News  

Awas Gigit Jari! Bukan AHY, Pendukung Ternyata Ingin Anies Baswedan Gandeng Khofifah di Pemilu 2024

Awas Gigit Jari! Bukan AHY, Pendukung Ternyata Ingin Anies Baswedan Gandeng Khofifah di Pemilu 2024

Suara.com – Lembaga survei sudah mulai memetakan elektabilitas nama-nama yang berpotensi menjadi calon presiden di Pemilu 2024. Salah satu yang banyak diunggulkan adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang sudah mulai dipasang-pasangkan juga dengan beberapa sosok sebagai calon wakil presidennya.

Nama yang paling banyak disebut adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengingat Partai Demokrat disebut sedang mempersiapkan poros koalisi dengan PKS dan Partai NasDem.

Namun tampaknya asa AHY untuk maju sebagai bakal calon RI 2 bisa terhalang. Pasalnya pendukung Anies ternyata lebih menginginkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagai cawapres.

Hal ini seperti yang diungkap M Taufik di podcast Refly Harun. Dilihat Suara.com pada Rabu (28/9/2022), Taufik mengaku pernah berdialog dan mengungkap keinginannya agar Anies “meminang” Khofifah.

Baca Juga:
Jelang Lengser, Elektabilitas Anies Anjlok Dinilai Tak Lakukan Perubahan yang Lebih Penting

“Dari hati yang terdalam, Anda ingin Anies berpasangan dengan siapa?” tanya Refly.

“Kalau saya mendiskusikan dengan Anies dan saya sampaikan, ‘Mas, kita mesti dapat Khofifah’,” ujar Taufik yang kemudian mengungkap beberapa pertimbangannya supaya Anies berpasangan dengan mantan Menteri Sosial tersebut.

“Pertimbangannya apa? Yang pertama soal gender juga,” tutur Taufik. “Yang kedua, (basisnya di) Jawa Timur.”

Lalu pertimbangan lainnya termasuk soal Khofifah yang merupakan tokoh muslimah NU. “Ini saya kira, kalau kita bisa dapat, agak ringan untuk memenangkan pertandingan ini, kalau ini pertandingan,” imbuhnya.

Meski begitu, sampai saat ini belum ada kepastian mengenai siapa sosok yang diproyeksikan digandeng Anies di Pemilu 2024. Hanya saja Partai NasDem, Demokrat, dan PKS disebut siap mendeklarasikan dukungan mereka untuk Anies dalam beberapa pekan ke depan.

Baca Juga:
Jakarta dan Maluku-Malut Bentuk Kelompok Usaha Bank, Anies: Untuk Kesejahteraan Bersama

Belum Resmi Bertanding, Anies Sudah Dilaporkan ke Bawaslu


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *