News  

YIIM latih kewirausahaan libatkan masyarakat prasejahtera dan rentan

YIIM latih kewirausahaan libatkan masyarakat prasejahtera dan rentan

sudah memiliki 2.616 alumni binaan

Jakarta (ANTARA) – Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan melibatkan masyarakat prasejahtera dan kelompok rentan.

“Program unggulan kami, yang saat ini sering kami jadikan highlight adalah pemberdayaan masyarakat,” kata Ketua Pengurus YIIM Chrisbiantoro saat memaparkan kinerja YIIM, Selasa.

Chris menjelaskan pemberdayaan masyarakat yang dimaksud adalah mengadakan pelatihan penyaji kopi profesional (barista), pembuatan makanan beku, tukang cukur, memasak, cuci servis AC, sablon, tata rias dan pertanian kota, serta yang baru diadakan adalah pencucian (steam) motor.

Selain itu yayasan juga memberikan pelatihan manajemen wirausaha seperti bagaimana berpikir dan berperilaku wirausaha, melakukan inovasi usaha, memahami digital marketing, manajemen keuangan, serta membantu mendapatkan legalitas bagi UMKM tersebut.

Hingga saat ini YIIM sudah memiliki 2.616 alumni binaan sejak dimulainya pemberdayaan masyarakat pada 2018 yang tersebar di seluruh Jakarta dan kota lainnya di Indonesia,

Sebagian dari mereka telah memiliki usaha sendiri atau berwirausaha, sebagian lainnya bekerja dengan menggunakan keterampilan yang telah diajarkan.

Adapun mereka yang mendapatkan pemberdayaan adalah warga pra sejahtera, masyarakat atau pekerja yang dirumahkan, orang tua tunggal (ibu) yang tidak memiliki pekerjaan.

Lalu ada juga mantan narapidana baik umum ataupun narapidana teroris, korban dan keluarga korban tindak pidana pelanggaran HAM, remaja putus sekolah dan sahabat disabilitas.

Baca juga: Sudin Naker Jakbar gelar pelatihan kewirausahaan dan satpam mulai Juni

Baca juga: Jakarta Pusat gandeng Shopee gelar pelatihan kewirausahaan

Baca juga: Kemenparekraf kembangkan kewirausahaan dunia kreatif DKI Jakarta

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *