News  

Sudin SDA Jakarta Timur bangun saringan sampah antisipasi banjir

Sudin SDA Jakarta Timur bangun saringan sampah antisipasi banjir

sudah dikerjakan sejak 19 Juli 2022 dan targetnya pada akhir November tuntas

Jakarta (ANTARA) – Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur membangun sebanyak dua unit rotary screen atau jaring putar untuk menyaring sampah penyebab banjir yang terbawa aliran sungai dari arah Kota Depok, Jawa Barat setiap kali turun hujan.

Kasudin SDA Jakarta Timur Wawan Kurniawan mengatakan jaring sampah itu dibangun di pintu air Cawang Wika dan pintu air Kramat Jati di Jalan Dato Tonggara.

“Pembuatan saringan sampah ini sudah dikerjakan sejak 19 Juli 2022 dan targetnya pada akhir November tuntas,” kata Wawan Kurniawan di Jakarta, Selasa.

Wawan menambahkan pembangunan jaring sampah di saluran Phb Cawang Wika itu untuk menjaring sampah agar tidak masuk ke kali Cipinang.

Demikian halnya juga yang di pintu air Dato Tonggara Kramat Jati, untuk membersihkan sampah yang terbawa arus di Kali Cipinang.

Saat ini progres pengerjaan jaring sampah itu sudah rampung 50 persen dan sedang dilakukan pembuatan dudukan jaring sampah.

Dia mengatakan nilai kontrak pembangunan dua alat penyaring sampah tersebut mencapai Rp9,9 miliar dari APBD 2022.

Kepala Seksi Pengelolaan Sarana Sudin SDA Jakarta Timur, Ikhwan Maulani menambahkan sistem kerja jaring sampah itu menyaring semua sampah yang mengalir di kali  menggunakan mesin.

Kemudian diangkat ke atas permukaan air melalui konveyor untuk dibawa menuju bak sampah yang disiapkan di pinggir kali. Sehingga sistem kerjanya seperti kincir air.

“Kalau rotary screen-nya masih dalam proses perakitan di workshop. Sedangkan di lokasi pemasangan rotary screen saat ini masih dalam proses struktur sipil. Yakni pembuatan dudukan rotary,” tutur Ikhwan.

Baca juga: DKI tambah satu lagi fasilitas penyaringan sampah pada 2023

Baca juga: Dinas LH DKI kerahkan 5.000 PJLP untuk saring sampah

Baca juga: DKI tuntaskan saringan sampah Kali Ciliwung Segmen TB Simatupang

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *