Travel  

10 Mata Uang Termahal, Manakah Yang Memiliki Kurs Paling Tinggi?

10 Mata Uang Termahal, Manakah Yang Memiliki Kurs Paling Tinggi?

tribunwarta.com – Uang adalah benda yang paling dibutuhkan dalam kehidupan semua manusia, walaupun sekarang cryptocurrency (mata uang digital seperti bit koin) sudah banyak dipakai. Semua manusia membutuhkan uang sebagai alat tukar untuk sebuah barang atau jasa. Uang juga merupakan tolak ukur yang digunakan untuk mengetahui kelas sosial dan ekonomi seseorang berasal.

Setiap negara memiliki mata uang yang berbeda-beda. Di dunia ini ada banyak negara, jadi bisa dibayangkan ada berapa jumlah mata uang yang digunakan di seluruh dunia. Misalnya, Indonesia memiliki mata uang rupiah. Ada juga beberapa contoh mata uang asing seperti Yen Jepang, Won Korea Selatan, Ringgit Malaysia, Baht Thailand, Real Brasil, Rupee India, Dong Vietnam, Yuan China, dll.

Tentu saja, setiap mata uang memiliki nilai tukar atau kurs yang berbeda-beda. Semakin tinggi nilai tukarnya, maka jika dirupiahkan akan semakin besar juga. Banyak yang menyangka bahwa Dollar adalah mata uang yang paling kuat. Namun, ternyata masih banyak yang lebih kuat daripada mata uang yang diakui oleh Amerika Serikat, Singapura, Kanada, Brunei, dan Zimbabwe ini.

Nah, penasaran apa saja mata uang termahal di dunia saat ini? Yuk, simak dulu:

1. Kuwait Dinar (KWD)

1 KWD = Rp. 47.682

Di urutan pertama dalam mata uang termahal di dunia adalah Kuwait Dinar (KWD). Hal ini mungkin cukup mengejutkan banyak orang, apalagi mereka yang menyangka bahwa yang tertinggi dan terkuat adalah Poundsterling atau Dollar. Namun, pada kenyatannya, Kuwait Dinar menempati peringkat pertama.

Mengapa bisa seperti ini? Hal ini tentu tidak lepas dari kestabilan ekonomi salah satu negara di kawasan timur tengah ini. Buat yang belum tau, Kuwait adalah negara yang kaya akan minyak bumi. Lebih dari 80% pendapatan negara ini berasal dari industri minyak bumi, tidak hanya produksinya saja, namun juga ekspor impornya.

Produksi minyak bumi di negara kecil ini sangat mudah, sehingga harganya pun termurah dari yang lainnya. Tidak heran, jika dirupiahkan 1 Kuwait Dinar bisa mencapai Rp. 47. 682. Wah, tentu saja ini paling mahal nilainya ya!

2. Bahraini Dinar (BHD)

1 BHD = Rp. 38.194

Selanjutnya, mata uang dengan nilai tukar rupiah tertinggi kedua adalah Bahraini Dinar. Sama seperti Kuwait, Bahrain juga merupakan negara yang terletak di kawasan timur tengah, tepatnya di Teluk Persia. Tidak hanya letaknya saja, namun negara ini juga memiliki pendapatan terbesar dari ekspor minyak bumi.

Wah, tidak heran nilai tukarnya terhadap rupiah sangat tinggi ya! Kabarnya, nilai tukar ini tetap bertahan dari tahun 2005 lho. Jadi, tidak hanya tinggi saja, namun juga stabil nih!

3. Omani Rial (OMR)

1 OMR = Rp. 37.405

Di peringkat ketiga dalam mata uang termahal di dunia ditempati oleh Omani Rial. Sesuai dengan namanya, mata uang ini adalah milik negara Oman. Sama seperti dua negara yang sebelumnya, Oman juga terletak di timur tengah dan letaknya dekat dengan Arab. Lokasinya yang sangat strategis sangat membantu perekonomian negara ini lho.

Sebab, berkat lokasinya ekonomi negara ini pun berkembang dan rakyatnya memiliki kualitas hidup yang baik. Daya beli mata uang ini pun sangat tinggi, sehingga pemerintah setempat pun harus mengeluarkan 1/2 dan 1/4 Rial. Wah, sangat menakjubkan ya!

4. Jordanian Dinar (JOD)

1 JOD = Rp. 20.311

Masih di kawasan timur tengah, ada negara lain yang menempati jajaran mata uang termahal di dunia, yaitu Jordania. Sama seperti ketiga negara di atas, Jordania juga terletak di timur tengah dan dekat dengan Arab. Hanya saja, sebenarnya negara ini tidak terlalu berkembang secara ekonomi dan tidak memiliki banyak sumber daya seperti beberapa yang disebutkan sebelumnya.

Jadi, cukup sulit untuk mengetahui mengapa nilai tukar Dinar Jordania begitu tinggi. Kabarnya, kemungkinan besar karena kebijakan bank sentralnya menarik investor luar negeri.

5. Poundsterling Britania (GBP)

1 GBP = Rp. 20.117

Selanjutnya, di peringkat ke lima ada Poundsterling Inggris. Hal ini mungkin tidak lagi mengejutkan banyak orang, karena sudah dari dulu Inggris diketahui sebagai negara maju, bahkan sempat menjadi yg terkuat di dunia. Meskipun begitu, pada kenyataannya Poundsterling hanya menduduki peringkat ke lima.

Kabarnya, Koloni Inggris menerbitkan uang kertas mereka sendiri, yg secara visual berbeda dari yg diterbitkan oleh Bank of England namun tetap dianggap sama secara nominal. Sebenarnya, ada banyak Poundsterling milik negara tetangganya seperti Gibraltar, Saint Helena, Kepulauan Falkland, dan lain-lain. Namun, Inggris tidak mau menerima Poundsterling milik negara lain.

6. Dolar Kepulauan Cayman (KYD)

1 KYD = Rp. 17.245

Tidak jauh dari Britania Raya, ada Kepulauan Cayman yg memegang mata uang dengan nilai tukar tertinggi ke enam. Meskipun tidak terlalu terkenal dan hanya negara kepulauan yg bisa dibilang kecil, ternyata nilai tukar Dollar Kepulauan Cayman cukup fantastis lho!

Hal ini disebabkan karena Kepulauan Cayman merupakan salah satu suaka pajak terbaik di dunia. Ternyata, negara ini menyediakan lisensi untuk ratusan bank, dana lindung nilai, dan perusahaan asuransi. Meskipun kecil, banyak perusahaan multinasional yg berkantor di negara kecil ini karena mereka menerapkan presentase pajak yg kecil atau bahkan tidak sama sekali. Wah, asik ya!

7. Euro (EUR)

1 EUR = Rp. 17.179

Sesuai dengan namanya, kalian pasti sudah bisa menebak mata uang yg satu ini. Euro merupakan mata uang yg digunakan oleh berbagai negara yg tergabung dengan Uni Eropa sehingga memudahkan para turis dan rakyat yg tinggal di sana untuk bertraksaksi tanpa harus menukar terlebih dahulu.

Mata uang Euro pun memiliki nilai tukar yg cukup tinggi, yakni mencapai Rp. 17.179. Tidak hanya itu saja, nilai tukarnya pun menguat dalam beberapa tahun terakhir lho.

8. Franc Swiss (CHF)

1 CHF = Rp. 15.542

Meskipun terletak di Benua Eropa, Swiss adalah salah satu negara yg tidak menggunakan Euro sebagai mata uangnya. Mereka menggunakan Swiss Franc (CHF) sebagai mata uang resminya. Meskipun begitu, ekonomi Swiss tetap stabil dan negara ini merupakan salah satu yg paling kaya di dunia.

Hal ini disebabkan karena Swiss memiliki sistem perbankan dengan “kerahasiaan bank” yg sangat tegas. Tidak hanya itu, teknologinya pun salah satu yg terbaik lho.

9. Dolar Amerika Serikat (USD)

1 USD = Rp. 14.403

Sebagian besar orang pasti sudah tidak kaget lagi jika mendengar Dollar Amerika Serikat sebagai salah satu mata uang dengan nilai tukar terkuat di dunia. Sejak lama, Amerika Serikat memegang kepemimpinan ekonomi dunia lho. Mata uangnya juga dijuluki sebagai mata uang cadangan di dunia karena kalian bisa menggunakan Dollar Amerika Serikat sebagai alat pembayaran dimana-mana.

Jadi, buat kalian yg suka traveling, bawa Dollar AS sebagai dana cadangan karena nilai tukarnya lebih stabil.

10. Dolar Kanada (CAD)

1 CAD = Rp. 11.572

Tidak jauh dari Amerika Serikat, mata uang Kanada juga bernilai cukup tinggi lho. Dollar Kanada merupakan mata uang cadangan dunia terbesar kelima. Meskipun bukan negara adidaya seperti Amerika Serikat, ekonomi Kanada dalam beberapa tahun belakangan cukup stabil.

Itulah list dari beberapa mata uang termahal di dunia tahun 2022 beserta nilai tukarannya terhadap rupiah dan fotonya. Namun, perlu diketahui bahwa nilai tukar di atas tidak bersifat mutlak dan bisa berubah seiring dengan naik turunnya ekonomi di Asia Tenggara, bahkan di dunia. Jadi, untuk mengetahui nilai tukar yg akurat, sebaiknya cek ulang data terbaru ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!