Travel  

10 Daftar Biaya Hidup di Negara Thailand Untuk Liburan Seminggu, Apakah Mahal?

10 Daftar Biaya Hidup di Negara Thailand Untuk Liburan Seminggu, Apakah Mahal?

tribunwarta.com – Thailand adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang sering menjadi tujuan wisata favorit orang Indonesia, terutama bagi mahasiswa atau pekerja yang ingin liburan dengan budget minim selama seminggu. Bangkok dan Phuket adalah kota yang paling banyak dikunjungi.

Letaknya yang tidak terlalu jauh dari Indonesia membuat kebanyakan wisatawan nusantara tidak sulit untuk beradaptasi di Thailand karena negaranya masih memiliki kemiripan. Hal ini juga membuat harga tiket pesawat ke Negeri Gajah Putih tidak terlalu mahal dari Indonesia.

Selain itu, Thailand juga memiliki berbagai tempat wisata yang beragam dan tidak kalah bagusnya dengan negara lain. Ada banyak obyek wisata alam, sejarah, religi, hingga buatan yang bisa dikunjungi di berbagai kota.

Banyak juga yang bilang kalo biaya hidup di Thailand itu murah. Nah, sebenarnya berapa sih biaya yang dihabiskan buat liburan satu minggu di Thailand 2022? Apakah cocok untuk mahasiswa yang masih kuliah? Yuk, kita lihat dulu rinciannya!

1. Tiket Pesawat

Satu hal yang harus kalian beli untuk bisa sampai ke Thailand adalah tiket pesawat. Sebab, pesawat adalah moda transportasi tercepat untuk bisa tiba di Thailand dari Indonesia.

Harga tiket pesawat pulang pergi untuk setiap maskapai penerbangan akan berbeda-beda. Selain jenis maskapai, waktu kunjungan dan kota tujuan juga memengaruhi harga tiket pesawat.

Maskapai low cost carrier akan menawarkan harga tiket yang lebih murah daripada full service. Selain itu, jika kalian pergi saat high season tentu harga tiket akan lebih mahal daripada saat low season.

Untuk maskapai low cost carrier, rata-rata harga tiket paling mahal hanya Rp. 2.000.000 pulang pergi. Sementara itu, maskapai full service mencapai Rp. 8.000.000 untuk pulang pergi.

Ingin naik full service airlines dengan harga yang murah? Kalian harus pintar-pintar mencari tau kapan saja mereka mengadakan pameran untuk menjual tiket murah. Nah, di sini kalian biasanya bisa dapat tiket yang murah untuk full service airlines.

2. Akomodasi

Selain tiket pesawat, tentunya kalian juga harus memesan akomodasi untuk tempat tinggal selama di Thailand. Harga akomodasi juga tentunya akan bervariasi, tergantung dari beberapa faktor seperti jenis akomodasi, lokasinya, fasilitas, dan lain-lain.

Harga hotel bintang lima dengan fasilitas yang beragam tentunya akan lebih mahal daripada harga budget hotel atau hostel. Penginapan di pusat kota juga bisa lebih mahal daripada yang terletak di pinggiran kota.

Buat kalian yang ingin menginap di pusat kota dengan budget terbatas, jangan khawatir ya. Di pusat Kota Bangkok masih banyak lho budget hotel dengan tarif 170 Baht per malamnya. Jika dirupiahkan, ini hanya sekitar Rp. 80.000 saja lho!

Lalu, jika kita total untuk lima hari menginap di budget hotel, kalian hanya perlu membayar Rp. 400.000 untuk satu kamar. Nah, murah kan?

3. Transportasi

Di Thailand banyak sekali moda transportasi yang bisa kalian manfaatkan untuk menunjang mobilitas sebagai seorang turis. Beberapa di antaranya yaitu MRT, Skytrain, bus, taksi online, dan tuktuk.

Tarif yang diberlakukan untuk setiap moda transportasi tentunya akan berbeda, tergantung dari jarak yang ditempuh. Namun, buat kalian yang ingin pergi selama lima hari, sebaiknya siapkan uang sebesar 200 – 250 Baht atau sekitar Rp. 100 – 120 ribu.

4. Konsumsi

Pengeluaran selanjutnya yang harus dibayar ketika pergi ke Thailand adalah untuk konsumsi. Nah, untuk hal yang satu ini, kalian tidak perlu khawatir karena sangat mudah untuk menemukan makanan murah di Thailand.

Tentunya, untuk menemukan makanan murah, kalian disarankan untuk tidak pergi ke restoran. Namun, carilah pedagang kaki lima alias street food. Banyak dan cukup mudah ditemukan di kota besar lho.

Harga makanan di Thailand berkisar antara 30 hingga 50 Baht per porsi yang mencakup nasi, sayur, dan lauk. Jika dirupiahkan, ini sekitar Rp. 15.000 hingga 25.000. Jika kalian makan tiga kali sehari, maka per hari akan menghabiskan Rp. 50.000 untuk makanan.

Jika dibandingkan Thailand vs Indonesia, kurang lebih sama yah jumlah pengeluaran untuk makanan?

5. SIM Card

Agar tetap bisa terhubung dengan keluarga dan teman-teman di tanah air, kalian disarankan membeli SIM Card untuk menghidupkan jaringan ponsel. Biasanya, dengan menggunakan sim card ini kalian sudah bisa internetan, telepon, dan SMS.

Harga untuk setiap provider pun berbeda-beda, tergantung dari jenis paket yang diambil. Dua provider terkenal di Thailand adalah AIS dan DTAC yang bisa kalian beli kartunya di counter bandara.

Harga untuk sim card AIS mulai dari 300 Baht atau Rp. 150.000 untuk delapan hari, dan untuk DTAC harganya mulai dari 170 Baht atau Rp. 80.000 untuk lima hari.

6. Tempat Wisata

Ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi di Thailand. Selain terkenal dengan julukan Negeri Gajah Putih, Thailand juga terkenal memiliki banyak sekali kuil. Hal ini disebabkan karena mayoritas masyarakat Thailand beragama Buddha.

Beberapa kuil bahkan telah dijadikan sebagai salah satu tempat wisata terkenal, seperti Wat Arun, Wat Pho, dan lain-lain. Harga tiket masuk ke kuil-kuil ini rata-rata hanya 100 Baht atau setara dengan Rp. 50.000.

Selain mengunjungi kuil, kalian juga harus mencoba sensasi dinner cruise di Sungai Chao Phraya, Bangkok. Harga untuk dinner cruise adalah Rp. 400.000 hingga 600.000 per orang.

Di Thailand, kalian juga bisa menonton berbagai macam pertunjukan dengan harga tiket yang berbeda-beda. Tempat wisata buatan seperti Madame Tussauds, Safari World, Marine Life, Ripley’s Believe it or not juga bisa kalian kunjungi!

7. Oleh-Oleh

Berwisata ke Thailand kurang lengkap nih rasanya jika tidak membeli oleh-oleh buat keluarga dan teman-teman di tanah air. Ada banyak pilihan buah tangan dari Thailand yang bisa dibawa pulang seperti kerajinan tangan, kosmetik, pakaian, dan lain-lain.

Beberapa tempat yang paling terkenal buat membeli oleh-oleh antara lain Chatuchak Weekend Market, MBK Centre, Central World Bangkok, Asiatique Riverfront, dan lain-lain.

Pengeluaran setiap orang dalam membeli oleh-oleh juga berbeda lho, tergantung di mana kalian beli dan berapa banyak. Jika kalian beli di mall pasti harganya lebih mahal daripada di pasar tradisional. Nah, tapi ini tidak wajib dibeli lho ya!

8. Asuransi Perjalanan

Sebagai salah satu bentuk usaha antisipasi, ada baiknya kalian membeli asuransi perjalanan. Hal ini sangat berguna apabila nanti di perjalanan ada kejadian tidak terduga yang mengharuskan kalian keluar biaya seperti misalnya sakit, kehilangan, delay, dll.

Premi yang harus kalian bayarkan pasti berbeda-beda, tergantung setiap perusahaan asuransi, negara tujuan, dan juga tanggungannya. Semakin besar tanggungannya, maka akan semakin besar nominal preminya. Semakin jauh negara tujuannya, semakin mahal.

Untuk dari Indonesia ke Thailand, rata-rata premi asuransi adalah dari Rp. 60.000 hingga 125.000 per orang.

9. Biaya Tak Terduga

Selain asuransi, ada baiknya kalian menyiapkan biaya yang akan digunakan apabila ada kejadian yg tidak terduga di sana. Tidak ada jumlah yang pasti untuk biaya ini, karena tergantung lama perjalanan dan pilihan masing-masing orang.

10. Total dan Kesimpulan

Jadi, buat menunjang kehidupan di Thailand sebagai turis dalam waktu lima hari, kalian akan memerlukan biaya minimal Rp. 3.000.000 hingga 4.000.000 per orang.

Murah atau mahalnya tergantung dari setiap orang, namun jika kalian ingin berlibur, cobalah buat menyisihkan uang jajan kalian setiap bulan. Nominal sebulannya tergantung dari masing-masing orang ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!