Travel  

10 Daftar Pilihan Makanan Khas di Daerah Nganjuk, Semuanya Enak dan Lezat Banget Bikin Ketagihan

10 Daftar Pilihan Makanan Khas di Daerah Nganjuk, Semuanya Enak dan Lezat Banget Bikin Ketagihan

tribunwarta.com – Nganjuk merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang dikenal dengan julukan kota Angin. Di daerah ini terdapat berbagai tempat wisata menarik dan tentunya sangat cocok untuk dijadikan sebagai destinasi rekreasi keluarga.

Disamping itu, daerah Nganjuk ini juga mempunyai banyak makanan tradisi yang tentunya menjadi ciri khas dari kota Angin tersebut.

Nah, kira-kira apa saja sih nama makanan khas dari Nganjuk yang terkenal akan kelezatannya? Yuk, kita simak artikel lengkap berikut ini.

1. Nasi Becek

Makanan khas Nganjuk pertama dan paling wajib buat dicicpi adalah Nasi becek, salah satu kuliner yang bentuk serta rasanya mirip kari kambing tapi isiannya sama seperti soto babat.

Nasi Becek ini bahan dasarnya terbuat dari potongan sate kambing yang dilepas dari tusukannya lalu disajikan bersama nasi putih. Rasa kuliner tersebut cenderung manis dan tidak terlalu asin.

Buat yang ingin menikmatinya, warung makan Nasi Becek&Sate Kambing di jln.Dr.Soetomo, desa Payaman, Kab.Nganjuk adalah tempat terbaik. Di lapak tersebut harganya hanya kisaran 12 hingga 14 ribu saja per porsinya.

2. Tepo Mbah Umbruk

Makanan khas Nganjuk selanjutnya yang rasanya juga tak kalah nikmat adalah Tepo Mbah Umbruk. Kuliner tersebut berbentuk seperti lontong dan biasanya dibungkus mengerucut menggunakan daun pisang.

Tepo Mbah Umbruk ini sendiri biasanya disajikan bersama biji sayur kacang panjang atau kacang tolo, lalu dimasak menggunakan bumbu khusus untuk mendapatkan citarasa lezat.

Nah, penasaran bagaimana rasanya? Langsung aja ya datang ke dusun Babadan, ds.Gemenggeng, Kec.Bagor, Nganjuk. Di sekitar kawasan tersebut harga satu porsi Teponya dibanderol cukup murah.

3. Dumbleg

Dumbleg merupakan salah satu makanan ringan khas Nganjuk yang sering diborong oleh wisatawan buat dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga maupun rekan.

Kuliner yang kerap dijadikan hidangan pembuka atau cemilan satu ini terbuat dari campuran tepung ketan, gula jawa dan tidak lupa juga santan kelapa.

Jajanan tradisional tersebut banyak dijual di Pasar Gondang dan biasanya untuk harganya hanya berkisar Rp.8.000-Rp.10.000 saja per bijinya, tergantung ukurannya.

4. Kerupuk Upil

Mendengar nama kudapan ini mungkin banyak orang akan merasa kalau makanannya menjijikan namun dilihat dari gambar, penganan tersebut bentuknya berwujud kerupuk renyah.

Kerupuk kering berukuran mungil tersebut rasanya jauh dari kata menjijikkan dan uniknya kudapan ini digoreng tidak menggunakan minyak melainkan pasir bersih.

Untuk mendapatkan kudapan tersebut, Sahabat JejakPiknik bisa berkunjung ke dusun Ngemplak, ds.GondangkUlon, Kab.Nganjuk. Di kawasan home industry ini harga kerupuknya hanya dibanderol sekitar Rp.5.000-Rp.15.000/bungkus, tergantung ukurannya.

5. Onde-Onde Ketawa (Njeblos)

Penganan selanjutnya ini memiliki nama yang tak kalah unik dari rasanya yaitu Onde-Onde Ketawa atau lebih sering disebut Njeblos.

Njeblos ini sendiri bahan utamanya terbuat dari campuran tepung terigu dan telur yang dimasak dengan cara digoreng kemudian setelah matang ditaburi wijen.

Tak hanya Nganjuk, onde-onde ketawa tersebut juga merupakan salah satu makanan khas dari kota Medan, Sumatera Utara.

Untuk mendapatkan Njeblos tersebut tidaklah sulit karena banyak dijual di pasaran maupun toko ole-oleh dan biasanya harganya hanya berkisar Rp.13.000 per 300 gramnya.

6. Sego Banting

Makanan khas Nganjuk satu ini bentuknya banyak yang bilang mirip seperti nasi kucing hanya saja bedanya porsi Sego Banting lebih banyak.

Selain porsinya cenderung lebih banyak, menu sego banting tersebut juga biasanya ditambahi dengan sambal cabai merah yang pastinya akan membuat rasanya lebih mantap dan pedas.

Bagi yang ingin menikmatinya tak perlu susah mencarinya karena hampir setiap angkringan di pinggir jalan menjualnya dan soal harga hanya dikenai sekitar Rp.2.500/porsi. Murah banget kan?

7. Nasi Tumpang

Bagi yang sering berkunjung ke Nganjuk, mungkin tidak asing lagi dengan kuliner bernama nasi tumpang ini ya. Salah satu penganan paling enak sambil menyeruput minuman es jerman.

Kuliner ini termasuk salah satu hidangan khas paling terkenal di Nganjuk yang mana nasinya disiram sambal tumpang kemudian ditambahkan daun kulup.

Sambal tumpang sendiri bahan dasarnya terbuat dari tempe busuk atau yang sudah difermentasikan kemudian dicampur dengan bumbu juga rempah lalu dimasak dan setelah itu siap disajikan.

Untuk menikmati hidangan tersebut, warung Pecel Bledex di di Jl.Gubernur Suryo III, Kauman, Nganjuk adalah tempatnya. disini, harga nasi tumpang hanya berkisar Rp.3.500 saja per porsinya.

8. Nasi Jagung Sedudo

Masakan khas Nganjuk berikutnya ini bahan dasarnya terbuat dari jagung yang disajikan dengan cara dipincuk menggunakan daun pisang lalu ditambah aneka macam sayuran matang, parutan kelapa serta rempeyek hingga ikan asin.

Kuliner ini banyak ditemukan di sekitaran air terjun Sedudo dan harganya untuk satu porsinya hanya berkisar 5 ribuan saja.

9. Asem-Asem Kambing

Menu hidangan berikutnya ini bisa ditemukan dengan mudah karena banyak sekali orang yang menjualnya terutama di daerah Nganjuk bagian utara.

Kuliner ini bahan dasarnya terbuat dari daging kambing yang dicampur dengan daun kedondong serta bumbu rempah lainnya. Makanan ini paling enak disantap saat siang hari.

Untuk menikmatinya, warung makan Bu Harsuni di Jln.Gondang-Ngluyu , Putuk Wetan, Gampeng, Nganjuk adalah tempat terbaik untuk dikunjungi. Disini, harga satu porsinya hanya dipatok sekitar Rp.25.000-Rp.30.000/porsinya.

10. Bebek Korek

Nah, kuliner terakhir satu ini rasanya juga tak kalah enak. Makanan tersebut sangat recommended buat Sahabat JejakPiknik yang gemar menyantap hidangan berbahan bebek.

Penasaran bagaimana citarasanya? Nah, bila ingin menikmatinya Sahabat JejakPiknik silahkan datang ke Jln.Ahmad Yani No.328, Ploso, Kec.Nganjuk. Selain enak, harga bebek korek di warung tersebut juga relatif terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!