Terungkap! Separuh Warga Jakarta Tak Punya Rumah Sendiri

Terungkap! Separuh Warga Jakarta Tak Punya Rumah Sendiri

tribunwarta.comJakarta, CNBC IndonesiaSinyal kenaikan harga rumah dan bunga KPR di akhir 2022 yang berlanjut 2023 semakin kuat. Bahkan petinggi perbankan sudah mewanti-wanti soal potensi kenaikan suku bunga KPR tahun ini.

Kondisi itu bakal berdampak pada kenaikan harga rumah. Dengan demikian, generasi Z yang banyak membutuhkan hunian bakal berpotensi semakin kesulitan untuk bisa membeli rumah.

Keinginan banyak dari generasi milenial untuk memiliki rumah di tengah kota kian hari makin sulit terwujud. Harga hunian yang terus melonjak tinggi menjadi penyebab. Mereka dinilai enggan untuk berpindah lokasi ke kawasan ‘pinggiran’ kota.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) dalam laporan statistik kesejahteraan rakyat, nyatanya hanya ada separuh penduduk Jakarta yang memiliki rumah sendiri.

Menurut definisi BPS, ‘rumah milik sendiri’ adalah bangunan tempat tinggal yang dimiliki kepala keluarga atau salah satu anggota rumah tangga. Bangunan tempat tinggal yang dibeli secara angsuran melalui kredit bank juga dianggap sebagai rumah milik sendiri.

Dalam catatanya, hanya ada 50,67% rumah tangga di Provinsi DKI Jakarta yang tinggal di rumah milik sendiri.

Kemudian tercatat sebesar 30,94% tinggal di rumah kontrakan atau sewa, dan16,93% tinggal di ‘rumah bebas sewa’, yakni bangunan tempat tinggal yang bisa dihuni tanpa membayar karena diperoleh dari orang tua, keluarga, atau pihak lain.

Ada juga 1,47% yang tinggal di rumah dinas dari instansi tempat bekerja, atau rumah kategori lain seperti tempat tinggal bersama dan sebagainya.

BPS juga mencatat, rumah tangga di Jakarta yang tinggal di rumah milik sendiri proporsinya paling rendah secara nasional.

Jika kondisi demikian, maka solusi paling realistis adalah mencari rumah di pinggiran ibukota. Harga yang cenderung masih terjangkau bisa menjadi alasan. Jika alasannya sulit mobilisasi, maka itu akan diselesaikan dengan sistem transportasi yang baik dari hari ke hari.

TIM RISET CNBC INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!