Travel  

10 Daftar Pilihan Gunung Tertinggi di Eropa, Mana Yang Jadi Favorit Untuk Berpetualang?

10 Daftar Pilihan Gunung Tertinggi di Eropa, Mana Yang Jadi Favorit Untuk Berpetualang?

tribunwarta.com – Siapa sih yang tidak tahu apa gunung tertinggi di dunia? Semua orang pasti menjawab, yaitu Gunung Everest, sama seperti jawaban yang disebutkan pada situs brainly.com.

Gunung yang namanya kerap disebutkan di soal TTS ini memiliki ketinggian sekitar 8.848 meter di atas permukaan laut, sehingga puncaknya selalu tertutupi es abadi. Lantas, bagaimana dengan gunung tertinggi yang ada di Eropa? Nah, pertanyaan satu ini belum tentu semua bisa menjawabnya.

Sampai sekarang ini sebenarnya gunung tertinggi di Eropa masih menjadi perdebatan diantara para pakar. Pasalnya, ada sebuah gunung tertinggi di wilayah Rusia, namanya yaitu Gunung Elbrus.

Bahkan Elbrus disebut yang paling tinggi di antara gunung-gunung di Eropa. Namun, letaknya berada jauh di ujung timur Rusia dan tidak dianggap bagian wilayah benua Eropa melainkan Asia.

Kendati begitu, bagi wisatawan yang mencintai kegiatan mendaki gunung mungkin tidak akan terlalu mempermasalahkan hal tersebut.

Sebab yang terpenting adalah dapat mendaki serta menaklukan puncak gunung sekaligus untuk ajang menantang adrenalin mereka.

Lantas, mana saja yang termasuk dalam daftar gunung tertinggi di benua Eropa? Yuk, simak ulasannya dibawah ini!

1. Weisshorn

Mount Weisshorn adalah puncak utama dari Pegunungan Alpen yang letaknya berada di antara lembah Anniviers dan Zermatt. Ketinggiannya sendiri mencapai 4.506 meter diatas permukaan laut atau 14.783 kaki.

Weisshornini pertama kali berhasil didaki oleh John Tyndall, yakni seorang ahli fisika pada tahun 1861. Beliau ditemani oleh J.J. Bennen dan Ulrich Wenger.

Dalam Bahasa Jerman, nama Weisshorn memiliki arti puncak gunung yang menyala putih. Dinamakan demikian karena puncaknya yg berbentuk piramida berwarna putih.

2. Lyskamm

Gunung tertinggi lainnya di benua Eropa setelah Weisshorn ialah Lyskamm dimana tingginya mencapai 4.527 meter di atas permukaan laut atau setara dengan 14.852 kaki.

Gunung ini terletak di perbatasan antara Switzerland dan Italia. Objek satu ini cukup menantang karena untuk menuju ke puncaknya, kamu harus melewati jalur berbahaya sepanjang 5 kilometer, ditambah lagi suhu udaranya sangat rendah.

Menurut catatan yang beredar, pendaki pertama yang berhasil menaklukkan gunung Lyskamm ini namanya adalah J.F. Hardy, dkk pada tahun 1861 silam.

3. Dom

Sepertinya Swiss mempunyai banyak sekali gunung tinggi. Dan negara tersebut memiliki Mount Dom sebagai gunung tertinggi berikutnya di benua Eropa. Tingginya yakni mencapai 4.545 meter di atas permukaan laut.

Dibandingkan dengan yg lainnya, gunung yang memisahkan wilayah Randa dan Saas-Fee di kanton Valais tersebut adalah objek yang cukup mudah untuk didaki.

Bukan hanya itu saja, di gunung ini juga terdapat fasilitas kereta gantung yang siap membawa kamu naik ke atas puncak tanpa harus membuang banyak energi.

Kendati begitu, tak sedikit pula kalangan pendaki lebih memilih untuk mendaki jalur yang pernah digunakan oleh Pendeta bernama J.L. Davies pada tahun 1858 silam ketika gunung tersebut pertama kali ditaklukkan.

4. Signalkuppe

Gunung Signalkuppe tersebut berada di lokasi yang sama dengan Mount Lyskamm, yakni di antara negara Swiss- Italia dan masih bagian dari deretan pegunungan Pennine Alpa.

Ketinggiannya sendiri mencapai 4.554 meter di atas permukaan laut. Gunung tersebut pertama kali berhasil didaki yakni pada 9 Agustus 1842.

Buat kamu yang tidak terbiasa camping atau menginap di dalam kemah, tenang saja! Sebab tidak jauh dari Signalkuppe ada sebuah penginapan, namanya yaitu Margherita Hut yang telah dibuka resmi sejak tahun 1893.

5. Zumsteinspitze

Gunung Zumsteinspitze juga merupakan salah satu puncak di deretan Pegunungan Pennine Alps yang ada di perbatasan Italia dan Swiss sama seperti Signalkuppe dan Mount Lyskamm.

Gunung ini memiliki ketinggian 4.563 meter atau sekitar 14.970 kaki di atas permukaan laut. Lysjoch dan Colle Gnifetti merupakan rute pendakian termudah gunung ini.

Pendakian pertama gunung ini terjadi tanggal 1 Agustus 1820 oleh sebuah kelompok beranggotakan Joseph, Johann Niklaus Vincent, Joseph Zumstein, Molinatti, Castel, dan kawan-kawan sedangkan di musim dingin dilakukan oleh E. Allegra pada 30 Maret 1902.

6. Monte Rosa

Swiss sepertinya punya lebih banyak gunung tinggi di bandingkan negara lain di kawasan Benua Eropa, salah satunya Monte Rosa.

Gunung Monte Rosa ini memiliki tinggi mencapai 4.634 meter atau sekitar 15.203 kaki di atas permukaan laut bahkan disebut gunung tertinggi kedua di Eropa.

Pada 1 Agustus 1855 gunung ini pertama kali didaki oleh Christopher Smyth dan Johannes Zumtaugwald.

7. Mont Blanc

Gunung tertinggi berikutnya adalah Mont Blanc yang sering disebut juga sebagai White Mountain ini memiliki ketinggian 4.810 meter atau sekitar 15.774 kaki di atas permukaan laut.

Mont Blanc berada di perbatasan antara Italia dan Perancis, pendakian pertama kali dilakukan pada tahun 1786 oleh Jacques Balmat dan Michel Paccard.

Gunung ini sangat disukai oleh para pendaki dan juga para penikmat snowboarding. Setiap tahunnya ada 20.000 orang yang mengunjungi gunung ini dan Voie Des Cristalliers adalah jalur pendakian yang menjadi favorit mereka.

8. Vesuvius

Italia yang berada di Eropa selatan mempunyai gunung api aktif yang bernama Vesuvius, letaknya berada di pantai barat negara tersebut. memiliki tinggi hanya 1.281 meter di atas permukaan laut dan termasuk dalam jenis startovulcano kompleks.

Meskipun indah namun Vesuvius juga termasuk salah satu gunung berapi aktif yang sangat berbahaya di dunia karena sewaktu-waktu kawahnya bisa dipenuhi asap hitam disertai lava yg akan menghancurkan semua yang ada di sekitarnya.

Tercatat selama 17 ribu tahun terakhir, gunung ini telah mengalami delapan kali letusan besar yang diikuti dengan aliran piroklastik. Pada tahun 79 masehi menjadi letusan terbesar yang menghancurkan kota Pompeii.

9. Aiguille du Midi

Aiguille du Midi adalah gunung terletak di Perancis dan merupakan salah satu puncak dari Pegunungan Mont Blanc yang selalu diselimuti salju.

Aiguille du Midi memiliki tinggi 3.842 meter dari permukaan laut dan gunung ini menempati urutan ketiga dalam daftar gunung tertinggi di Eropa.

Pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan Aiguille du Midi langsung dari ketinggian tidak harus bersusah payah mendaki dari jalur utama karena untuk mencapai puncak gunung tersebut telah disediakan cable car yang akan membawa pengunjung dari desa Chamonix di bawahnya.

10. Grossglockner

Grossglockner adalah gunung tertinggi di Negara Austria, sekaligus merupakan gunung tertinggi ke-enam di Benua Eropa dan juga merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Alpen.

Gunung ini memeliki ketinggian mencapai 3,798 meter di bawah permukaan laut. Medan lerengnya yang terjal dan menantang menjadi favorit bagi banyak orang untuk melakukan pendakian maupun hiking.

Lokasi dari Gunung Grossglockner ada di wilayah Carinthia dan Tyrol Bagian Timur. Area gunung ini merupakan titik utama dari area Taman Nasional High Tauren.

Kecuali daftar yang disebutkan diatas, masih banyak lagi gunung tinggi di Benua Eropa, dari bagian utara sampai timur dan mungkin jumlahnya lebih dari 169. Jadi apakah kamu siap untuk bertualang?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!