menyediakan tempat ngabuburit.

Seperti sederet daftar berikut ini merupakan tempat ngabuburit rekomendasi terbaik yang bisa kita kunjungi sembari menanti adzan maghrib, bisa bersama keluarga maupun teman dan komunitas.

1. Pasar Wadai Ramadhan

Alamat: Jln.Jend.Sudirman No.01, Kertak Baru Ulu, Kota Banjarmasin Tengah, Kalimantan SelatanMap: KlikDisini

Lokasi ngabuburit favorit urutan pertama yang selalu ramai dikunjungi ketika bulan Ramadhan di kota Banjarmasin adalah Pasar Wadai di jalan Jenderal Sudirman 01.

Sesuai dengan namanya, pasar Wadai yang namanya berasal dari bahasa Banjar (artinya Kue) ini adalah salah satu lokasi terbaik di Banjarmasin untuk berburu aneka macam ta’jil.

Di pasar Wadai ini kita akan menemukan banyak sekali pedagang makanan khususnya kue khas masyarakat Banjar sebagai menu untuk berbuka puasa.

Pasar kaget yang bentuknya seperti event bazar ini sudah menjadi tradisi sejak puluhan tahun lalu dan hanya akan ada di bulan Ramadhan saja, jadi jangan sampai tidak berkunjung kesini ya.

2. Pantai Jodoh

Alamat: Jln.Jenderal Sudirman, Siring, Antasan Besar, Kota Banjarmasin Tengah, Kalimantan SelatanMap: KlikDisini

Tepat di depan masjid raya Sabilal Muhtadin, ada satu spot populer yang dikenal dengan nama pantai Jodoh dan kerap dijadikan sebagai tempat mangkal muda-mudi kota Banjarmasin.

Tidak hanya sebagai tempat tongkrongan saja, saat bulan Ramadhan tiba area ini juga akan beralih fungsi menjadi lokasi ngabuburit paling favorit.

Dengan akses yang mudah dan lokasi strategis serta tanpa biaya tiket masuk membuat lokasi ini selalu ramai dikunjungi oleh warga setempat baik itu untuk jalan santai atau menikmati angin sore.

3. Masjid Sultan Suriansyah

Alamat: Jln.Kuin Utara, Kota Banjarmasin Utara, Kalimantan SelatanMap: KlikDisini

Masjid Sultan Suriansyah yang berlokasi di jalan Kuin utara Banjarmasin ini adalah salah satu tempat paling tepat untuk ngabuburit karena disini kita dapat memperdalam ilmu pengetahuan agama.

Selain menambah ilmu agama, masjid Sultan Suriansyah yang dibangun dengan konsep arsitektur tradisional Banjar ini juga mengajak kita untuk berwisata sejarah.

Selama Ramadhan berlangsung, masjid Sultan Suriansyah ini akan selalu ramai dikunjungi setiap harinya, ada yang berwisata, mendengar ceramah ataupun sekedar beristirahat menunggu adzan.

4. Museum Wasaka

Alamat: Sungai Jingah, Kota Banjarmasin Utara, Kalimantan SelatanMap: KlikDisini

Selain mengunjungi masjid, objek wisata dan tempat tongkrongan, berkunjung ke Museum Wasaka di dekat Sungai Jingah ini juga bisa menjadi lokasi tepat untuk mengisi kegiatan ngabuburit.

Di Museum Wasaka ini kita bisa berwisata edukasi untuk menambah pengetahuan akan sejarah mengenai kisah perjuangan rakyat Kalimantan Selatan.

Selain itu, di Museum Wasaka yang memiliki akronim Waja Sampai Ka Puting ini melalui lukisan dan koleksi senjatanya mengajarkan para pengunjung untuk selalu menghargai perjuangan pahlawan.

5. Menara Pandang

Alamat: Jln.Kapten Tendean No.07, Gadang, Kota Banjarmasin Tengah, Kalimantan SelatanMap: KlikDisini

Ikon kota Banjarmasin yang diresmikan pada Juni 2014 ini juga termasuk sebagai salah satu daftar tempat ngabuburit favorit masyarakat.

Pasalnya, dari menara yang berada di jalan Kapten Tendean dan terdiri dari 4 lantai ini kita bisa melihat serta menikmati pemandangan indah kota Banjarmasin juga sungai Martapura.

Selain untuk menikmati pemandangan, di menara ini kita juga bisa mengisi waktu ngabuburit dengan mengikuti berbagai permainan maupun berswa foto.

6. Bekantan

Alamat: Jln.P.Tendean No.12, Sungai Baru, Kota Banjarmasin, Kalimantan SelatanMap: KlikDisini

Selain Menara Pandang, tak lama ini Banjarmasin juga telah meresmikan sebuah ikon kota baru yakni patung Bekantan, yang mana merupakan hewan khas Kalimantan.

Dengan tinggi mencapai 6,5 meter dan beratnya sekitar 7 ton, patung ini dibangun cukup megah dalam posisi duduk, tangan kanan menggaruk kepala dan bagian kiri memegang buah rumbai.

Bukan hanya bentuk patungnya saja yang unik, semburan air dari dalam patung Bekantan ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya.

Bagi yang ingin berswa foto, waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah ketika sore dan malam hari, karena pada saat itu patung tersebut akan disorot dengan lampu berwarna-warni.

7. Kawasan Wisata Kuliner Mandiri

Alamat: Jln.Hasanuddin HM No.15, Kertak Baru Ulu, Kota Banjarmasin Tengah, Kalimantan SelatanMap: KlikDisini

Nah, bagi yang ingin berburu makanan enak untuk hidangan berbuka puasa, berkunjung ke kawasan Wisata Kuliner Mandiri ini mungkin bisa menjadi pilihan destinasi ngabuburit paling tepat.

Pasalnya, di kawasan Wisata Kuliner ini akan ada banyak sekali menu lezat dan cukup menggoda yang bisa kita santap saat berbuka nanti seperti soto Banjar, lupis, nasi kuning dan juga laksa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!