News  

Kwarnas tutup Peran Saka Nasional di Babel

Kwarnas tutup Peran Saka Nasional di Babel

Bangka (ANTARA) – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka secara resmi menutup kegiatan Perkemahan Antar Satuan Karya Tingkat Nasional (Peran Saka Nasional) 2022 di Bumi Perkemahan Depati Amir Desa Balun Ijuk, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (8/10) malam.

“Saya bersyukur dan gembira, karena Peran Saka Nasional selama sepekan berjalan dengan lancar dan baik,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kwarnas Mayjen TNI (Purn) Dr Bachtiar di Bumi Perkemahan Depati Amir Desa Balun Ijuk, Sabtu malam.

Ia mengatakan kegiatan Peran Saka Nasional Gerakan Pramuka Tahun 2022 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dimulai pada 2 hingga 9 Oktober 2022, sebagai wadah pembinaan bagi Pramuka penegak dan penengah untuk berlatih menyalurkan minat serta bakat, pengalaman dari berbagai ilmu pengetahuan, teknologi dalam gerakan Pramuka.

Baca juga: Ketua Kwarnas Pramuka harapkan peserta Jambore jadi pemimpin bangsa

“Suka duka telah dilewati, berbagai pengalaman diharapkan dapat menambah wawasan bagi adik-adik semua, bukan cuma satuan karya yang ada, tetapi juga menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika” ujarnya.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung Melati Erzaldi menyampaikan rasa bahagianya yang luar biasa.

“Alhamdulillah, hari ini Peran Saka Nasional resmi ditutup dengan rasa bahagia. Kalau ditanya, saya adalah orang yang paling bahagia dengan ditutupnya acara ini, kalau kemarin pas pembukaan saya sampaikan saya adalah yang paling deg-degan,” katanya.

Ia menitipkan salam hormat kepada seluruh Kwarda yang sudah mengirimkan kontingennya ke Babel, dengan total 31 Kwarda. Mohon maaf lahir dan batin, jika selama pelaksanaan ada kekurangan.

“Saya mohon maaf dan menjadi catatan saya. Semoga apa yang dijalani kemarin menjadi bekal, menjadi pesta para Saka bertemunya para Kwarda, semoga kembali dengan lancar, selamat, dan bahagia,” ujarnya.

Ia berharap seluruh peserta tetap seperti misi awal dan dengan sangat percaya diri Babel menjadi tuan rumah acara Peran Saka Nasional yang penuh kenangan dan tidak bisa dilupakan.

Baca juga: Pakar: Kegiatan pramuka bermanfaat bagi pembentukan karakter

Baca juga: Pemprov Babel dorong Pramuka aktif di dunia digital

“Sehat semuanya, ketemu lagi nanti di kegiatan Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Tingkat Nasional (Pertikaranas) IV tahun 2022 di Palembang,” katanya.

Dalam kegiatan penutupan Peran Saka Nasional 2022 ini juga dilakukan penyerahan penghargaan dan cinderamata dari Kwarnas kepada Satuan Karya Pramuka Daerah dan Nasional, kepada lembaga/instansi yang menjadi mitra kegiatan Peran Saka, dan kepada Kwartir Daerah Kepulauan Bangka Belitung sebagai tuan rumah.

Kwarda Babel dalam kesempatan itu juga memberikan penghargaan dan cinderamata kepada seluruh Kwartir Daerah yang ikut berpartisipasi dan dari beberapa Kwarda lain kepada Kwarnas.

Hadir dalam Penutupan Peran Saka Nasional 2022 Bangka Belitung, Waka Kwarnas Komisi Orgakum, Sigit Muryono, Sekretaris Komisi Saka Sako dan Gugus Darma, Syukro Muhab, PINSAKA tingkat Nasional, Andalan Nasional, serta para Andalan Perwakilan Daerah se-Indonesia, Instruktur Pamongsaka dan Pembina Pramuka, DKN, DKD dan DKC serta panitia, baik tingkat Nasional dan daerah, serta seluruh Sangga Kerja Peran Saka Nasional.

Pewarta: Aprionis
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *